5 Startup Unicorn Yang Menjadi Tempat Kerja Idaman

5 Startup Unicorn Yang Menjadi Tempat Kerja Idaman

Beberapa tahun belakangan ini, publik Indonesia tidak asing lagi dengan kata “startup”.

Makna dari kata startup sebenarnya adalah bisnis rintisan. Dimana bisnis yang termasuk dalam bisnis startup adalah bisnis yang baru saja dirintis atau dijalankan. Namun dengan menjamurnya bisnis berbasis digital di Indonesia, makna bisnis startup bergeser menjadi bisnis yang berbasis website dan aplikasi.

Kemudian muncul istilah startup unicorn, dimana yang dimaksud dengan istilah ini adalah perusahaan startup yang memiliki performa gemilang. Berikut kami cantumkan lima startup unicorn milik Indonesia sebagai rekomendasi tempat bekerja yang cocok untuk memulai dan mengembangkan diri Anda secara professional dan secara personal.

Go-Jek

www.go-jek.com

Jumlah karyawan: 1.700 (seluruh Indonesia)

Jumlah driver: 250.000 (seluruh Indonesia)

Perusahaan yang bergerak di bidang transportasi ini menyebar luas hampir ke seluruh Indonesia. Tidak hanya sebagai sebuah perusahaan yang sukses, Go-Jek juga dikenal sebagai perusahaan yang menawarkan terobosan baru dan berorientasi sosial.

Pada bulan Mei 2017, Go-Jek mendapatkan kucuran dana dari perusahaan teknologi asal China, Tencent sebesar Rp 16 triliun. Dengan adanya suntikan dana ini, valuasi Go-Jek saat ini mencapai Rp 39,98 triliun.

Go-Jek berdiri pada tahun 2010 sebagai penyedia layanan transportasi dengan menggunakan telepon untuk pemesanannya. Sekarang, Go-Jek memiliki aplikasi yang melayani berbagai kebutuhan. Tidak hanya untuk antar jemput, melainkan juga untuk kebutuhan pengiriman barang, jasa kebersihan, bahkan bisa digunakan untuk membeli pulsa atau paket data internet.

Bekerja untuk Go-Jek mungkin menjadi keinginan banyak anak muda di Indonesia. Perusahaan ini terkenal inovatif dan mereka bahkan tidak mengikuti norma konvensional yang biasa ada pada perusahaan-perusahaan korporat sebelumnya.

Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan oleh detik.com, Aristiwidya Bramantika, Senior Vice President of People and Culture GO-JEK, menjelaskan tentang budaya kerja di Go-Jek yang dinamis. Budaya kerja dinamis ini memungkinkan siapa saja untuk meraih kemajuan dalam karirnya, karena persaingan yang tercipta adalah persaingan sehat antar karyawan. Jadi jangan heran kalau ada anak muda yang sudah memegang jabatan penting di sini.

Selain itu, Go-Jek juga menyediakan beragam fasilitas agar karyawannya tidak terlalu stres di kantor. Salah satu yang menarik adalah adanya arena bermain di markas Go-Jek.

Sebagai sebuah perusahaan yang menekankan kedinamisan dalam hal layanan dan kultur kerja, karyawan Go-Jek dibebaskan untuk datang dan pulang kapan saja asal tugas-tugasnya selesai. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuannya setelah pekerjaan selesai.

Tokopedia

www.tokopedia.com

Jumlah karyawan: 885

Dunia bisnis Indonesia sempat heboh dengan keberhasilan Tokopedia yang menggandeng Alibaba sebagai partner bisnisnya. Tokopedia mendapatkan suntikan dana dari Alibaba sebesar Rp 14,7 triliun.

Perusahaan jual beli online ini merupakan platform jual beli terbesar di Indonesia. Namanya bisa desejajarkan dengan platform daring besar lainnya seperti Lazada dan Blibli.com.

Sebagaimana kultur kerja pada kebanyakan startup, Tokopedia juga membangun kedinamisan untuk kultur kerja di kantornya. Kedinamisan ini membuat suasana kerja sangat akrab antara satu karyawan dan karyawan lainnya. Tidak seperti kebanyakan perusahaan lama dengan kultur konservatif dimana ada senioritas, pihak Tokopedia memberikan kesempatan pada siapa saja dari tingkat jabatan apa saja untuk mengembangkan idenya.

