Saatnya Gunakan Rumus LLC Untuk Mencari Rumah

rumah

Anda yang sedang mencari rumah, pasti memiliki sejumlah kriteria sebagai patokan. Yang paling jamak adalah, apakah harganya sesuai dengan kemampuan keuangannya atau tidak. Berikutnya, barulah turun ke kriteria berikutnya seperti lokasi yang mencakup jauh-dekatnya dari tempat kerja, banyak-sedikitnya akses transportasi atau moda transportasi yang tersedia menuju tempat kerja, dan seterusnya.

Kalau pertimbangan membeli properti adalah hal yang sangat personal, maka dari sisi produknya sendiri, terdapat sejumlah parameter penentu nilai yang akan membuat harga properti tersebut dinilai wajar atau tidak. Parameter penentu nilai ini, sejak lama dikenal dengan pakem, kepercayaan atau kredo yang terdiri atas 3 hal yakni lokasi, lokasi dan lokasi.

Namun, seiring dengan semakin terbatasnya lahan di lokasi strategis karena pesatnya pembangunan rumah baru, namun tidak diikuti dengan kecepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum yang sejalan, maka pakem LLL ini pun tidak relevan lagi.

Menurut Andreas Audyanto, keterbatasan dalam hal lokasi harus diatasi dengan konsep yang bagus dan memenuhi kebutuhan akan rasa nyaman, aman dan praktis buat konsumen.

‘Bagaimana menjadi developer tidak hanya menjual rumah, tidak hanya menjual kenaikan value, tetapi juga kwalitas kehidupan yang semakin dibutuhkan konsumen. Saat ini, banyak developer yang mulai melupakan itu. Makanya saya tambahkan elemen konsep sehingga rumusannya menjadi, location, location and concept,’ ujar Audy.
Konsep yang dimaksud adalah, bagaimana keunikan dari sebuah produk yang tidak hanya membedakannya dari produk lainnya, tetapi juga benar-benar dibutuhkan oleh penghuninya. Misalnya, ada perumahan yang mengusung konsep smart and green home (rumah hijau) sekaligus. Semua orang pasti membutuhkan dua aspek itu.

‘Jadi, kalaupun lokasinya tidak terlalu bagus pun, produk tersebut masih memiliki nilai lebih yang lain, yakni konsepnya tadi,’ tutup Audy yang juga Promotion & Marketing Director PT Surya Agung Realty ini.

Penulis /Foto : Ferdinand Lamak

Sumber : rumah123.com

Komentar