5 Program Asuransi Kesehatan Yang Menguntungkan Di Indonesia

5 Program Asuransi Kesehatan Yang Menguntungkan Di Indonesia

Kebutuhan akan asuransi atau perlindungan untuk kondisi yang tidak terduga harus ada dalam rencana keuangan Anda. Terutama asuransi kesehatan. Karena dengan adanya perlindungan dari asuransi kesehatan, Anda tidak perlu takut jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan biaya untuk perawatan medis. Banyak orang Indonesia yang sudah sadar dengan hal ini dan mulai berfikir untuk memiliki polis asuransi.

Di Indonesia sendiri penyelenggara layanan asuransi sudah banyak bermunculan. Masing-masing penyelenggara asuransi ini menawarkan keuntungan yang beragam bagi calon nasabahnya. Namun untuk referensi yang terpercaya dana aman, kami mencari beberapa referensi dari blog dan website tentang asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia.

Berikut lima asuransi dengan kelebihan yang berbeda-beda agar Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Klaim biaya perawatan 100% dan renewal guarantee untuk nasabah Pacific Cross

sumber: www.pacificcrossinternational.com

Nama asuransi Pacific Cross memang tidak sefamiliar penyelenggara asuransi lainnya di Indonesia. Hal ini karena awalnya Pacific Cross bermitra dengan asuransi Indrapura. Perusahaan asuransi asal Hongkong ini dikenal dengan coverage biaya pengobatan yang menyeluruh. Mereka berani memberlakukan kebijakan untuk menjamin biaya pengobatan 100% dan menjamin renewal guarantee.

Batas kelas kamarSemi Privat dan Privat (tidak menggunakan harga kamar)
Batas manfaat tahunanRp 2,5 miliar (Semi Privat) dan Rp 7 miliar (Privat)
Batas usia0 sampai 90 tahun
Kisaran premi (per tahun)Rp 11,579 juta sampai Rp 52,225 juta (tergantung plan dan usia)

Berikut adalah beberapa kelebihan yang menjadi incaran para calon nasabah Pacific Cross

  1. Pacific Cross menggunakan sistem kelas kamar

Berbeda dengan kebanyakan asuransi, Pacific Cross menggunakan sistem kelas kamar. Anda bisa memilih dari kelas kamar private atau setara dengan VIP, dan semi private yang setara dengan kelas 1.

Bagi mereka yang membutuhkan pengobatan intensif di luar negeri seperti Singapura, asuransi ini adalah pilihan yang tepat. Untuk pengguna program International Health Plan, nasabah berhak untuk kelas private di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

  1. Biaya pengobatan dijamin 100%

Keuntungan lainnya yang menarik adalah biaya pengobatan yang ditanggung 100% atau sesuai dengan jumlah tagihan. Adapun biaya yang ditanggung ini termasuk biaya obat-obatan, operasi, laboratorium, dan kemoterapi.

  1. Manfaat melahirkan yang tergolong besar

Pacific Cross juga menawarkan manfaat melahirkan yang cukup besar yaitu hingga 5.000 USD atau sekitar Rp 67 juta. Penjaminan ini termasuk dengan biaya rawat inap selama pasien dirawat.

  1. Manfaat untuk HIV/AIDS

Harus diakui hanya beberapa asuransi di Indonesia yang memiliki manfaat penjaminan untuk pasien penderita Human Immuno Deficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Manfaat untuk penderita HIV/AIDS ini merupakan manfaat tambahan. Artinya calon nasabah dapat meminta manfaat ini dengan membayar biaya lebih dari program dasar.

  1. Kalusul renewal guarantee

Rasanya kebijakan inilah yang juga membuat nasabah merasa tenang jika lama perawatannya mendekati masa akhir kontrak asuransi.

Jadi dengan adanya klausul renewal guarantee, pihak Pacific Cross menjamin adanya perpanjangan polis. Kebijakan ini berlaku untuk kondisi sakit apapun yang diderita nasabah selama masa pertanggungan.

