Pilihan Provider Internet Rumah Terbaik Untuk Anda di Indonesia 2017

Pilihan Provider Internet Rumah Terbaik Untuk Anda di Indonesia 2017

Internet bukan lagi sekedar kebutuhan sekunder pada beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya di ruang publik dan untuk kepentingan pekerjaan, internet juga dibutuhkan di rumah. Bahkan banyak kebutuhan personal yang dilakukan melalui internet. Misalnya memesan jasa laundry, cleaning service untuk rumah, pijat, hingga tata rias. Dengan merambahnya kebutuhan internet untuk semua segi kehidupan ini, maka penyedia internet rumah pun banyak dicari.

Di Indonesia terdapat banyak provider internet baik itu nirkabel (wifi) atau yang menggunakan kabel. Tentunya layanan ini tersedia untuk bisnis maupun rumah. Beberapa malah menjadi referensi utama bagi siapapun yang ingin memasang jaringan wifi di rumah. Para penyedia internet ini juga hadir dengan beragam program paket atau plan. Sebagian program paket internet ini juga sudah disatukan dengan layanan TV kabel.

Khusus bagi Anda yang berniat menggunakan memasang internet di rumah, maka berikut kami jabarkan penyedia internet terbesar yang bisa menjadi referensi Anda. Selain itu, adapula tips tentang apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih layanan internet.

Daftar provider internet terbesar di Indonesia  untuk rumah

Daftar penyedia internet atau Internet Service Provider (ISP) rumah di bawah ini merupakan rekomendasi yang bisa Anda jadikan pertimbangan sesuai dengan kebutuhan.

  1. First Media

    Media online mana yang tidak menjadikan First Media sebagai bahan pertimbangan? Dengan koneksi internet yang handal dan layanan TV kabel yang terkemuka di pasarannya, First Media sangat cocok untuk Anda yang menyukai hiburan dari TV kabel. Anda dapat menikmati 160+ channel lokal dan internasional dengan kualitas High Definition (HD) 4K, kualitas suara Dolby Digital 5.1, aspek rasio 16:9, resolusi 1080i dan 2 juta pixels sehingga 5x lebih jernih. First Media menyediakan layanan TV kabel di semua pilihan paket internet yang Anda pilih dengan harga terjangkau.

  2. MyRepublic

    ISP MyRepublic salah satu pemain yang kompetitif dalam hal harga dan kecepatan internet. Mereka memiliki paket dari harga Rp 279.000 sampai Rp 999.000 dengan kecepatan mencapai 300 Mbps. Walau saat ini MyRepublic belum memiliki jangkauan daerah yang luas, tetapi di kota-kota besar di Indonesia telah tersedia layanan MyRepublic. MyRepublic juga merupakan satu-satunya penyedia internet yang memberikan paket khusus untuk gamer. Dengan paket itu Online Gaming dijamin lebih nyaman dan tanpa gangguan.

  3. Biznet Home

    Terkenal dengan cakupan area yang luas, Biznet Home menyediakan layanan internet dengan kabel fiber optik untuk lebih dari 100 kota di Indonesia. Jumlah kota ini masih berkembang hingga saat ini. Biznet menyediakan paket combo internet dan TV kabel atau paket internet rumah saja. Walau layanan internetnya tidak secepat layanan dari ISP lainnya, Biznet Home menawarkan kecepatan upload dan download yang sama. Sehingga jika Anda memilih kecepatan download 50 Mbps, Anda juga dapat menikmati kecepatan upload 50 Mbps.

  4. MNC Play

    Salah satu penyedia internet dengan kecepatan tertinggi di Indonesia. MNC Play menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH), MNC Play menyediakan jaringan kabel fiber optik 100% di seluruh jalur sampai ke rumah Anda. Tidak seperti media penghantar lainnya yang menggunakan kabel tembaga, dengan teknologi FTTH internet provider MNC Play siap menyediakan jaringan berkapasitas hingga 2.5 Gbps. MNC Play menawarkan paket internet dengan kecepatan mulai dari 7 Mbps hingga 1 Gbps.

  5. IndiHome Fiber

    Dulunya dikenal sebagai Speedy Internet, IndiHome Fiber dari PT Telkomsel Indonesia, Tbk terkenal dengan jangkauan yang sangat luas. Dimana pun Anda berada di Indonesia, layanan IndiHome Fiber siap melayani Anda. Tentu saja ini karena Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Anda dapat memilih paket dari IndiHome yang beragam dari segi kecepatan internet, jumlah layanan dan harga. Anda bebas memilih antara kecepatan dari 10 Mbps hingga 100 Mbps dan tambahan layanan TV kabel ataupun telepon rumah.

