Rahasia Memperoleh Dan Mengelola Kartu Debit

kartu debit

Kartu debit itu sensasional dan tidak mengejutkan.

Kartu debit itu sensasional. Tidak mengejutkan, karena makin banyak orang yang tertarik belanja tanpa membawa uang tunai, dan lebih banyak lagi yang kurang suka belanja menggunakan kredit. Selain benar-benar nyaman, kartu debit membebaskan Anda dari risiko munculnya utang di tengah pengeluaran sehari-hari Anda.

Walau penggunaan kartu debit dalam kehidupan sehari-hari menjanjikan banyak kelebihan, Anda tetap perlu berhati-hati mengevaluasi keputusan memperoleh kartu debit itu sebelum Anda mengajukan permohonannya. Poin-poin berikut akan membantu Anda memilih lebih cerdas ketika Anda memutuskan, mulai atau tidak menggunakan kartu debit.

Lakukan Riset Lewat Sumber-sumber Tepercaya Di Internet

Selalu lakukan riset seputar pilihan kartu debit yang Anda pertimbangkan. Manfaatkan situs agregator yang mengumpulkan informasi beragam produk finansial dalam satu platform (misalnya ). Dengan begitu Anda mudah membandingkan pilihan-pilihan yang ada serta menemukan kartu mana yang memiliki fitur-fitur lebih baik. Reputasi penerbit kartu debit juga salah satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan walau kebanyakan penerbit kartu debit di Indonesia adalah bank-bank dengan kredibilitas tinggi.

Pelajari Fitur Dan Biaya

Aturan praktisnya, pilih kartu debit dengan fitur atau manfaat paling banyak. Tapi, sebaiknya Anda juga amati biaya-biaya tersembunyi. Misalnya, beberapa kartu kredit mungkin saja mengharuskan Anda membayar biaya administrasi tahunan. Yang lain boleh jadi mengenakan biaya saat Anda melakukan penarikan tunai dari bank lain. Mengenali biaya-biaya ini akan membantu Anda dengan mudah memutuskan, apakah kartu debit itu layak Anda peroleh.

Bacalah Kontrak Dengan Cermat

Kontrak atau perjanjian antara Anda dengan penerbit kartu debit sebaiknya tidak Anda abaikan sama sekali. Tapi, bisa dipahami kalau Anda tetap saja mengabaikannya. Kontrak yang dicetak dalam huruf berukuran kecil itu bukan bacaan menyenangkan, hanya saja kerapkali berisi syarat dan ketentuan yang tampaknya standar di permukaan, namun kalau dianalisis mendalam, bisa mengejutkan banyak orang. Luangkan waktu untuk meneliti syarat dan ketentuan itu sebelum Anda mengunci diri sendiri dalam perjanjian kontrak yang tidak Anda inginkan. Atau, manfaatkan situs-situs seperti , yang menyatakan kontrak maupun syarat dan ketentuan dari produk-produk keuangan secara ringkas dan dalam bahasa yang mudah dipahami kalangan awam.

Diamkan Dulu Ide Memperoleh Kartu Debit

Kadang, semangat meluap-luap penyebab Anda mengambil keputusan yang kurang bijak. Pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan kartu debit sebelum mengajukan permohonannya. Emosi bisa mengaburkan pertimbangan. Diamkan ide itu selama beberapa hari, dan bahkan boleh juga Anda diskusikan terlebih dahulu dengan seseorang yang Anda percayai, misalnya pasangan Anda atau perencana keuangan.

Begitu Anda menerima kartu debit, yang perlu Anda pikirkan berikutnya adalah bagaimana menggunakan kartu itu dengan benar. Berikut beberapa saran dari kami:

Siapkan Jumlah Cadangan

Anda tentu tidak ingin menggunakan kartu debit hingga batasnya. Siapkan jumlah dana cadangan yang bertindak sebagai ”sinyal merah” sehingga ketika Anda mencapai titik tersebut, Anda berhenti belanja hingga akhir bulan. Ini praktik yang bagus terutama kalau Anda memiliki komitmen lain (misal: kewajiban bulanan, cicilan rumah, tagihan listrik, tagihan air, dan lain-lain). Memiliki uang ekstra di rekening tabungan membantu Anda menghindari penalti dan biaya-biaya lain yang tidak perlu.

Jangan Gunakan Kartu Debit Untuk Pembelanjaan Bernilai Besar

Kartu debit tidak menawarkan perlindungan pada nasabah layaknya kartu kredit. Idealnya, Anda ingin memiliki lebih banyak kover asuransi dan perlindungan konsumen saat membeli yang mahal-mahal. Fitur ini tidak selalu tersedia di kartu debit.

Waspadai Pencurian Identitas

Pencuri identitas belakangan lebih nekat dan lebih pintar. Sadari sepenuhnya bagaimana Anda menggunakan kartu debit. Jangan gunakan mesin ATM yang tampak mencurigakan. Percayai insting Anda, karena para penjahat mungkin sedang mengintai di dekat situ. Juga, hindari menggunakan kartu debit di tempat-tempat yang minim atau tanpa kredibilitas. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebanyakan kasus pencurian identitas terjadi di restoran-restoran ramai yang tidak kredibel.

Disiplin dan kewaspadaan memberi Anda keunggulan dalam mengelola kartu debit. Dengan melakukan tindakan tersebut, Anda akan selalu memegang kendali.

Siap mengajukan permohonan untuk memperoleh kartu debit? Cek tabel perbandingan kartu debit kami!

Komentar