Menteri Keuangan Rencanakan Perubahan Sturktur Gaji PNS

Menteri Keuangan Rencanakan Perubahan Sturktur Gaji PNS

Saat ini, rencana perubahan struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih dalam tahap pengkajian. Namun demikian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan tetap menyampaikan rencana ini ke siding kabinet.

“Kajian mengenai itu (struktur gaji PNS), dilakukan bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan akan disampaikan di Sidang Kabinet,” ujar Sri Mulyani di Jakarta.

Sri Mulyani optimis bahwa dengan adanya perubahan struktur gaji ini, maka perubahan kondisi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat berubah pula. Dengan demikian, ASN terdorong untuk bekerja dengan lebih baik dan profesional.

Kajian perubahan struktur gaji ini akan mengulas seluruh komponen yang ada dalam gaji PNS, seperti gaji pokok, tunjangan kinerja, dan honor. Sri Mulyani juga mengatakan bahwa perubahan struktur gaji ini akan menyesuaikan dengan kemampuan negara.

“Komponen penerimaan atau yang disebut take home pay dari ASN kita kan bisa berasal dari gaji pokok, tunjangan kinerja, dan masih ada juga honor atau per diem nanti kami lihat itu semuanya,” jelasnya.

Sri Mulyani pun mengatakan bahwa dirinya belum bisa menjelaskan secara detail seperti apa struktur gaji PNS yang sedang dikaji oleh pihaknya. Ia juga belum menyebutkan kapan rencana ini akan direalisasikan.

 

[Source]

Sumber image : bisnis.liputan6.com

 

Komentar