Dari Yang Gratis Sampai Mahal, Ini 7 SSB Terkenal Di Indonesia

Dari Yang Gratis Sampai Mahal, Ini 7 SSB Terkenal Di Indonesia

Sepak bola masih menjadi cabang olahraga yang paling digemari di Indonesia. Bukan hanya sebagai hobi, sepak bola juga menjadi karir impian bagi banyak anak-anak. Tidak mengherankan kalau sekolah sepak bola (SSB) banyak tersedia di negeri ini.

Semua SSB ini mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar. Bahkan perusahaan besar seperti Danone memfasilitasi turnamen antar SSB di seluruh Indonesia. Ke depannya bibit pemain terbaik dari SSB inilah yang akan mengisi tim nasional Indonesia di Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kali ini kami akan memberikan referensi SSB di berbagai daerah di Indonesia dengan gratis iuran, hingga dengan iuran per pekan yang mahal. Dari daftar ini, Anda bisa melihat bahwa SSB di luar area Jakarta memang memiliki harga iuran yang lebih murah.

SSB Sandeq Polman

Iuran: Gratis

Lokasi: Sandeq Polman, Sulawesi Barat

Jika Anda mengikuti ajang Aqua Danone Nation Cup, pastinya tidak asing dengan Sekolah Sepak bola Sandeq Polman.

Tim sepak bola dari SSB Sandeq Polman ini mampu menunjukkan kualitasnya saat ajang nasional ini dengan menjadi wakil dari Sulawesi Barat pada Aqua Danone Nation Cup 2014.  Yang menarik, SSB berprestasi ini tidak memungut biaya dari siswa-siswanya.

Sekolah ini didirikan sejak 2002 atau yang disebut sebagai masa Ahmad Sukri. Pada masa ini pula bintang sepak bola nasional Irsyad Aras memulai masa latihannya. Nantinya, Irsyad Aras ikut memperkuat PSM Makassar selama enam tahun.

Saat ini klub PS Sandeq Polman sebagai masih aktif menciptakan pemain-pemain amatir yang nantinya dapat ditransfer ke klub sepak bola profesional.

Real Madrid Social School (RMSS)

Iuran: Gratis

Lokasi: Banjarmasin dan Sidoarjo

Pada dasarnya sekolah sepak bola yang dinaungi Yayasan Real Madrid tidak bertujuan untuk mencari keuntungan atau membentuk pemain sepak bola profesional. Sekolah ini didirikan untuk membantu anak-anak dalam proses penyembuhan trauma akibat bencana.

Oleh karenanya sekolah sepak bola RMSS ini didirikan di kota-kota yang pernah mengalami bencana atau krisis sosial. Diantaranya adalah Aceh yang pernah dilanda tsunami, Yogyakarta yang pernah mengalami gempa bumi, serta Sidoarjo yang mengalami bencana akibat luapan lumpur.

Namun berdasarkan hasil audit yang dilakukan oleh pihak Real Madrid dan auditor independen, empat sekolah di Aceh, Jayapura, dan Yogyakarta harus ditutup. Saat ini, hanya RMSS di Banjarmasin dan Sidoarjo yang masih beroperasi.

Pihak RMSS tidak memungut biaya pada anak-anak binaannya. Namun bagi anak-anak yang berasal dari keluarga mampu, kira-kira 60% dari keseluruhan siswa, membayarkan sumbangan pada sekolah ini. Sedangkan sisanya, yang berasal dari keluarga kurang mampu, bisa menikmati pelatihan sepak bola secara gratis.

SSB Bina Putra Denpasar

Iuran: Biaya masuk Rp 50.000 sampai Rp 100.000 tambah iuran per sesi

Lokasi: Denpasar, Bali

Walaupun masih terbilang muda, Sekolah Sepak Bola Bina Putra sudah mampu menjadi kebanggaan untuk kota Denpasar. SSB ini berdiri tepatnya pada tanggal 19 Januari 2014.

Dalam jangka tiga tahun, SSB Bina Putra Denpasar sudah berhasil mewakili Provinsi Bali dalam turnamen tingkat nasional untuk pertandingan sepak bola usia anak-anak tahun 2017. Dimana turnamen ini diikuti oleh 12 tim dari SSB di seluruh Indonesia yang sudah memenangkan turnamen tingkat daerah di masing-masing provinsi.

Sebagaimana SSB Bina Putra lainnya yang sudah berdiri terlebih dahulu seperti, SSB Bina Putra Selaawi di Garut misalnya, mereka tidak membebankan biaya yang mahal pada anak didiknya. Kisaran harga untuk pendaftaran Rp 50.000 sampai Rp 100.000, ditambah dengan iuran bulanan.

Dengan harga terjangkau ini, anak-anak di Denpasar bisa meniti impian mereka menjadi pemain bola profesional di SSB ini. Hal ini karena SSB Bina Putra Denpasar aktif berpartisipasi dalam kompetisi antar SSB di Denpasar dan Bali.

tim sepak bola anak

Sumber : bolasport.com

Akademi Persib

Iuran: Biaya masuk Rp 1.000.000

Iuran bulanan: Rp 500.000

Lokasi: Graha Persib Bandung, Jawa Barat

Di Indonesia, Anda tidak perlu jadi penggila bola untuk mengakui nama Persib di ajang sepak bola nasional. Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung atau Persib, merupakan klub bola raksasa di Indonesia yang berlaga di ajang nasional seperti Go-Jek Liga. Untuk menjaga generasi pemain sepak bola di Kota Kembang ini, Persib memiliki akademi untuk melatih anak-anak dan remaja.

