Rumah DP 0 Rupiah Akan Mulai Dibangun Di Pondok Kelapa

Rumah DP 0 Rupiah Akan Mulai Dibangun Di Pondok Kelapa

Janji kampanye yang dilontarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai diwujudkan. Hal ini ditandai dengan penyediaan rumah tanpa uang muka (DP 0 rupiah). Proses peletakan batu pertama untuk rumah susun DP 0 rupiah ini dilakukan di Klapa Village, Jakarta Timur.

Rumah susun yang akan dibangun ini bertempat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Nantinya bangunan ini akan terdiri dari dua tower. Tahap pertama akan dibangun satu tower yang berisi 703 unit. Unit-unit ini terdiri dari 513 unit dengan tipe 36 seharga Rp 320 juta per unit. Sedangkan tipe 21 dijual dengan harga Rp 185 juta per unit, dan berjumlah 195 unit.

Anise juga menyebutkan bahwa bagi warga Jakarta yang hendak membeli rumah ini harus memiliki penghasilan di bawah Rp 7 juta per bulannya. selain itu calon penghuni juga tidak boleh memiliki rumah sebelumnya dan rumah yang dibeli nantinya tidak boleh dipindahtangankan.

“Kalaupun pindah tangan harus ke warga yang tidak mampu juga,” kata Anies di Jakarta.

Untuk besaran cicilan dan detail lama proses pembayaran, Anies mengaku belum bisa memberikan rinciannya. Menurutnya, mekanisme pembelian ini nantinya sudah termasuk skema pembayaran cicilan. Skema ini akan dibuatkan oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Nanti akan dibuatkan skema oleh BLUD. Yang cicilannya 7 tahun, 10 tahun, 15 tahun, dan lain-lain akan dibuatkan di situ. Jadi tidak seragam. Justru dengan cara begitu maka warga bisa mencicil sesuai dengan kemampuan,” ungkapnya.

Anies juga menambahkan bahwa untuk besaran cicilan, pastinya nanti akan disesuaikan dengan kemampuan warga.

“Kalau besaran cicilan itu tergantung pada Anda mau bayar berapa lama,” tuturnya.

BLUD nantinya akan menjadi pihak yang mengelola proses pendaftaran untuk warga yang hendak membeli rumah dengan DP 0 rupiah ini.

“Mudah-mudahan bulan April kita sudah selesai BLUD-nya,” kata Anies.

 

[Source]

 

Komentar