Haruskah Asuransi Kesehatan Anak Menjadi Prioritas Finansial Anda?

Haruskah Asuransi Kesehatan Anak Menjadi Prioritas Finansial Anda?

Semua manusia butuh proteksi atau perlindungan. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih di saat kondisi tubuh melemah dan mengalami serangan penyakit. Jika sudah demikian, ada kalanya penyakit membuat kantong kering karena mengharuskan kita berobat bahkan sampai harus menginap di rumah sakit. Di saat itulah baru muncul kesadaran bahwa asuransi kesehatan teramat penting untuk menanggulangi biaya-biaya tertanggung. Sama halnya dengan orang dewasa, asuransi kesehatan juga teramat penting bagi anak-anak.

Apa itu asuransi kesehatan?

Pada umumnya, asuransi kesehatan memberikan penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit atau kecelakaan. Besarnya penggantian sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan rencana asuransi yang diambil.

Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan fasilitas asuransi kesehatan. Berdasarkan klaim manfaatnya, asuransi kesehatan ini dibagi menjadi dua.

1. Asuransi kesehatan sistem cashless

Cashless adalah salah satu sistem asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi menyediakan sebuah kartu yang dapat digunakan pemegang polis untuk membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu. Karena itu, sistem Cashless mengurangi kekhawatiran pemegang polis karena tidak memiliki cukup uang untuk membayar biaya rumah sakit. Pembayaran tambahan apa pun yang harus digantikan kepada perusahaan asuransi dapat diajukan di kemudian hari.

2. Asuransi kesehatan sistem reimbursement

Beda dari sistem Cashless, sistem Reimbursement tidak menggunakan kartu sama sekali dan mengharuskan pemegang polis untuk membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu dengan uang mereka sendiri. Pemegang polis baru dapat mengklaim biaya rumah sakit dan manfaat-manfaat asuransi kesehatan lainnya setelah keluar dari rumah sakit.

Mengapa Anda membutuhkan asuransi kesehatan anak?

Tidak hanya Anda, anak-anak Anda juga berhak mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang layak. Oleh karenanya, kehadiran asuransi kesehatan untuk anak sangatlah penting.

Berikut adalah beberapa alasan, mengapa Anda harus menyediakan asuransi kesehatan untuk anak.

1. Anak-anak lebih rawan terserang penyakit

Sebagai orang tua, Anda harus mempersiapkan biaya kesehatan untuk anak-anak. Hal ini karena pada umumnya, anak-anak memang rawan sakit.

Ketersediaan dana untuk perawatan kesehatan harus menjadi prioritas. Selain untuk berobat, kesehatan gigi juga harus menjadi perhatian para orang tua.

Pada masa pertumbuhan, gigi anak juga akan tanggal satu per satu untuk diganti dengan gigi dewasa. Jadi, persiapan dana untuk perawatan gigi sangat bukanlah hal yang bisa diabaikan.

2. Jaminan imunisasi

Pada tahun pertama anak, mereka harus mendapatkan imunisasi. Jadi, pastikan asuransi kesehatan anak juga memungkinkan Anda untuk klaim manfaat ini. Penting untuk diingat bahwa imunisasi penting untuk kesehatan anak-anak Anda di masa mendatang.

Ada jenis imunisasi wajib yang ditanggung oleh pemerintah atau gratis. Imunisasi ini bisa Anda dapatkan di Posyandu atau Puskesmas.

Sedangkan untuk jenis imunisasi tambahan, di antaranya vaksin HPV, influenza, tifoid, tidak ditanggung pemerintah. Jadi, pastikan Anda mendapat keterangan yang jelas dari asuransi mengenai manfaat imunisasi.

Karena sebenarnya ada asuransi kesehatan anak yang mau memberikan jenis klaim ini.

3. Menjaga aliran dana

Sama seperti menabung, memiliki asuransi juga melindungi uang Anda dari kebutuhan darurat. Jadi, Anda tidak perlu panik mencari dana tambahan saat buah hati sakit.

Kebutuhan keluarga masih banyak, sehingga strategi pengelolaan keuangan juga harus benar-benar dipikirkan. Apalagi saat anak bertambah besar mereka akan memiliki lebih banyak kegiatan.

Jadi mempersiapkan dana untuk kebutuhan darurat sejak dini adalah keputusan keuangan yang bijak.

Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan anak terbaik?

1.   Memilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Karena ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas asuransi kesehatan anak saat ini, sangat penting untuk memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya. Perusahaan asuransi yang dapat dipercaya harus sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, perusahaan asuransi yang terpercaya juga dapat memberikan layanan yang bagus dan berkualitas, mulai dari agen asuransi yang profesional, perjanjian asuransi, sampai dengan harga premi dan manfaat asuransi kesehatan.

2.   Harga premi sesuai dengan budget

Pilih asuransi kesehatan anak yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Sudah disarankan agar harga premi yang Anda bayar untuk asuransi kesehatan tidak melebihi 15% dari pendapatan bulanan Anda, apalagi untuk membayar asuransi kesehatan anak. Idealnya plafond asuransi kesehatan yang dipilih sesuai keinginan. Sesuaikan premi dengan kemampuan, jangan malah memberatkan keuangan Anda

3.   Manfaat asuransi yang lengkap

Setiap perusahaan asuransi menawarkan manfaat asuransi kesehatan anak yang berbeda. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan manfaat rawat inap, ada juga yang menawarkan manfaat rawat inap dan rawat jalan. Sebaiknya untuk asuransi kesehatan anak, pilih asuransi kesehatan yang menjamin rawat inap karena berbiaya besar, dan juga vaksinasi untuk balita karena itu kebutuhan kesehatan yang sangat penting.

Namun, setiap anak memerlukan manfaat dan proteksi asuransi kesehatan yang berbeda. Misalnya, jika anak Anda sudah memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, atau jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit keturunan, maka anak Anda mungkin memerlukan proteksi dan manfaat asuransi kesehatan yang lebih banyak. Pastikan Anda memilih asuransi kesehatan anak yang memiliki manfaat yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda, serta harga premi yang sesuai dengan kantong Anda.

4.   Jaringan rumah sakit yang luas

Perusahaan asuransi yang mempunyai jaringan rumah sakit yang luas tidak hanya dapat memberikan manfaat sistem pembayaran ‘cashless’, tetapi juga penting untuk memilih perusahaan asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas karena Anda tidak dapat memperkirakan kapan dan di mana juga anak Anda mungkin memerlukan bantuan medis!

5.   Cara pembayaran yang sesuai

Sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang menerima sistem pembayaran dengan kartu (Cashless) dan bukan sistem penagihan (Reimbursement) untuk mempermudah Anda. Saat masuk rumah sakit, Anda tidak perlu membayar, namun cukup menyelesaikan tagihan dengan menggesek kartu asuransi.

Pastikan Anda tidak salah mengambil pilihan asuransi kesehatan dengan membaca 10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Komentar