Bank Dunia Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Capai 3,1% Tahun Ini

Bank Dunia Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Capai 3,1% Tahun Ini

Pihak Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2018 akan mencapai 3,1%. Hal ini seiring dengan tumbuhnya keyakinan terhadap pemulihan ekonomi global. Proyeksi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan proyeksi pada awal Juni tahun lalu.

“Tahun 2018 menjadi tahun pertama sejak krisis keuangan, dimana ekonomi global akan beroperasi atau mendekati kapasitas penuh,” sebagaimana tertulis dalam Prospek Ekonomi Global, yang dikutip oleh Antara.

Investasi pada sektor swasta diperkirakan menjadi salah satu faktor yang menopang pertumbuhan ekonomi global.

Untuk perekonomian Amerika Serikat (AS) pertumbuhan tahun ini diperkirakan 2,5%. Sementara itu untuk negara-negara emerging market dan berkembang, pertumbuhan pada tahun 2018 diperkirakan mencapai 4,5%.

Sedangkan untuk China, pertumbuhan ekonomi diperkirakan pada angka 6,4% pada tahun ini. Meskipun demikian, proyeksi pertumbuhan ekonomi di China masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan proyeksi awal.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonominya, China terus melakukan langkah-langkah untuk menghilangkan kelebihan kapasitas industri dan mengendalikan risiko yang ada dalam sistem keuangannya.

Ancaman perlambatan ekonomi sampai tahun 2020

Walaupun Bank Dunia sendiri merasa optimis di tahun ini, namun risiko adanya perlambatan dalam pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan akan kembali terjadi pada 2019 dan 2020. Dikutip dari laporan Prospek Ekonomi Global, pertumbuhan ekonomi dunia akan kembali melambat menjadi 3% pada tahun 2019 dan 2,9% di tahun 2020.

Pertumbuhan ekonomi AS sendiri diperkirakan akan merosot hingga 2,1% di tahun depan dan 2020. Hal ini dikarenakan ekonomi AS dinilai sudah mendekati kapasitas penuh dan normalisasi kebijakan moneter kemungkinan meningkat.

Kondisi yang sama juga akan melanda China. Hanya saja, perlambatan ekonomi di China terjadi mulai tahun ini dana akan terus menurun pada tahun 2019 mendatang.

“Pemulihan berbasis luas dalam pertumbuhan ekonomi global sangat menggembirakan. Tapi, ini bukan saatnya untuk berpuas diri. Ini adalah kesempatan besar untuk investasi dalam sumber daya manusia,” imbuh Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim.

 

[Source]

Komentar