Saham Facebook Melemah Akibat Isu Penggunaan Data Untuk Politik

Saham Facebook Melemah Akibat Isu Penggunaan Data Untuk Politik

Saham milik perusahaan Facebook Inc mengalami pelemahan pada perdagangan hari Rabu minggu lalu (21/3/2018). Hal ini dikutip oleh detikFinance dari perdagangan di National Association of Securities Dealers Quotations (NASDAQ).

Bahkan pada hari yang sama saham Facebook sempat jatuh 4,41 dollar AS (2,56%) ke angka 168,15 dollar AS. Sempat pula tercatat saham berada di angka 170,20 dollar AS dan terendah di 161,95 dollar AS.

Pelemahan ini sudah terjadi sejak awal perdagangan. Dimana saat pembukaan posisinya sudah berada di angka 167,47 dollar AS. Merosot 5,09 dollar AS dibandingkan angka pada penutupan di hari sebelumnya yaitu 172,56 dollar AS.

Pada dasarnya pelemahan saham Facebook sudah terjadi sejak pada tanggal 19 Maret 2018 lalu. Pada saat itu saham Facebook ada pada level 185,15 dollar AS.

Sentiment negatif mengenai penggunaan data pengguna Facebook untuk politik ini yang menjadi penyebab melemahnya saham perusahaan. Pada akhirnya, para investor secara beramai-ramai melepas sahamnya untuk menghindari risiko.

CNNMoney melansir bahwa pada hari Rabu minggu lalu, pihak parlemern Inggris dan pembuat kebijakan di Amerika Serikat memanggil CEO Facebook Mark Zuckenberg untuk dimintai keterangan terkait isu ini.

Walaupun ketakutan para investor terlihat jelas, namun saat ini Zuckenberg belum memberi keterangan apa-apa pada publik.

Jika ketakutan para investor tetap terjadi, maka harga saham perusahaan akan makin jatuh. Saham Facebook akhirnya ditutup melemah 2,5 % pada perdagangan hari Selasa minggu lalu, setelah jatuh sebanyak 6% pada perdagangan intraday.

 

[Source]

Komentar