Ragam Pilihan Pinjaman Dana Tunai Di Indonesia

pinjaman pribadi di indonesia

Jenis-jenis pinjaman atau kredit pribadi di indonesia

Ada dua jenis pinjaman dana tunai di Indonesia– kredit dengan agunan/jaminan atau kredit tanpa agunan. Di Indonesia, pinjaman dana yang diambil oleh masyarakat umum untuk pribadi umumnya tanpa agunan. Berikut ini rangkuman perbandingan keduanya.

Kredit dengan Agunan

Pinjaman ini adalah pinjaman dengan jaminan aset, seperti mobil atau rumah sebagai bentuk keamanan atas pinjaman bank. Dengan demikian, biaya pinjaman biasanya jauh lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman tanpa jaminan. Namun, peminjam harus waspada terhadap kemampuan keuangan mereka karena risiko penyitaan aset jaminan mereka ketika gagal melunasi pinjaman.

Kredit tanpa Agunan

Sebuah pinjaman tanpa jaminan biasanya sedikit lebih sulit untuk didapatkan karena peminjam tidak perlu menawarkan aset sebagai jaminan. Oleh karena itu, mereka perlu untuk meyakinkan pemberi pinjaman mereka tentang kemampuan keuangan mereka atau kelayakan kredit. Hal ini untuk memastikan bahwa peminjam dapat membayar kembali pinjaman mereka.

Karenanya, biaya untuk pinjaman tanpa jaminan lebih tinggi karena kreditur menghadapi risiko yang lebih tinggi dalam memberikan pinjaman. Meskipun peminjam tidak memberikan bentuk aset kepada pemberi pinjaman,tidak ada rencana cadangan jika mereka akhirnya tidak mampu membayar pinjaman mereka secara penuh. Pemberi pinjaman masih bisa mengambil tindakan hokum dengan menyita aset-nya untuk memulihkan kerugian.

Beragam Jenis suku bunga pinjaman pribadi

Suku bunga untuk pinjaman uang dapat dikategorikan menjadi dua, tetap dan variabel. Mengetahui tingkat suku bunga yang bisa mereka ambil adalah hal pertama yang harus diperhatikan peminjam sebelum mengambil pinjaman pribadi. Kebanyakan pinjaman dana tunai di Indonesia umumnya menggunakan suku bunga tetap.

Kredit Personal dengan Bunga Tetap

Tingkat bunga tetap adalah suku bunga yang sama untuk seluruh jangka waktu pinjaman. Tingkat bunga akan tetap sama meskipun terjadi fluktuasi di pasar. Sementara pinjaman bunga tetap melindungi peminjam dari pergerakan tingkat suku bunga, jumlah pembayaran harus dibayar sesuai sesuai perjanjian pinjaman sampai pinjaman dibayar penuh. Oleh karena itu, jika peminjam yang ingin melakukan pembayaran lebih dari waktu ke waktu,  mungkin akan dikenakan biaya tambahan.

Pinjaman uang dengan Bunga Variabel/ Mengambang

Suku bunga kredit variabel pribadi berarti bunga yang berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada tingkat bunga di pasar. Keuntungan dari mengambil jenis pinjaman ini adalah peminjam bisa mendapatkan keuntungan ketika harga pasar rendah. Namun, hal ini bisa menjadi bumerang jika tingkat bunga pasar naik karena peminjam harus membayar bunga lebih.

Cari tahu mana bank di Indonesia yang memiliki bunga KTA terendah!

Komentar