  1. Ada opsi untuk diskon premi

Dengan manfaat yang lengkap, premi asuransi Pacific Cross memang tidak murah. Bahkan mata uang yang digunakan adalah dollar Amerika.

Namun pihak asuransi ini juga menawarkan pilihan diskon yang bisa mencapai 75%. Pilihan yang ditawarkan yaitu, jika nasabah tidak mengambil manfaat pengobatan di Hongkong, Amerika, Kanada, dan Jepang maka akan dikenakan diskon 25%. Kemudian jika nasabah tidak mengambil manfaat rawat jalan, preminya akan didiskon 25%. Terakhir, jika nasabah mengambil copayment maka premi akan didiskon 20%. Copayment sendiri adalah sejumlah uang yang besarnya sudah ditentukan pihak asuransi dan dibayar oleh nasabah setiap kali mendapatkan perawatan.

Selain keenam hal diatas, perlu diperhatikan sekali lagi bahwa pembayaran premi untuk asuransi ini menggunakan mata uang dollar Amerika. Artinya, harga premi per bulannya bisa saja berubah-rubah sesuai dengan nilai tukar dollar yang berlaku saat itu.

Manfaat menyeluruh hingga rawat jalan setelah rawat inap dari Manulife

Sumber: www.urbanhire.com

Baik perorangan maupun organisasi, asuransi Manulife memang sudah umum digunakan di Indonesia. Mereka memiliki program asuransi yang menawarkan manfaat menyeluruh untuk nasabahnya. Program asuransi dari Manulife yang baru dan pantas direkomendasikan adalah MiUltimate.

Dengan banyaknya orang Indonesia yang mencari pengobatan intensif di Singapura, MiUltimate memberikan manfaat yang tidak hanya bisa digunakan di Indonesia, melainkan juga di Singapura.

Batas kelas kamarRp 3 juta sampai Rp 500 juta per hari
Batas manfaat tahunanRp 1 miliar sampai Rp 3 miliar
Batas usia0 sampai 80 tahun
Kisaran premi (per tahun)Rp 4,4 juta sampai Rp 7 juta (tergantung plan)

Penjelasan mengenai kelebihan dari produk asuransi ini bisa Anda lihat sebagai berikut.

  1. Dual sistem kamar untuk memudahkan nasabah berobat di luar negeri

Sistem ini cocok bagi Anda yang memang bermaksud hendak berobat ke luar negeri namun dengan biaya premi yang setara biaya berobat di Indonesia.

Misalnya, nasabah mengambil kelas kamar yang seharga Rp 1 juta, jika berobat di luar negeri, maka kelas kamar yang didapatkan nasabah menjadi Rp 3 juta.

  1. Biaya pengobatan 100%

Seluruh biaya obat-obatan dan perawatan selama rawat inap mendapat cover 100% dari asuransi selama harga kamar tidak melebihi plafon kamarnya untuk per malam.

  1. Manfaat rawat jalan setelah rawat inap

Biaya rawat jalan setelah rawat inap ini termasuk dalam manfaat yang juga dicover asuransi. Maksimal rawat jalan yang dibayar asuransi adalah 60 hari.

  1. Manfaat tambahan untuk kemoterapi, haemodyalisis, dan HIV/AIDS

MiUltimate juga menawarkan beberapa manfaat tambahan untuk nasabah dengan kondisi penyakit tertentu. Misalnya pasien yang membutuhkan kemoterapi dan haemodyalisis dengan manfaat kelas kamar Rp 1 juta akan mendapatkan manfaat tambahan ini maksimal Rp 300 juta setahun.

  1. Manfaat biaya pemakaman

Nasabah Manulife dengan program MiUltimate juga akan mendapatkan manfaat biaya pemakaman. Manfaat ini sebesar Rp 30 juta untuk kelas apa saja.

  1. Gelang kesehatan

Yang unik dari Manulife MiUltimate ini adalah Anda akan mendapatkan gelang kesehatan. Gelang ini berfungsi untuk memantau kesehatan nasabah setiap harinya. Gelang kesehatan ini terhubung dengan smartphone untuk membuat dan mengirimkan laporan kesehatan. Jika Anda rajin mengirimkan laporan kesehatan melalui gelang kesehatan ini, maka Anda bisa mendapatkan diskon premi di tahun berikutnya.