  6. CBN

    Internet Provider yang menyediakan kecepatan internet tertinggi lainnya di Indonesia adalah CBN. CBN menyediakan jaringan internet fiber optik dan wireless broadband dengan pilihan kecepatan hingga 1 Gbps. Fiber optik yang ditawarkan memiliki jaringan Fiber To The Home (FTTH) dan No Fair Usage Policy. Sedangkan jaringan Wireless broadband tersedia untuk perumahan dan juga mall. Harga terendah paket untuk pilihan internet rumah mulai dari Rp 299.000 per bulan, dengan kecepatan 15 Mbps. Setiap paketnya hadir dengan fitur menarik seperti layanan Gratis 5 GB untuk kapasitas di CBN email.

  7. GIG Indosat

    GIG dari Indosat merupakan provider internet dengan layanan internet kecepatan hingga 1 Gbps dengan berbagai fitur menarik. Anda tidak akan memerlukan TV kabel dengan GIG selama Anda diberikan layanan iflix dan perangkat Google Chromecast. Jadikan TV Anda menjadi Smart TV dan nikmati berbagai siaran menarik dari iflix secara wireless dari perangkat mobile Anda seperti smartphone, tablet, komputer ke perangkat TV High Definition atau speaker.

Setelah mengetahui kelebihan dari berbagai ISP ini, berikut adalah hal yang harus jadi pertimbangan saat memilih ISP.

Pertimbangkan faktor untuk memilih layanan internet rumah terbaik

Sosial Media, Provider Internet Terbaik di Indonesia

Sekian banyak pilihan provider internet di Indonesia, bagaimanakah Anda menentukan yang terbaik untuk Anda? Sebagaimana saat Anda ingin memilih layanan untuk jangka panjang, memilih layanan internet terbaik untuk Anda pun harus diikuti dengan beberapa pertimbangan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan adalah harga, kecepatan, jangkauan, fitur, dan kapasitas. Perhatikan poin-poin berikut untuk memilih plan internet yang terbaik di rumah.

1. Untuk apakah internet rumah anda?

Langkah pertama dalam memilih provider internet adalah menentukan aktifitas penggunaan internet. Sebenarnya bagaimana Anda menggunakan internet rumah? Apakah untuk bermain permainan online? Untuk streaming video? Atau kebanyakan hanya untuk kebutuhan terhubung dengan sosial media? Dari sini Anda bisa menentukan kecepatan internet yang diinginkan.

Jika penggunaan internet Anda lebih banyak untuk streaming video di YouTube atau mendownload file ukuran kecil, paket internet kecepatan 10 hingga 20 Mbps sudah cukup efektif buat Anda. Tetapi jika Anda menggunakan internet untuk aktifitas seperti web browsing atau untuk pengecekan email dan sosial media maka kecepatan 5 Mbps sudah cukup lancar. Sedangkan untuk download file ukuran besar, video call atau permainan online, dimana Anda harus streaming dengan cepat dan update permainan, maka pastinya Anda harus memilih paket internet yang menawarkan kecepatan tinggi setidaknya 20 Mbps ke atas.

Tentunya semakin tinggi kecepatan paket internet, semua aktivitas berinternet akan dapat dilakukan dengan lancar. Akan tetapi secara keuangan jika Anda tidak mampu membayar iuran bulanannya maka itu akan menjadi masalah. Jadi pastikan Anda mengetahui kebutuhan penggunaan internet terlebih dahulu sebelum memilihnya. Setelah Anda menentukan kecepatan yang Anda butuhkan, saatnya Anda membandingkan pilihan kecepatan paket internet di Indonesia.

2. Harga internet rumah yang paling ekonomis

Ini adalah faktor penting yang harus ada dalam daftar pertimbangan Anda. Anda harus bertanya berapa rupiah yang berani Anda keluarkan untuk kebutuhan internet.

Dengan budget yang ada, Anda kemudian bisa menentukan jenis plan atau paket internet seperti apa yang akan digunakan. Dari sini pun Anda bisa menentukan ISP mana yang menawarkan paket dengan harga yang sesuai. Jika Anda hanya membutuhkan paket internet yang murah dengan kecepatan internet yang cukup cepat, maka internet provider MyRepublic akan cocok untuk Anda. MyRepublic menawarkan paket dengan harga terjangkau dengan layanan yang memuaskan.

