Dana Sponsor Dari Pemprov DKI Rp 70 Juta Untuk Ratna Sarumpaet

Dana Sponsor Dari Pemprov DKI Rp 70 Juta Untuk Ratna Sarumpaet

Anda pastinya masih ingat dengan berita diutusnya Ratna Sarumpaet Ke Chile oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta. Walaupun pengutusan ini akhirnya gagal karena penangkapan Ratna terkait kasus berita hoax, tidak ada salahnya melihat lagi berapa rupiah yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk pengutusan ini, dan apa keutungannya.

Sebuah acara di Chile mengenai kesenian akan digelar. Disparbud Jakarta pun mensponsori Ratna Sarumpaet untuk menghadiri acara ini. Adapun jumlah biaya yang dikeluarkan Pemprov Jakarta tidaklah sedikit, yaitu sekitar Rp 70 juta.

Pertanyaannya, apa keuntungan atau manfaat pengutusan ini untuk DKI Jakarta?

“Jadi ketika karya-karya kita, seniman kita tampil di dunia internasional maka itu membantu promosikan kebudayaan Indonesia,” jelas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di Jakarta Timur.

Anies juga mengatakan bahwa dengan tampilnya seniman-seniman lokal di pentas dunia akan membawa dampak positif bagi Indonesia. Untuk alasan inilah Pemprov DKI sudah beberapa kali memberikan sponsor.

“Hari ini bapak Franki Raden sedang pentas, Franki Raden adalah ahli etnomusikologi dan 100 persen dibiayai Pemprov, hari ini sedang dibiayai di Korea oleh Pemprov. Untuk apa? untuk kita berada di panggung dunia menunjukkan karya-karya seni kita,” lanjutnya.

Ratna memang mengirimkan surat permintaan sponsor ke Gubernur Anies. Pemprov DKI menerima surat tersebut pada tanggal 31 Januari 2018. Kemudian Anies menerima surat itu tanggal 19 Februari 2018.

“Kita memberikan fasilitas dukungan itu, karena yang bersangkutan pernah menjadi ketua dewan kesenian di DKI Jakarta. Jadi ini proses biasa, normal,” tambah Anies.

Saat ini, Ratna Sarumpaet sudah berstatus tersangka penyebaran hoax untuk membuat keonaran. Ratna pun ditangkap oleh tim Polda Metro Jaya saat berada di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis malam, 4 Oktober 2018.

 

[Source]

 

Sumber image : liputan6

Komentar