Bosan Hidup Susah? Berikut 4 Jenis Profesi yang Paling Dibutuhkan Tahun 2020

Bosan Hidup Susah? Berikut 4 Jenis Profesi yang Paling Dibutuhkan Tahun 2020

Banyak faktor yang mempengaruhi tuntutan pekerjaan dari tahun ke tahun. Salah satu faktor terbesarnya adalah teknologi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika belakangan ini banyak dicari tenaga yang ahli di bidang teknologi informasi (TI). Tentu saja selain itu, pekerjaan yang berkaitan dengan marketing atau hubungan masyarakat.

Simak beberapa pekerjaan dengan permintaan tertinggi di sepanjang tahun 2020. Bagi Anda yang memiliki kemampuan pada bidang-bidang berikut ini, namun bekerja di bidang lain, maka informasi ini bisa jadi motivasi untuk mengenjar karir impian.

Interpreter

Bukan rahasia lagi kalau makin banyak investor asing yang akan masuk ke Indonesia. Kemudian, banyak perusahaan lokal yang juga ingin memperkenalkan produknya ke luar negeri. Selain itu, perkembangan dunia pariwisata, olehraga, dan hiburan juga menuntut adanya tenaga penghubung antara orang asing dan orang Indonesia.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari bahasa asing, sebaiknya mulai mencari tempat kursus yang juga memberikan sertifikasi. Dengan adanya sertifikasi ini, Anda bisa mulai mencari penghasilan sebagai interpreter.

Jika Anda seorang penerjemah tulisan, maka persiapkan diri untuk mengikuti tes. Sehingga Anda bisa mendapat gelar penerjemah tersumpah. Dokumen-dokumen resmi hanya boleh diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Bahkan dalam pengurusan visa kerja, Anda membutuhkan penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan ijazah atau dokumen lainnya sebelum diserahkan ke pihak kedutaan.

Menariknya, pekerjaan sebagai interpreter atau penerjemah ini bisa Anda menjadi dilakukan paruh waktu atau penuh waktu. Anda bahkan bisa membangun usaha sendiri yang menyediakan jasa penerjemahan.

TI

Seiring berkembangnya teknologi, tenaga di bidang teknologi informasi akan selalu dibutuhkan. Ada pun jenis-jenis pekerjaan TI yang selalu menjadi incaran berbagai perusahaan, apapun bidang usahanya, di antaranya adalah web developer, sistem analis, sistem manajer, dan IT support.

Tentu saja pengembangan dari bidang ini rasanya tidak berhenti. Menariknya, Anda bahkan tidak butuh ijazah universitas untuk memulai karir di bidang TI.

Cukup lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sertifikat kursus TI dari tempat yang terpercaya. Namun, jika Anda menginginkan jenjang karir yang tinggi dalam waktu lebih cepat, maka ijazah dari perguruan tinggi memang membantu.

Berbeda dengan posisi pekerjaan lain, Anda akan diminta mengerjakan tes saat melamar kerja sebagai tenaga TI di sebuah perusahaan. Sedangkan, ketika Anda menawarkan jasa pada sebuah proyek, calon klien akan melihat portofolio Anda.

Sebagaimana interpreter dan penerjemah, Anda bisa menjadikan bidang ini sebagai pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan.

Perlu diingat juga, bahwa menjadi tenaga TI akan menuntut Anda untuk terus belajar. Hal ini mengingat perkembangan teknologi, mau tidak mau, pasti akan mempengaruhi bidang ini secara langsung.

Social Media Strategist

Tidak hanya televisi dan radio, platform media sosial juga merupakan sarana pemasaran yang tidak bisa diremehkan. Bahkan, perusahaan rintisan (startup) menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produknya sebelum menggunakan radio atau televisi.

Media sosial merupakan solusi yang murah namun tetap efektif karena tetap mampu menjangkau masyarakat luas. Apalagi jika konten disajikan dengan lucu dan menarik.

Oleh karenanya social media strategist menjadi salah satu profesi yang paling dicari selama 2020. Perusahaan, bahkan pusat layanan publik, membutuhkan media sosial untuk menyampaikan pesannya. Baik itu untuk tujuan profit, maupun pemberitahuan dan layanan masyarakat.

Jadi Anda yang suka menggunakan media sosial, cobalah untuk juga mempelajari segi marketingnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari hobi ini.

Ada banyak seminar, pelatihan, bahkan referensi online yang tersedia untuk membantu Anda melakukan marketing di media sosial. Anda juga tidak membutuhkan sertifikat atau ijazah tersendiri untuk menjadi social media strategist. Jika Anda memiliki pengalaman dan kemampuan copywriting yang bagus, Anda bisa langsung mengejar karir di bidang ini.

Marketing

Posisi pekerjaan yang paling dicari berikutnya adalah marketing. Para pelaku marketing tidak hanya mengurusi media sosial, melainkan juga brand (merek), juga berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk memperkenalkan produk dan perusahaan.

Perlu diingat bahwa, sebuah perusahaan tidak akan berkembang tanpa strategi marketing yang baik. Oleh karenanya, posisi ini akan selalu dibutuhkan.

Seringkali, bagi perusahaan yang tidak memiliki bagian khusus untuk Corporate Social Responsibility (CSR), orang-orang di bagian marketing yang akan menangani acara seperti ini. Mereka juga yang menghubungkan perusahaan dengan media, atau mengadakan acara-acara untuk mempromosikan perusahaan.

Bagian marketing juga bertanggungjawab memastikan semua komponen, penulis, desainer, dan bagian TI bisa mendukung misi perusahaan.

Jika Anda tertarik dengan dunia marketing, maka mulailah dengan menjadi staf marketing untuk mempelajari seluk beluk pekerjaannya. Menjadi seorang pelaku marketing artinya Anda tidak pernah berhenti belajar dan berkembang.

Catatan khusus

Dengan berkembangnya teknologi, seseorang bisa melakukan beberapa fungsi sekaligus karena dibantu oleh sistem. Jadi, untuk mendapatkan karir yang baik, pastikan Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu.

Hal ini karena fungsi yang tidak membutuhkan kemampuan khusus seperti fungsi admin, sudah bisa dikerjakan secara langsung oleh bagian keuangan dan personalia. Oleh karena itu, mulailah berfikir bidang apa yang ingin Anda tekuni, lalu mulai dijalankan sebagai karir.

Walaupun 4 pekerjaan di atas kami masukkan dalam jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan tahun 2020, bukan berarti kemampuan lainnya tidak dibutuhkan. Jenis-jenis pekerjaan yang dapat dinilai lewat portofolio, bukan sekedar ijazah, memiliki daya saing lebih tinggi di tahun 2020.

Simak juga tips praktis mengenai pengembangan karir di tahun 2020, sehingga Anda bisa keluar dari situasi “begini-begini saja”.

Komentar