MyRepublic menawarkan paket internet dengan harga mulai dari Rp 279.000 per bulan, dengan kecepatan hingga 50 Mbps untuk download dan 25 Mbps untuk kecepatan upload. Anda dapat menikmati kuota tanpa batas untuk seluruh anggota keluarga. Biaya instalasi yang dikenakan Rp 500.000 tetapi Anda akan diberikan modem Wifi Gratis. Anda juga dikenakan biaya sewa fiber router Rp 30.000/bulan dan administrasi Rp 5.000/bulan, tetapi dengan iuran bulanan serendah itu, Anda dijamin tidak akan rugi!

MyRepublic juga menyediakan paket yang cocok untuk pemakai permainan online, yaitu paket Gamer. Cukup dengan iuran Rp 429.000 per bulan Anda sudah bisa mendapatkan internet dengan kecepatan 150 Mbps baik untuk download maupun upload. Ultra Low Latency dari paket Gamer MyRepublic secara rutin memonitor routing ke server-server game yang populer untuk memastikan latency yang rendah dan konsisten.

Apabila Anda memiliki bujet lebih dan tidak masalah dengan membayar sedikit lebih banyak untuk iuran tahunan, Anda dapat memilih paket SuperNova dari MyRepublic. Iuran bulanan Rp 999.000 dan Anda dapat menikmati kecepatan hinga 300 Mbps! Bagi Anda memiliki jumlah pengguna internet yang banyak dan perlu internet untuk mendownload file atau video call maka paket ini akan cocok untuk Anda.

Dalam mencari ISP untuk rumah, jangan lupa selalu baca laman syarat dan ketentuan di website mereka. Biasanya, di laman inilah mereka mencantumkan harga secara lengkap. Sejauh ini, dari semua paket internet yang ada, jika Anda ingin penawaran murah maka MyRepublic bisa menjadi pertimbangan. Selain paket internet, dengan menambah sedikit biaya bulanan 62 siaran TV kabel akan diberikan kepada Anda.

MyRepublic FAST

MyRepublic FAST

50 Mbps cukup dengan iuran Rp 279.000 per bulan

Paket internet rumah murah dan cepat

3. Berapa orang yang akan menggunakannya?

Makin banyak orang yang menggunakan internet, maka Anda harus memilih paket yang mampu digunakan oleh banyak gadget atau laptop. Misalnya, internet ini sebagai fasilitas di rumah kos milik Anda. Jika jumlah kamar 5 dengan kapasitas per kamar 2 orang, maka Anda harus memasang internet yang dapat digunakan oleh minimal 11 gadget atau lebih. Dengan demikian, pengguna tidak akan kesulitan karena loading laman atau proses download yang lamban.

Kecepatan internet terbagi berdasarkan jumlah perangkat yang menggunakan internet. Misalnya dalam satu rumah, dan Anda menggunakan layanan internet dengan kecepatan 20 Mbps. 20 Mbps memang cukup untuk permainan online dan streaming, namun jika pengguna mencapai lebih dari 20 perangkat dan masing-masing perangkat mendownload file atau streaming video, maka akan ada lag untuk permainan online dan buffer untuk streaming video.

Pengguna yang banyak akan mengharuskan Anda menggunakan paket internet dengan kecepatan lebih. Biznet sendiri menawarkan paket internet yang bisa digunakan mulai dari 20 gadget sekaligus dengan kecepatan 25 Mbps. Adapun paket yang dapat digunakan oleh 60 gadget sekaligus dengan kecepatan 100 Mbps. ISP ini direkomendasikan untuk pemakaian di rumah yang penghuninya lebih dari 7 orang, atau untuk penggunaan di rumah kos.

Biznet Home Internet 3

Biznet Home Internet 3

Gratis modem wifi, Biznet video, Biznet wifi

Dapat digunakan oleh 60 gadget sekaligus

4. Seberapa luas jangkauannya?

Ketika Anda memilih penyedia internet rumah, Anda harus memastikan area Anda termasuk dalam jangkauannya. Sebelum menandatangani kontrak, sangat disarankan untuk memeriksa cakupan area dari provider tersebut. Siapa yang tidak akan frustasi ketika streaming film favorit dan kemudian berhenti-henti untuk bufferring? Jika bujet bukan jadi masalah, pastikan jangkauan sebagai salah satu pertimbangan penting.

