Jangan Cuma Dibayangkan! Buat Resolusi Karir Tahun 2020 dengan Tips Ini

Jangan Cuma Dibayangkan! Buat Resolusi Karir Tahun 2020 dengan Tips Ini

Siapa yang sudah mulai sibuk membuat resolusi tahun depan? Mulai dari resolusi keuangan, kesehatan, atau bahkan kecantikan. Nah, bagaimana dengan resolusi karir? Apakah sudah ada target untuk peningkatan karir tahun depan?

Karena karir berhubungan dengan keuangan serta aspek kehidupan lainnya, maka penting bagi Anda untuk memikirkan hal ini.

Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

Tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Sekedar berbicara dan berbincang mungkin bisa saja dilakukan semua orang. Namun, bagaimana dengan mengkomunikasikan pikiran dan ide di lingkungan kerja.

Ada banyak tips mengenai bagaimana caranya untuk bisa berkomunikasi dengan lebih baik. Salah satunya adalah dengan menuliskan terlebih dahulu. Anda bisa mengurutkannya dengan menjawab pertanyaan berikut.

  1. Apa yang harus diperbaiki, atau tantangan yang harus diatasi?
  2. Apa solusinya?
  3. Bagaimana cara kerjanya?
  4. Apa dampaknya jika dilakukan?

Jadi, jika Anda ingin menyampaikan ide pada atasan atau rekan kerja, tulis terlebih dahulu ide tersebut. Sehingga Anda bisa menyampaikannya secara sistematis.

Perlu diingat, bahwa yang dimaksud dengan berkomunikasi bukan hanya kemampuan berbicara, melainkan juga mendengarkan. Ketika Anda menjadi pendengar yang baik, Anda bisa menawarkan solusi yang tepat nantinya.

Berkomunikasi di lingkungan kerja juga sangat penting untuk menciptakan suasana bekerja yang sehat. Anda dan rekan kerja lainnya akan merasa lebih nyaman jika saling mendengarkan juga didengarkan.

Teruslah mencari ilmu

Meningkatkan ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan, hobi, atau karir impian merupakan hal yang penting.

Saat ini semua hal berjalan dinamis, sehingga kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri akan berguna untuk pengembangan karir. Ingat, jika karir Anda menjadi lebih baik, maka kualitas hidup pun bisa menjadi lebih baik.

Tidak ada salahnya juga menginvestasikan sedikit penghasilan untuk mengikuti pelatihan atau membeli buku. Nantinya, semua manfaat dari ilmu yang dipelajari akan Anda rasakan juga.

Bagi yang ingin mendapat ilmu gratisan, ada banyak platform atau media yang bisa digunakan. Contohnya Medium, Hukum Online, atau bahkan AturDuit. Syaratnya, mau membaca! Jangan gantungkan diri dari penjelasan orang lain. Jadi usahakan untuk selalu membaca sendiri agar Anda bisa memiliki pemahaman yang benar.

Buat target juga untuk tahun depan yang mencakup beberapa hal ini.

  1. Apa yang ingin Anda pelajari?
  2. Bagaimana menguasai atau mendapatkan ilmunya?

Target penguasaan ilmu baru bisa dievaluasi setiap 3 bulan. Sedangkan untuk membaca buku atau artikel, usahakan setiap hari atau minggu ada yang Anda baca.

Perluas jaringan profesional

Platform media sosial dan Linkedin sangat berguna jika Anda memiliki keinginan untuk memperluas jaringan profesional.

Tidak hanya Anda secara pribadi, kantor Anda juga pastinya membutuhkan pihak lain untuk melancarkan pekerjaan. Baik itu agensi kreatif, influencer, tenaga freelance, sampai pihak-pihak yang bisa menjadi klien.

Ikuti grup profesional yang ada di media sosial, atau kelompok-kelompok hobi baik offline maupun online. Anda bisa bertemu siapa saja yang bisa membantu Anda dalam hal pengembangan karir.

Bagi Anda yang membutuhkan media untuk memperlancar pekerjaan Anda, maka jangan ragu untuk terlebih dahulu menghubungi blogger atau content creator untuk menjalin kerjasama. Anda juga bisa menawarkan konten yang Anda buat untuk dipublikasikan di platform mereka.

Untuk melacak kemajuan perkembangan jaringan Anda, coba gunakan cara ini.

  1. Tentukan hari apa saja Anda memeriksa dan mengupdate Linkedin.
  2. Dalam sebulan ini, siapa yang sudah Anda ajak bicara tentang karir dan pengetahuan?

Dengan kesibukan yang menumpuk, terkadang memperluas jaringan tidak menjadi prioritas. Padahal, Anda tidak pernah tahu dari mana datangnya kesempatan berikutnya.

Evaluasi cara kerja

Apakah Anda merasa cara kerja Anda selama ini tidak efektif?

Kalau iya, coba evaluasi kembali cara Anda melakukan pekerjaan. Apakah sudah efisien? Apakah membantu Anda dalam memenuhi target dari perusahaan?

Catat semua yang menjadi tanggungjawab dan tugas Anda, serta apa saja tantangannya. Ubah cara kerja Anda agar bisa lebih efisien dalam menyelesaikan tugas. Baik itu dengan manajemen waktu yang lebih baik, atau menambah perangkat lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Misalnya, gunakan fitur sticky note pada perangkat gadget Anda untuk membuat daftar tugas yang harus diselesaikan dalam sehari. Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk mencatat semua permintaan dari departemen atau rekan kerja lain agar tidak lupa.

Jika Anda membutuhkan kerjasama dari tim dan atasan untuk membuat alur kerja yang lebih efisien, maka buatlah catatan ide dan solusi sebelum mengkomunikasikannya.

Katakan sejujurnya apa kendala yang Anda rasakan dengan alur kerja sekarang, dan apa yang sekiranya bisa membantu pekerjaan bersama.

Temukan karir impian Anda

Setiap orang memiliki definisi sukses yang berbeda. Pun dalam karir, tidak semua orang memimpikan hal yang sama.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sejenak berefleksi dan menemukan apa karir impian Anda. Atau setidaknya, coba tanyakan pada diri sendiri kondisi pekerjaan seperti apa yang Anda inginkan.

Memang pada awal-awal bekerja kita seringkali berhadapan dengan situasi di mana kita tidak dapat memilih pekerjaan. Namun, setelah beberapa tahun bekerja, Anda pasti ingin memiliki karir sebagaimana yang diimpikan.

Jadi, sebelum 2020 menyapa, buat rencana pengembangan karir untuk masa depan Anda. Pastikan Anda memiliki target baru setiap 4 atau 3 bulan. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah melacak progres resolusi karir tahunan.

Pola hidup seimbang

Apapun resolusi karir Anda di tahun 2020, semuanya hanya bisa tercapai jika Anda sehat. Oleh karena itu, jaga kesehatan dengan pola hidup seimbang.

Mulai dengan minum air putih secara teratur, makan teratur, berolahraga, lekukan hobi, dan kalau perlu miliki polis asuransi kesehatan tambahan. Dengan demikian, Anda bisa menjalani aktifitas dengan tenang karena kebutuhan kesehatan Anda terpenuhi.

Pola hidup yang tidak seimbang bukan hanya mengganggu pekerjaan, melainkan juga akan mengganggu keuangan.

Sebagai referensi, berikut kami hadirkan tips untuk mengurangi stres dengan benar sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang karena sakit yang dipicu stres.

Komentar