Resolusi Finansial Paling Populer Pada 2015

Resolusi finansial paling populer pada 2015Pada setiap akhir tahun, biasanya semua orang merefleksikan dirinya selama satu tahun ke belakang untuk mengetahui hal apa saja yang berhasil mereka capai dan hal apa saja yang belum tercapai. Refleksi tersebut untuk menentukan tingkat pencapaian mereka dalam satu tahun. Hal itu juga akan digunakan sebagai acuan untuk menyambut tahun yang baru, yakni menentukan resolusi apa saja yang akan dijadikan target selama tahun depan. Menurut survei yang dilakukan oleh Fidelity, perusahaan penyedia jasa finansial di AS, sekitar 31 persen responden menyatakan bahwa resolusi finansial paling populer pada 2015.

Tak hanya pada tahun 2015, tapi resolusi finansial atau yang terkait dengan uang juga merupakan yang paling banyak dilakukan sepanjang 2014. Berdasarkan survei oleh Fidelity, pada tahun 2014 mayoritas responden memilih untuk menabung (39 persen), melunasi utang (29 persen), investasi (12 persen), meminta kenaikan gaji (11 persen), dan menyiapkan dana darurat (9 persen). Tak mengherankan bila resolusi finansial paling populer. Pada September 2014, GO Banking Rates—sebuah lembaga penyedia produk finansial—melakukan survei dan menyimpulkan bahwa mayoritas orang lebih takut bangkrut daripada meninggal.

Dalam survei resolusi finansial pada 2015 ini, Fidelity menambahkan satu pilihan lagi, yakni mengubah kebiasaan pengeluaran uang, yang ternyata mendapatkan cukup banyak pilihan dari responden. Berikut ini adalah resolusi finansial paling populer pada 2015.

1. Menabung

Ini merupakan hal yang paling banyak dijadikan resolusi (55 persen). Menabung juga sangatlah mudah dilakukan, bahkan lebih mudah daripada resolusi menurunkan berat badan atau berhenti merokok karena tidak membutuhkan usaha yang berlebih. Seharusnya, menabung tidaklah perlu dijadikan sebuah resolusi, tapi sebuah kewajiban, sebab ada banyak manfaat yang diterima dari hasil tabungan tersebut, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Jika ternyata pada tahun 2015 Anda mendapatkan penghasilan tambahan, tentu proses menabung dan hasil tabungan Anda semakin mudah dan banyak.

2. Membayar Utang

Membayar utang merupakan resolusi finansial paling populer nomor dua dengan 20 persen. Siapa sih yang ingin terus-terusan terlibat utang? Tentu saja tidak ada yang mau. Karena itu, sebelum bunga utang semakin banyak, semakin cepat dilunasi tentu akan semakin baik. Lunasi dulu utang dengan buang yang tertinggi, baru lunasi sisanya. Jika berutang dengan kartu kredit, usahakan untuk membayar lebih dari batas minimum payment tiap bulannya.

3. Berhemat

Resolusi nomor satu dan dua di atas tidak akan berhasil tanpa resolusi nomor tiga, yakni berhemat. Sekitar 17 persen responden menyatakan ingin berhemat pada tahun 2015 ini. Dari responden yang disurvei, generasi baby boomers (atau yang lahir sebelum tahun 1962) merupakan yang paling banyak memiliki resolusi untuk berhemat pada 2015. Hal itu wajar saja mengingat saat ini generasi baby boomers sedang memasuki masa pensiun. Sementara itu, generasi millennial (berusia 18-24 tahun) lebih memilih untuk menabung, sebab terkait dengan kebutuhan mereka yang cukup banyak, antara lain untuk jalan-jalan atau membeli suatu barang.

4. Mencari pendapatan tambahan

Untuk dapat menabung lebih banyak serta membayar utang lebih cepat, tentu Anda harus memiliki pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Karena itu, mencari pendapatan tambahan menjadi resolusi yang cukup banyak dilakukan. Mencari pendapatan tambahan ini bisa dengan cara mencari pekerjaan sampingan atau membuat sebuah usaha dengan modal yang sangat minim. Alternatif lain dari mencari pendapatan tambahan adalah mencari pekerjaan lain dengan gaji yang lebih tinggi.

5. Investasi pada diri sendiri

Resolusi terakhir yang juga banyak diminati pada tahun 2015 adalah investasi, yakni investasi pada diri sendiri. Investasi pada diri sendiri ini berupa penambahan ilmu pengetahuan atau kemampuan dengan cara mengikuti kursus atau les. Dengan memiliki kemampuan tambahan, Anda pun bisa melamar pekerjaan lain dengan gaji yang tinggi atau meminta kenaikan gaji pada perusahaan Anda saat ini.

Selain menyatakan resolusi finansial pada 2015, ada baiknya Anda mengetahui juga prediksi perubahan finansial dan ekonomi Indonesia di tahun 2015

Komentar