Satu lagi keunggulan MiUltimate yang menarik. Yaitu, jika sebagai nasabah Anda sewaktu-waktu mengalami penyakit dengan kondisi kritis, maka Anda bisa meminta tambahan limit.

Allianz dengan sistem klaim hibrid

allianz

Sumber: www.jawapos.com

Asuransi Allianz memiliki produk asuransi yang unik. Produk asuransi ini diberi nama Smart Premier dan menerapkan sistem hibrid. Dengan sistem ini, nasabah bisa klaim sesuai dengan tagihan atau sesuai inner limit.

Batas kelas kamarRp 500 ribu sampai Rp 6 juta
Batas manfaat tahunanRp 6 miliar
Batas usia0 sampai 80 tahun
Kisaran premi (per tahun)Rp 3,7 juta sampai Rp 266 juta (tergantung plan dan usia)

Berikut penjelasan lebih lengkapnya kenapa Smart Premier Allianz menjadi salah satu produk asuransi yang terbaik di Indonesia.

  1. Sistem hibrid

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Smart Premier memberlakukan sistem hybrid yang memungkinkan nasabah mengklaim sesuai tagihan atau inner limit. Jadi dengan sistem ini, tagihan perawatan nasabah akan ditanggung sepenuhnya jika kamar yang digunakan untuk rawat inap harganya di bawah kelas kamar nasabah.

Misalnya, kelas kamar nasabah adalah Rp 1 juta, dan nasabah menginap di kamar yang lebih rendah harganya dari Rp 1 juta maka tagihan selama rawat inap bisa diklaim penuh. Tapi jika kamar yang diambil di atas Rp 1 juta, maka nasabah hanya bisa mengklaim sesuai dengan inner limitnya.

  1. Manfaat tambahan untuk HIV/AIDS serta kemoterapi dan haemodyalisis

Manfaat tambahan ini berlaku di hampir semua asuransi di Indonesia. Allianz juga menyediakan manfaat tambahan untuk nasabah yang membutuhkan perawatan untuk kondisi HIV/AIDS dan kanser.

  1. Kamar premium

Jika Anda memiliki preferensi untuk berobat ke Singapura, maka Smart Premier dari Allianz bisa menjadi pertimbangan.

Produk asuransi ini menawarkan fasilitas kamar premium Rp 6 juta per malam, artinya dengan rata-rata harga kamar rumah sakit di Singapura untuk turis adalah sekitar Rp 3 juta, Anda masih bisa mendapatkan cover biaya yang menguntungkan selama perawatan.

Walaupun ada kebijakan mengenai klaim dibayar sesuai tagihan, tapi hal ini tidak berlaku jika harga kamar di rumah sakit lebih besar daripada plan kelas kamar Anda. Jika Anda ingin premi yang lebih murah, maka Anda bisa mengambil program co share. Co share merupakan kesepakatan berapa persen dari biaya perawatan yang ditanggung Allianz dan berapa persen yang ditanggung nasabah.

Pilihan kelas Avrist Sehati yang beragam untuk semua lapisan masyarakat

avrist

Sumber : khianpin.wordpress.com

Ragam pilihan kelas kamar merupakan kelebihan dari produk asuransi Avrist Sehati. Di sini calon nasabah bisa menemukan variasi kelas kamar mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 2,5 juta.

Adanya pilihan kelas kamar yang banyak ini membuat Avrist bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Calon nasabah pun bisa memilih plan yang sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Batas kelas kamarRp 200 ribu sampai Rp 2,5 juta
Batas manfaat tahunanRp 100 juta sampai Rp 1 miliar
Batas usia0 sampai 77 tahun
Kisaran premi (per tahun)Rp 818.200 sampai Rp 77 juta (tergantung plan)

Berikut penjelasan yang lebih lengkap tentang manfaat dari asuransi Avrist Sehati.

