Tidak Ada Kenaikan Listrik Tarif Hingga Tahun 2019 Nanti

Tidak Ada Kenaikan Listrik Tarif Hingga Tahun 2019 Nanti

Pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pastikan tarif listrik tidak mengalami kenaikan hingga tahun 2019. Langkah ini merupakan upaya agar tarif listrik tetap terjangkau bagi masyarakat.

Tidak ada kenaikan tarif listrik juga bertujuan untuk mencegah inflasi. Sebagaimana telah diketahui bahwa selama ini naiknya biaya listrik juga menjadi pemicu inflasi selain faktor bahan makanan dan bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan,  kebijakan merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo agar harga listrik tetap stabil.

“Presiden minggu lalu bilang agar pemerintah harus menjaga tarif listrik, jangan sampai naik hingga akhir 2019,” kata Jonan di Jakarta.

Dia pun menjelaskan bahwa keputusan untuk menaikkan tarif listrik sebelumnya diambil dengan tetap mempertimbangkan daya beli masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, tidak adanya kenaikan tarif listrik ini juga membebani perusahaan listrik milik pemerintah ini. Hal ini dikarenakan harga batu bara di pasar duni yang tinggi. Sedangkan PLN saat ini masih banyak menggunakan batu bara untuk pengoperasian listrik tenaga uap (PLTU).

“Kenaikan harga batubara pasti menyebabkan kenaikan harga pokok penyediaan listrik. Dampaknya PLN terjepit, karena tidak punya kewenangan menetapkan tarif listrik,” kata pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmi Radhi.

Oleh karena itu, Fahmi menilai batu bara dengan penentuan batas atas dan batas bawah untuk pasar dalam negeri haruslah dilakukan secara berkeadilan. Dengan adanya upaya ini, PLN diharapkan tidak makin terjepit karena tarif listrik yang tidak dinaikan.

 

[Source]

Komentar