Perusahaan ini juga bahkan menjadi rekomendasi untuk mereka yang mencari lowongan unutk tenaga magang. Di situs Qerja, Tokopedia mendapatkan banyak ulasan positif dari mereka yang pernah magang di sana.

Para tenaga magang ini juga mengakui bahwa Tokopedia merupakan tempat yang baik jika Anda mau belajar tentang berbagai hal. Karena kultur kerja yang tidak kaku, mereka bisa berdiskusi dengan para karyawan senior tentang berbagai hal. Pengembangan kemampuan saat magang ini tentunya penting sebagai bekal mereka dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Hal yang paling menarik juga interior dari kantor Tokopedia yang menarik dan tidak memberikan kesan sebagai tempat kerja yang kaku. Dengan dominasi warna hijau, kantor Tokopedia pun dihiasi dengan tulisan motivasi di dindingnya. Hal ini menambah suasana akrab dan nyaman bagi karyawan.

Suasana kantor yang menarik serta budaya kerja yang saling mendukung, menjadikan Tokopedia mampu menjadi perusahaan startup dengan investasi terbesar di Indonesia. Bisa dibilang, kenyamanan dalam bekerja inilah yang membuat karyawannya menjadi lebih produktif dan inovatif.

Traveloka

www.traveloka.com

Jumlah karyawan: sekitar 1.000

Jika Anda orang Indonesia, pasti kenal yang namanya Traveloka. Situs rujukan traveling nomor satu di Indonesia ini tidak akan sesukses ini tanpa kultur kerja yang mendukung.

Traveloka dikenal memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Hal ini bisa dilihat dari ketersediaan sarapan dan makan siang untuk karyawan. Traveloka juga memberikan asuransi dan jaminan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Mereka bahkan mendapatkan coverage untuk kacamata, dimana fasilitas ini tidak disediakan oleh kebanyakan perusahaan di Indonesia.

Di perusahaan ini kerjasama tim sangat didukung. Alif, seorang karyawan Traveloka, menulis di blognya bahwa setiap tim di Traveloka sering mengadakan acara tim building. Tim building ini bisa berupa makan bersama, atau aktivitas outing. Dengan adanya acara tim building ini, dia mengaku komunikasi antar sesama anggota tim bisa lebih akrab dan mudah.

Tidak dipungkiri bahwa solidnya masing-masing tim dalam paying Traveloka inilah yang menjadi fondasi sukses perusahaan ini.

Layaknya budaya kerja startup yang dinamis, siapapun bisa berkomunikasi lintas jabatan tanpa ada sungkan atau takut. Prosedur untuk mendapatkan surat rekomendasi atau keterangan dari para kepala divisi pun tidak rumit. Hal ini penting, terutama, bagi tenaga junior dan magang di Traveloka.

Kultur yang dinamis ini juga memungkinkan siapa saja untuk banyak mempelajari hal baru. Baik yang berhubungan dengan pekerjaannya, maupun yang tidak. Sehingga siapa saja bisa mengembangkan dirinya secara personal dan professional.

Jika Anda ingin mencari pengalaman di perusahaan startup unicorn, maka Traveloka harus menjadi salah satu pertimbangan. Menurut survey yang dilakukan oleh id.jobplanet.com pada karyawan Traveloka, perusahaan ini mendapatkan 100% untuk dukungan CEO dan 70% untuk potensi pertumbuhan karyawan.

Sale Stock

startupjobs.asia/id/

Jumlah karyawan: 200 orang

Hadir dengan motto “Harga Jujur”, Sale Stock menjadi platform jual beli pakaian wanita terbesar di Indonesia.

Perusahaan multinasional ini berdiri di Indonesia sejak tahun 2014. Sale Stock menjadi besar karena mereka menjual pakaian dengan kualitas tinggi namun dengan harga murah. Pastinya semua pakaian ini merupakan produksi dalam negeri. Konsep inilah yang membuat banyak orang memilih berbelanja di Sale Stock daripada harus ke mall dan membayar mahal untuk barang yang sama.

