Pro Dan Kontra Mengambil Kredit Motor Bekas

Pro dan kontra kredit motor bekasHampir mayoritas keluarga di Indonesia memiliki minimal satu motor di rumahnya. Tak jarang juga ada yang memiliki lebih dari satu motor. Larisnya penjualan motor disebabkan oleh kebutuhan akan sebuah kendaraan yang ringkas dan cepat dalam menerobos kemacetan, terutama di kota-kota besar. Bagi orang-orang atau pekerja kantoran yang tak ingin membuang waktunya berlama-lama di mobil atau kendaraan umum, motor adalah pilihan transportasi yang tepat. Apalagi saat ini cukup mudah bagi seseorang untuk memiliki motor, misalnya melalui fasilitas kredit motor baru, membeli motor bekas, atau yang termudah adalah kredit motor bekas.

Hal yang disebutkan terakhir itu, yakni kredit motor bekas, merupakan salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Selain harga motor yang lebih murah, cara membayarnya pun dengan cara dicicil. Banyak dealer resmi maupun lembaga pembiayaan yang saat ini juga menawarkan kredit motor bekas. Meskipun kondisi motor tidak lagi 100% sempurna, tapi jika Anda mempunyai pengetahuan seputar motor, Anda bisa mendapatkan motor idaman dalam kondisi bagus. Dalam membeli motor bekas, pasti ada untung dan ruginya juga. Berikut adalah keuntungan dan kerugian dalam kredit motor bekas.

Keuntungan Kredit Motor Bekas

• Harga motor yang lebih murah dibandingkan harga motor baru.
• Motor langsung didapat, tidak perlu indent inden dulu.
• Cicilan yang harus Anda bayarkan lebih ringan dibandingkan dengan kredit sepeda motor baru.
• Anda bisa mendapatkan sepeda motor dengan kualitas yang lebih baik dengan harga miring, syaratnya Anda harus teliti dalam memilih.
• Biaya administrasi lebih ringan dibandingkan dengan kredit sepeda motor baru.
• Pajak lebih ringan.

Kerugian Kredit Motor Bekas

Selain mempunyai keuntungan, pembelian sepeda motor bekas secara kredit juga memiliki beberapa kerugian, yaitu:
• Fasilitas kredit menyebabkan harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembayaran secara tunai
• Kualitas mesin kurang terjamin karena sepeda motor tersebut adalah bekas pakai dari pemilik sebelumnya
• Perusahaan finance biasanya tidak menyediakan garansi untuk sepeda motor bekas
• Repot harus melakukan balik nama surat-surat kendaraan bermotor, seperti BPKB dan STNK.
Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan ketika membeli sepeda motor bekas secara kredit. Berikut ada beberapa tips dalam kredit sepeda motor untuk mengatasi berbagai macam kerugian yang akan terjadi nantinya.

Tips Kredit Motor Bekas

1. Anda harus melakukan survei harga dan kualitas sepeda motor yang diinginkan.
2. Jika Anda tidak paham dengan mesin, ajak orang yang mempunyai pengetahuan tentang mesin sehingga tidak ada kesalahan dalam memilih sepeda motor bekas.
3. Pilih lembaga finance yang kredibilitasnya baik.
4. Baca, teliti, dan pahami akad kredit yang akan ditandatangani. Pastikan akad kredit tersebut tidak merugikan Anda sebagai konsumen.
5. Pastikan juga surat-surat sepeda motor masih lengkap dan semua proses yang berkaitan dengan alih kepemilikan motor diselesaikan oleh lembaga finance.
6. Bertanyalah pada orang lain yang lebih berpengalaman.

Sebelum Anda mengambil kredit motor, ketahui dulu peraturan berikut ini

Komentar