Polri Gandeng BRI Untuk Wujudkan Samsat Online Nasional

Polri Gandeng BRI Untuk Wujudkan Samsat Online Nasional

Kerjasama antar Polisi Republik Indonesia (Polri) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menguat lewat Samsat online.

Samsat Online Nasional sendiri merupakan sebuah kerjasama yang melibatkan Tim Pembina Samsat Nasional, Lembaga Keuangan Perbankan, Pemerintah Provinsi, Bank Pembangunan Daerah, dan Bank Swasta Nasional.

Kerja sama ini merupakan wujud keseriusan BRI dalam memberikan layanan perbankan yang profesional kepada Polri dan masyarakat yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” jelas Corporate Secretary BRI, Hari Siaga, dalam salah satu siaran pers.

Dengan adanya inovasi dari Samsat ini, maka pelayanan pembayaran penerimaan negara bisa dilakukan secara online melalui jaringan e-channel BRI.

Bentuk kerjasama yang melibatkan jaringan BRI ini diantaranya adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Pengesahan STNK.

Launching Samsat Online Nasional ini merupakan agenda dalam rangkaian acara Workshop Fungsi Lalu Lintas Polri 2017 yang diberi tema “Modernisasi Polantas sebagai Implementasi Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan Menuju Polantas yang Promoter”.

Pada tahap awal, Samsat Online Nasional dikembangkan untuk wilayah Jawa dan Bali. Untuk ke depannya, layanan ini akan dioperasikan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami ingin semua lapisan masyarakat dapat menikmati kemudahan pembayaran pajak, SWDKLLJ, dan pengesahan STNK secara online melalui sistem perbankan BRI,” tambah dia.

Dengan layanan Samsat Online Nasional ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat dan praktis. Pembayarannya pun bisa melalui jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Link BRI atau menggunakan internet banking BRI.

Hari juga menambahkan bahwa peluncuran Samsat Online Nasional juga memberi kesempatan pada perseroan untuk berperan aktif dalam peningkatan kulitas layanan publik, baik dalam hal penerimaan pajak maupun Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Indonesia.

BRI sendiri memiliki jaringan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia yaitu berupa 10.660 kantor, 467 kantor cabang, 609 kantor cabang pembantu, tiga Teras kapal dan 357.679 jaringan e-channel. Dengan demikian, masyarakat dapat menjangkau layanan Samsat dengan lebih leluasa.

BRI juga menyatakan komitmennya untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan program pajak dengan memberi kemudahan pada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran baik di pusat maupun daerah.

Acara peluncuran ini juga dihadiri oleh Direktur Kredit Menengah, Korporasi & BUMN BRI Kuswiyoto serta sejumlah pejabat teras dari lingkungan Mabes Polri di Hotel Mercure.
[Source]

Komentar