PT Telkomsel Indonesia, Tbk memberikan layanan broadband internet dengan jangkauan di seluruh Indonesia. Layanan internet dengan nama IndiHome ini tersedia di berbagai provinsi di Indonesia. Hampir mayoritas dari penduduk Indonesia yang berada di daerah selain kota besar dapat mengajukan layanan internet IndiHome. Apabila Anda merupakan salah satunya, saatnya Anda mulai melihat paket yang ditawarkan dari IndiHome.

Sebelum menjadi IndiHome, layanan internet ini bernama Telkom Speedy. Anda bisa upgrade dari Telkom Speedy ke IndiHome dengan mengajukan resi tanda permohonan ke pihak Telkom Indonesia. Adapun keuntungan lain dari ISP ini adalah Anda bisa mendapatkan gratis waktu telepon 1000 menit untuk sambungan lokal maupun interlokal. Paket tercepat yang ditawarkan IndiHome lengkap dengan telelpon dan TV kabel adalah paket Premium – Triple Play dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

IndiHome Premium

IndiHome Premium

Gratis waktu telepon 1000 menit lokal dan interlokal!

Jangkauan luas di seluruh Indonesia

5. Siapakah yang tercepat?

Kecepatan internet akan selalu pertimbangan terpenting bagi setiap calon pelanggan. Anda tentunya tidak menginginkan internet yang memakan waktu berhari-hari untuk mendownload sebuah file atau film. Ataupun ketika Anda ingin mengupload video ke sosial media dan memakan waktu hampir 15 menitan.

Jika Anda ingin yang tercepat dari pasarannya baik untuk kecepatan download ataupun upload maka MNC Play adalah pilihan yang tepat. Dengan paket SuperGalaxy Anda dapat menikmati kecepatan download dan upload hingga 1 Gbps dengan kuota tanpa batas. MNC Play memberikan juga modem Wifi Gratis untuk paket serta layanan TV kabel interaktif dengan 17 HD Channel dan 107 SD Channel. Untuk perihal harga, Anda harus langsung menghubungi MNC Play.

MNC Play SuperGalaxy

MNC Play SuperGalaxy

Gratis modem wifi dan 127 siaran TV kabel!

Kecepatan Upload dan Download hingga 1 Gbps

6. Siapakah yang memiliki siaran TV kabel terbanyak?

Tidak semua orang tergila-gila dengan siaran di TV kabel karena kini telah tersedianya TV internet interaktif seperti iflix ataupun Netflix. Tetapi jika Anda merupakan salah satu pecinta siaran TV internasional ataupun lokal maka tentunya Anda hanya dapat memperoleh siaran tersebut melalui TV kabel. Pada saat ini penyedia internet rumah yang memberikan paket dengan layanan siaran TV kabel terbanyak adalah First Media.

Di setiap paket First Media, Anda dapat memperoleh kecepatan internet yang bertingkat dari 12 Mbps hingga 200 Mbps. Masing-masing paket ini memiliki layanan kabel TV dengan jumlah siaran yang bervariasi. Untuk paket kecepatan terendah Anda dapat memperoleh gratis 122 TV Channel. Dan untuk kecepatan 200 Mbps, Anda akan memperoleh Gratis 167 TV Channel dari HomeCable HD dan FirstMediaX.

First Media Combo Infinite X1 4K

First Media Combo Infinite X1 4K

Gratis 167 TV Channel dari HomeCable HD dan FirstMediaX

Kecepatan download hingga 200 Mbps

Sudahkah Anda memutuskannya?

Setiap orang memiliki pertimbangan yang berbeda ketika mengevaluasi provider internet di Indonesia. Jika Anda ingin yang ekonomis maka pilihlah MyRepublic. Jika Anda ingin jangkauan luas, IndiHome adalah pilihan terluas. Jika kecepatan faktor terpenting, MNC Play siap melayani Anda.

Memilih layanan internet rumah memang susah-susah gampang. Tapi dengan informasi yang cukup, maka Anda akan sangat terbantu. Dari tips dan informasi di atas, dapat disingkat bahwa Anda harus paham kebutuhan dan kemampuan bayar Anda, lalu mulai cari paket yang sesuai.

Komentar