Smart Home, Konsep Rumah Masa Depan Di Indonesia

Rumah pintar masa depanBeberapa dekade lampau, properti rumah tapak merupakan jenis rumah yang umum dibangun. Hal itu bisa dilihat pada rumah-rumah tua yang besar dan memiliki halaman yang cukup luas, serta umumnya hanya berlantai satu. Seiiring perkembangan zaman, sekitar satu atau dua dekade terakhir, tren rumah tinggal berupa apartemen mulai banyak digemari. Semakin banyak hunian vertikal yang dibangun oleh pengembang, terutama di kota-kota besar yang lahannya terbatas. Meskipun hunian vertikal semakin digemari, rumah tapak tetap laris dijual. Bahkan, ke depannya rumah tapak akan semakin canggih dengan mulai diperkenalkannya Smart Home, yang merupakan konsep rumah canggih di masa depan.

Saat ini konsep Smart Home memang belum banyak diadopsi karena tidak semua orang mengerti dan membutuhkan fungsi yang ditawarkan. Namun, dengan berbagai kemudahan yang dimiliki, konsep Smart Home tampaknya akan laris dijual di masa depan. Lalu, apa sajakah fasilitas rumah pintar tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Smart Home

Ingin menghidupkan AC sepulang kerja? Atau meredupkan lampu tanpa bangun dari sofa ruang keluarga? Dengan Smart Home, atau biasa disebut juga dengan rumah pintar, Anda bisa melakukannya dengan hanya menekan tombol pada ponsel pintar Anda. Konsep rumah pintar adalah sebuah sistem teknologi yang dapat membantu dan mempermudah penggunanya untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer.

Rumah dengan konsep rumah pintar artinya beberapa fungsi di dalam rumah terintegrasi ke dalam satu perangkat elektronik, seperti sebuah remote atau ponsel pintar. Misalnya saja, Anda dapat menghidupkan atau mematikan lampu tanpa harus menekan tombol yang ada di dinding, melainkan bisa melakukannya sambil tiduran di kasur menggunakan remote atau ponsel pintar. Hanya dari satu remote atau ponsel pintar, Anda dapat mengatur hampir seluruh perangkat elektronik di rumah Anda. Tujuan utama dari penggunaan konsep rumah pintar ini adalah untuk mempermudah kendali atas rumah Anda, serta untuk lebih efektif dan efisien dalam pemakaian energi listrik. Apa sajakah perangkat elektronik yang dapat diintegrasikan ke dalam rumah pintar?

Penggunaan

Rumah pintar dapat mengendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar infra merah, remote, atau melalui ponsel pintar. Beberapa penerapan rumah pintar yang dapat dilakukan antara lain:
1. Mengatur suhu AC
2. Menyalakan dan mematikan AC
3. Membuka dan menutup pintu rumah atau garasi
4. Menyalakan dan mematikan lampu
5. Menggeser gorden
6. Menyalakan TV

Selain untuk mengaktifkan dan mematikan beberapa perangkat elektronik, konsep rumah pintar juga dapat meningkatkan keamanan di rumah dengan cara memberi penghuninya bila terjadi suatu keadaan bahaya. Karena itu, rumah pintar juga dilengkapi dengan:

1. Deteksi asap
2. Deteksi api
3. Deteksi gerakan
4. Deteksi kebocoran gas
5. Deteksi keretakan kaca
6. Memantau CCTV

Smart home dapat diinstal menyeluruh di tiap ruangan. Namun, jika budget terbatas, Anda masih bisa mengaplikasikannya di ruang-ruang tertentu saja, misalnya mengecualikan kendali lampu kamar mandi. Tak hanya rumah baru yang dapat menggunakan teknologi rumah pintar, tapi rumah lama pun dapat ditanamkan teknologi ini.

Tak hanya untuk dijadikan tempat tinggal, Smart Home juga cocok untuk investasi. Inilah alasan mengapa investasi properti semakin meningkat

Komentar