Akademi sepak bola ini sendiri berdiri berkat kerjasama pihak Persib dan Inter Milan. Para pelatihnya langsung mendapatkan panduan dari pihak Inter Milan. Dimana para calon pelatih Akademi Persib harus lulus kualifikasi dan mendapat pembekalan dari pelatih Inter Milan terlebih dahulu sebelum mengajar anak didiknya.

Memang diakui biaya pendaftaran dan pelatihan di Akademi persib tidaklah murah. Biaya pendaftarannya adalah Rp 1 juta, kemudian iuran bulanannya adalah Rp 500.000.

Namun demikian dengan kualitas pelatih dan fasilitas latihan yang tersedia, harga ini memang sepadan. Apalagi pihak Persib juga akan merekrut pemain- pemain berpotensi dari akademi ini untuk berlaga dalam klubnya.

Jadi bagi para orang tua denga anak berusia 10 sampai 16 tahun yang ingin meniti karir menjadi pemain sepak bola profesional, Akademi Persib merupakan wadah yang tepat.

SSB Liverpool Soccer Academy

Biaya masuk : Rp 1. 750.000

Iuran:  Satu kali pertemuan seminggu Rp 750.000 per bulan

             Dua kali pertemuan seminggu Rp 1.200.000 per bulan

             Tiga kali pertemuan seminggu Rp 1.600.000 per bulan

Lokasi: Wisma Metropolitan I, 15th floor, Jl. Jendral Sudirman, Kav. 29-31, Jakarta 12920      

Selain Inter Milan, klub besar asal Inggris seperti Liverpool juga tidak ingin kehilangan potensi pemain sepak bola muda di Indonesia.

Klub ini melebarkan sayapnya dengan mendirikan sekolah sepak bola di Jakarta. Dengan fasilitas lengkap dan pelatih yang bersertifikasi, tidak mengherankan jika biaya pelatihan di SSB ini tergolong mahal.

Biaya pendaftaran SSB Liverpool adalah Rp 1,75 juta. Sedangkan untuk iuran bulanannya tergantung dari jumlah pertemuan yang diinginkan. Untuk jumlah pertemuan seminggu sekali, biayanya adalah Rp 750.000 per bulan. Pertemuan dua kali seminggu biayanya adalah Rp 1,2 juta per bulan, dan tiga kali pertemuan seminggu biayanya adalah Rp 1,6 juta per bulan. Durasi latihan untuk setiap pertemuannya adalah 2 jam.

SSB Chelsea Soccer School indonesia

Biaya masuk : Rp 1.200.000

Iuran : Rp 880.000 per sesi

Lokasi: Jl.Pantai Indah Barat, Komp. Toho-PIK Blok F no.29, Kamal Muara Jakarta Utara 14470

Sekolah Sepak Bola (SSB) Chelsea FC Indonesia didirikan di Jakarta Utara untuk memfasilitasi anak-anak yang ingin memulai pelatihan sebagai pemain sepak bola profesional.

SSB ini mampu menyediakan fasilitas latihan yang nyaman seperti lapangan latihan yang luas dan pelatih profesional dengan sertifikasi langsung dari FC Chelsea. Jumlah pelatih yang memadai juga memungkinkan sekolah ini untuk menampung banyak anak didik.

Biaya untuk bisa berlatih di sini dipatok per sesi latihan yaitu 1,5 jam. Jadi jika Anda berminat memasukkan anak-anak Anda ke SSB ini, harus menyiapkan uang pendaftaran sebesar Rp 1,2 juta dan biaya per sesi sebesar Rp 880.000.

SSB Arsenal Soccer School indonesia

Biaya masuk : Rp 1.750.000

Iuran:  Rp 2.500.000 sampai Rp 3.500.000 per delapan sesi

Lokasi: Jl Letjen TB Simatupang Kav 22-26 Talavera Office Park 28th Fl, Cilandak Barat

Tidak kalah bergengsinya dari SSB yang dinaungi klub Eropa lainnya, Arsenal juga mendirikan sekolah sepak bola yang beralamat di Ciputat dan Pancoran Jakarta. SSB ini berdiri sejak tahun 2007 dan berhasil memiliki ratusan siswa.

Mengingat niat dari SSB ini untuk memupuk bakat anak muda di dunia sepak bola, SSB Arsenal menerima siswa dengan rentan usia 6 tahun sampai 16 tahun. Fasilitas latihan yang memadai, sekolah ini mampu mewadahi 250 siswa. Selain fasilitas yang lengkap, SSB ini menyamakan kurikulum yang digunakannya dengan kurikulum di akademi sepak bola Arsenal di Inggris.

Bicara tentang uang pendaftarannya, tentu saja tidak murah untuk bisa berlatih di sini. Biaya pendaftarannya adalah Rp 1,75 juta. Sedangkan biaya pelatihannya mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta per delapan sesi. Kemudian durasi per sesinya adalah 2 jam.

Dari pilihan SSB di atas mana yang menurut Anda paling menarik dan menjanjikan untuk karir sepak bola anak-anak Anda?

Walaupun merupakan karir yang menjanjikan di Indonesia, untuk menjadi pemain sepak bola profesional tidaklah cukup berbekal sertifikat dari SSB bergengsi. Latihan yang keras dan keaktifan dalam pertandingan menjadi poin penting untuk bisa dilirik klub sepak bola nasional.

Sebelum berfikir tentang sekolah sepak bola, sekolah formal pastinya menjadi perhatian utama bagi para orang tua. Oleh karenanya, berikut referensi dari kami mengenai pemenuhan biaya pendidikan anak dengan tabungan pendidikan.

Komentar