Pihak Ditjen Pajak Telah Menyelesaikan Perhitungan Potensi Pajak E-Commerce

Pihak Ditjen Pajak Telah Menyelesaikan Perhitungan Potensi Pajak E-Commerce

Yon Arsal, Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan perhitungan akan potensi pajak e-commerce. Namun demikian, dia mengatakan enggan untuk membeberkan perhitungan ini sebelum melaporkan ke pihak Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sedangkan, Ditjen Pajak sendiri bersama dengan pihak Kementerian Keuangan telah sepakat untuk menyelesaikan skema pajak e-commerce hingga akhir September 2017 ini.

“Ya, memang sudah ada (hitungan), tapi belum bisa saya laporkan, tapi sudah sebagian. Tahun ini sudah kami proses. Sudah sebagian tapi ini kan berkembang, database e-commerce juga berkembang terus. Jadi, kita sekarang kembangkan database-nya, baik untuk pemain dalam negeri ataupun yang OTT,” ungkap Yon di Gedung DPR, Jakarta.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa secara asal mengenakan pajak e-commerce ini, walaupun memang ada keuntungan dari segi transaksi. Harus ada pertimbangan dari segi lainnya agar tidak terkesan asal mengenakan pajak.

“Kan harus dipilah dulu, ini subjek pajak bukan, penghasilannya di atas PTKP atau tidak. Kalau tidak di atas PTKP, ya tidak apa. Jadi, kami saat ini lihat potensinya sudah ada,” tegasnya.

Pada kesempatan yang berbeda sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, mengatakan bahwa pihaknya telah sepakat dengan Ditjen Pajak untuk merampungkan penyelesaisn skema pajak transaksi online ini hingga akhir Spetember 2017.

“Oke, sepakat kalau memang bisa diselesaikan sampai akhir September ini. Kita coba secepatnya, karena untuk supaya bisa level of playing field itu penting,” ungkapnya.

 

[Source]

Komentar