  1. Variasi kelas kamar yang banyak

Ragam plan kelas kamar mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 2,5 juta per malam. Pastinya ada perbedaan manfaat dari kelas kamar ini. Namun sebagai nasabah, Anda pasti akan lebih memprioritaskan harga premi yang cocok dengan kondisi finansial.

  1. Dua jenis klaim yang diberlakukan

Untuk nasabah dengan plan kamar minimal Rp 1,25 juta, maka diberlakukan klaim sesuai jumlah tagihan. Jika plan yang diambil di bawah Rp 1,25 juta, maka nasabah mendapatkan klaim sesuai inner limit.

  1. Manfaat tambahan

Pastinya produk asuransi ini juga menawarkan manfaat tambahan untuk para nasabahnya. Adapun tambahan manfaat yang bisa diambil oleh nasabah adalah manfaat rawat jalan, kemoterapi, dan haemodyalisis.

  1. Manfaat rawat inap dan rawat jalan yang cukup panjang

Manfaat rawat inap dan rawat jalan yang ditawarkan asuransi ini tergolong panjang, yaitu hingga 60 hari. Hal ini cocok untuk nasabah dengan penyakit kronis yang harus melakukan checkup berkali-kali ke rumah sakit.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan program Avrist Sehati, Anda harus ingat bahwa mereka juga memberlakukan sistem prorata. Jadi jika Anda melakukan rawat inap dan mengambil kamar yang harga per malamnya lebih mahal daripada plan kelas kamar, maka perbedaan plafon kamar akan menjadi tanggungan Anda.

Asuransi ini juga memberlakukan batasan klaim untuk nasabah untuk setahunnya. Misalnya, untuk plan kelas kamar Rp 600 ribu, manfaat maksimal yang dibayarkan per tahun adalah Rp 600 juta.

Approval pengajuan polis yang mudah untuk asuransi Sinarmas MSIG Life

Sumber: smilemedicalplus.webflow.io

Smile Medical dari Sinarmas MSIG Life merupakan pilihan tepat jika Anda tidak ingin proses pengajuan polis yang rumit. Program asuransi hasil joint venture antara Sinarmas dan MSIG dari Jepang ini menerapkan prosedur yang mudah untuk approval pengajuan polis asuransinya. Anda hanya akan ditanya pertanyaan mendasar berat badan dan tinggi badan, juga pertanyaan tentang riwayat penyakit.

Batas kelas kamarRp 300 ribu sampai Rp 1 juta
Batas manfaat tahunanRp 150 juta sampai Rp 900 juta
Batas usia15 hari sampai 74 tahun
Kisaran premi (per tahun)Rp 811 ribu sampai Rp 13,2 juta (tergantung plan dan usia)

Adapun manfaat lain dari Smile Medical adalah sebagai berikut.

  1. Tidak menggunakan sistem inner limit

Program asuransi ini tidak memberlakukan sistem inner limit, sehingga klaim yang dibayarkan sesuai tagihan dari rumah sakit. Hanya saja kebijakan ini tidak berlaku untuk perawatan di ruam Intensive Care Unit (ICU).

  1. Mudah mendapatkan approval pengajuan polis

Dalam proses pengajuannya, hampir tidak ada proses underwriting. Jadi setiap pengajuan polis kemungkinan besar akan diterima.

  1. Biaya sebelum dan sesudah rawat inap

Nasabah juga bisa mendapatkan manfaat biaya perwatan sebelum rawat inap sebanyak 7 hari, serta manfaat setelah rawat inap sebanyak 30 hari.

Sayangnya, pihak asuransi ini hanya menerima metode pembayaran auto debet dari kartu kredit. Sehingga, calon nasabah tidak bisa memilih metode pembayaran sesuai keinginannya. Selain itu, mereka juga menerapkan batas maksimal klaim per tahun.

Lima program asuransi ini sudah mewakili kebutuhan perlindungan asuransi kesehatan untuk beragam lapisan masyarakat Indonesia. Pilihlah penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Berikut adalah sebuah artikel penting untuk para wanita dalam mendapatkan perlindungan dari asuransi.

Komentar