Siap Memperpanjang Polis Asuransi Mobil Anda?

polis asuransi mobil

Sebelum melakukan peninjauan atas kebijakan polis Anda yang masih berlaku, Anda perlu menganalisis kondisi pasar untuk mengetahui perkembangan terkini di dunia asuransi

Salah satu dari banyak ketidakpahaman yang dialami nasabah asuransi mobil Anda masalah perpanjangan polis asuransi mobil. Sebagian perusahaan asuransi menerapkan sistem auto-renewal atau perpanjangan otomatis pada polis asuransi nasabah mereka. Sepintas sistem ini tampak mudah karena Anda tidak perlu repot-repot memperbarui dokumen polis asuransi Anda, tetapi kekurangan sistem ini adalah Anda tidak dapat mengubah kebijakan yang telah ditetapkan dalam polis Anda.

Untuk mengantisipasi masalah di atas, berikut penjelasan mengenai persiapan perpanjangan polis asuransi mobil yang bisa membantu Anda untuk tidak salah langkah.

Kebijakan Polis Saat Ini

Minimal 1 atau 2 bulan sebelum periode polis Anda berakhir, Anda perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Apakah ada premi yang belum  Anda bayarkan? Koordinasi mengenai hal ini perlu dilakukan dengan Unit Kerja terkait di perusahaan asuransi Anda.
  2. Apakah pertanggungan atau jaminan dalam polis yang masih berlaku sudah merupakan yang terbaik bagi Anda dengan kondisi pasar saat ini? Jika belum, Anda dapat meminta tambahan perluasan jaminan dalam penawaran program perpanjangan polis periode berikutnya.
  3. Apakah nilai kendaraan Anda sebagai obyek pertanggungan tidak mengalami perubahan, baik penambahan maupun pengurangan? Hal ini perlu disampaikan pada perusahaan asuransi karena ada kemungkinan Anda bisa mendapat potongan harga pada periode berikutnya.
  4. Apakah masih ada kasus klaim yang belum terselesaikan dan menghubungi perusahaan asuransi mengenai percepatan penyelesaian klaim tersebut.

Merancang Ulang Polis Anda

Sebelum melakukan peninjauan atas kebijakan polis Anda yang masih berlaku, Anda perlu menganalisis kondisi pasar untuk mengetahui perkembangan terkini di dunia asuransi. Berdasarkan evaluasi data yang dikumpulkan, selain meminta informasi tentang program perpanjangan polis, Anda juga berhak meminta penutupan untuk perluasan jaminan tertentu yang tidak lagi Anda perlukan, atau bahkan penutupan seluruh pertanggungan Anda jika Anda ingin berganti perusahaan.

Tetap setia dengan perusahaan asuransi Anda saat ini atau berganti ke perusahaan lain sepenuhnya merupakan keputusan Anda. Tentunya keputusan ini didasari atas kesadaran bahwa perusahaan asuransi yang dipilih harus memenuhi kriteria, diantaranya reputasi, kredibilitas, pengalaman dan tenaga ahli, kapasitas, pemodalan, komitmen manajemen, pelayanan klaim, serta kriteria terkait lainnya. Konsekuensinya, kinerja dan layanan perusahaan asuransi Anda saat ini juga perlu dipertimbangkan.

Begitu Anda mendapat sebuah nama perusahaan tempat Anda ingin memperpanjang polis asuransi Anda, data dan informasi tentang jaminan yang telah Anda kumpulkan harus disampaikan atau diusulkan pada perusahaan asuransi tersebut. Segera setelah perusahaan asuransi menyetujui usulan perpanjangan asuransi Anda, penawaran program perpanjangan asuransi secara resmi akan dikirimkan pada Anda.

Presentasi dan Negosiasi

Meskipun perusahaan asuransi membuat penawaran sesuai dengan usulan Anda, ada kalanya mereka menambahkan penawaran atas produk yang tidak Anda minta. Oleh karena itu, pembahasan program perpanjangan asuransi masih diperlukan untuk memastikan jenis pertanggungan, perluasan jaminan, besaran premi, dan detil-detil lainnya. Jika ada bagian-bagian tertentu yang tidak Anda setujui, perusahaan asuransi akan melakukan negosiasi ulang dengan Anda.

Instruksi Penutupan

Jika Anda memutuskan untuk berpindah pada perusahaan asuransi lain, setelah negosiasi perpanjangan polis berhasil, Anda harus memberikan instruksi penutupan asuransi kepada perusahaan asuransi Anda sebelumnya. Konfirmasi secara tertulis diperlukan untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

Dokumentasi Polis Baru

Pantau proses penerbitan dokumen perpanjangan polis. Setelah diterima, Anda perlu meneliti terlebih dahulu apakah syarat dan ketentuan pertanggungan yang tercantum dalam polis telah sesuai dengan syarat dan ketentuan pertanggungan yang telah disepakati. Setelah seluruh dokumen polis dipastikan benar, perusahaan asuransi akan segera mengirimkan dokumen ini beserta nota premi baru kepada Anda. Sesuai ketentuan perundangan, perlu diterbitkan Surat Penunjukan dan Standar Pelayanan Broker Asuransi yang harus ditandatangani oleh Anda. Berdasarkan nota premi yang baru tersebut, Bagian Keuangan & Administrasi dapat mulai melakukan penagihan premi kepada Anda.

Jadi untuk mendapatkan asuransi mobil terpercaya dan termurah serta aplikasi onlinenya, silahkan periksa di AturDuit Indonesia.

Komentar