5 Profesi Dengan Kenaikan Gaji Yang Signifikan

Gaji merupakan hak setiap karyawan yang harus diterima setiap bulannya. Tiap profesi memiliki gaji yang berbeda-beda, begitu pula persentase kenaikan gaji tiap tahunnya. Berdasarkan peraturan pemerintah, tiap tahun perusahaan harus memberikan kenaikan gaji antara 5% hingga 10%. Namun, ada juga profesi dengan kenaikan gaji yang signifikan per tahunnya melebihi standar tersebut.

Berdasarkan riset yang kami lakukan dari berbagai sumber, seperti dari Jobstreet dan Kelly Services, ada beberapa profesi yang memiliki tingkat kenaikan gaji cukup tinggi, dan lima di antaranya adalah yang kami tampilkan di bawah ini. Yang patut diperhatikan, profesi-profesi berikut tidak dilihat dari besarnya gaji bulanan, tapi berdasarkan tingkat kenaikan gaji per tahunnya. Jadi, profesi dengan penghasilan rendah per bulannya juga bisa saja masuk ke dalam daftar berikut ini. Ada juga profesi lain yang mendapatkan gaji tinggi, tapi tidak masuk ke dalam daftar di bawah ini, seperti pengacara atau akuntan. Pengacara maupun akuntan memang mendapatkan gaji cukup besar tiap bulannya, tapi kenaikannya tiap tahun tidak signifikan. Untuk pengacara bahkan tergantung dari banyaknya jumlah klien yang ditangani. Berikut ini adalah lima profesi dengan kenaikan gaji yang signifikan.

Sales

kenaikan gaji salesUntuk pekerjaan posisi sales, biasanya mereka juga mendapatkan insentif di luar gaji bulanan. Untuk fresh graduate hingga pengalaman satu tahun, biasanya mendapat gaji sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Namun, setelah bekerja selama lima hingga tujuh tahun, kenaikan gaji yang didapat mencapai Rp 20 juta hingga Rp 35 juta. Kenaikan gaji tersebut belum termasuk apabila Anda mendapatkan promosi jabatan.

 

Teknisi Perminyakan dan Gas

teknisi minyak dan gasUntuk pekerjaan yang terkait dengan industri perminyakan dan gas memang sudah bukan rahasia umum bahwa mereka dibayar sangat mahal. Untuk lulusan sarjana saja, di Pertamina langsung mendapatkan gaji sekitar Rp 7 juta. Untuk pekerja yang ada di lokasi/site, tentu mendapatkan bayaran yang lebih tinggi. Di sektor perminyakan, teknisi umum dengan pengalaman mencapai lima tahun akan mendapatkan kenaikan gaji antara Rp 30 juta hingga Rp 60 juta.

Analis Keuangan

kenaikan gaji analis keuanganSeorang analis keuangan dengan pengalaman kerja tiga tahun mendapatkan bayaran sekitar Rp 8 juta per bulan. Namun, hanya dalam waktu tambahan dua tahun, penghasilan per bulan analis keuangan meningkat hampir dua kali lipat menjadi sekitar Rp 15 juta per bulan.

Human Resources

Kenaikan gaji HRSebagai orang yang bekerja mengurus personalia suatu perusahaan, human resource development (HRD) memiliki beban tanggung jawab yang sangat besar. Karena itu, sudah sepantasnya seorang HRD mendapatkan bayaran yang besar per bulannya. Untuk fresh graduate, HRD menerima gaji sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Namun, kenaikan yang diterima per tahunnya cukup signifikan, sekitar Rp 9 juta hingga Rp 15 juta per tahunnya.

Pilot

kenaikan gaji pilotPilot merupakan salah satu profesi yang berisiko tinggi, karena itu bayaran yang diterima juga tinggi. Seorang pilot mendapatkan gaji sekitar Rp 45 juta hingga Rp 70 juta per bulan. Selain mendapatkan gaji bulanan yang tinggi, kenaikan gaji pilot juga cukup tinggi. Baru-baru ini Garuda Indonesia menetapkan kenaikan gaji pilot sebesar 35%, atau sekitar Rp 13,4 juta hingga Rp 23 juta. Sementara itu kenaikan gaji co-pilot sebesar 25%, atau sekitar Rp 6,7 juta hingga Rp 11,6 juta.

Terlepas dari lima profesi dengan kenaikan gaji yang signifikan di atas, bukan berarti profesi-profesi lain kurang begitu banyak peminatnya. Selain itu, masih ada juga faktor-faktor lain yang dapat menentukan tingkat kenaikan gaji Anda, antara lain kinerja pekerjaan. Jadi, walaupun Anda berprofesi seperti yang di atas, bukan berarti bisa santai-santai dalam bekerja. Karena itu, Anda tidak wajib untuk mengincar lima profesi dengan kenaikan gaji yang signifikan di atas, yang penting adalah kerja keras dan berintegritas dalam bekerja. Masih banyak profesi-profesi lain dengan tingkat gaji yang tinggi per bulannya. Atau, Anda bisa juga mengincar profesi-profesi yang masih banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia.

Komentar