Selain progress perusahaan yang menjanjikan, Sale Stock juga memiliki keunggulan dalam pengelolaan karyawannya. Salah satu hal yang dilakukan adalah acara Townhall Meeting yang diadakan sebulan sekali dengan tema khusus. Dimana karyawan akan mengenakan kostum sesuai dengan tema yang diusung. Selain itu, Sale Stock juga menyediakan ruang bermain untuk karyawan. Fasilitas ini membantu karyawan melepaskan tekanan kerja sejenak, apalagi bagian layanan konsumen mereka harus bekerja dengan sistem shift.

Menurut beberapa karyawan Sale Stock dalam blognya, mereka mengaku menikmati bekerja di perusahaan ini. Suasana ramah yang terjaga, juga kesempatan untuk mempelajari hal baru dari pekerjaannya menjadikan mereka tidak bosan untuk bekerja dan belajar di sini.

Mereka juga mengatakan bahwa Sale Stock menekankan kerja tim yang solid. Dimana semua orang dalam tim bisa membantu pekerjaan temannya dan saling mendukung jika ada permaslahan.

Perusahaan ini juga bertumpu pada pemanfaatan media sosial. Sehingga mereka yang terlibat dalam tim Sale Stock sudah tidak asing dengan online marketing dan fleksibel dalam menghadapi massa di dunia maya yang dinamis. Dimana kemampuan ini sangat dibutuhkan jika Anda berada di perusahaan daring.

Dalam ulasan id.jobplanet.com, survey karyawan menunjukkan hampir tidak ada kontra atau keluhan terkait pekerjaan dan budaya kerja, selain jam kerja yang lebih panjang.

PT Global Digital Niaga (Blibli.com)

blibli.com

Jumlah karyawan: 550

Bicara soal perusahaan unicorn yang termasuk dalam tech startup rasanya tidak lengkap tanpa membahas Blibli.com.

Banyak blog yang membuat ulasan tentang tempat bekerja modern, dan Blibli.com disebut sebagai tempat bekerja idaman para milenial. Bagaimana tidak, Blibli.com menawarkan kantor dengan interior unik. Nuansa santai dan riang bisa Anda lihat begitu memasuki kantornya. Dari gaya interiornya saja nuansa kerja ala Google sudah bisa terasa.

Karena bekerja di perusahaan berbasis teknologi membutuhkan kemampuan bekerja yang cepat dan dinamis, maka persaingan di perusahaan ini didasarkan pada performa kerja yang baik. Dengan demikian, bisa dilihat bahwa persaingan kerja yang tidak sehat bisa dihindarkan.

Untuk mendorong produktifitas karyawan, Blibli.com memastikan para pekerjanya memiliki keseimbangan dalam bekerja dan bermain. Perusahaan tidak hanya menyajikan interior ruangan yang memanjakan mata, mereka juga memberikan aktifitas sampingan untuk pekerjanya seperti kelompok tari saman, fotografi, bahkan mereka memiliki paduan suara.

Selain menjadikan kehidupan profesional tidak membisankan, kegiatan-kegiatan ini juga mempererat hubungan antar karyawan, baik yang berada dalam divisi yang sama maupun berbeda.

Sebagai perusahaan yang digerakan oleh generasi muda, bekerja secara berkelompok bisa menjadi tantangan. Hal ini mengingat sifat anak muda milenial yang lebih cenderung ingin menonjol. Untuk itulah Blibli.com membangun suasana kooperatif, dimana semua orang bisa bebas berkomunikasi tanpa memandang strata atau jenjang jabatannya.

Menurut survey dari id.jobplanet.com, 76% dari karyawan Blibli.com setuju bahwa kesempatan untuk karyawan tumbuh dan berkembang di perusahaan ini sangatlah besar. Menurut situs majalah SWA, turnover karyawan Blibli.com hanyalah 1,5%.

Nah, kira-kira bagaimana menurut Anda tentang budaya kerja dinamis kelima startup ini?

Untuk menambah perspektif Anda tentang dinamika dunia kerja di Indonesia, simak juga ulasan kami tentang profesi bergaji tertinggi di Indonesia.

Komentar