THR Untuk PNS Aktif dan Pensiun Dipastikan Naik Tahun Ini

THR Untuk PNS Aktif dan Pensiun Dipastikan Naik Tahun Ini

Kali ini ada berita gembira sekaligus buruk untuk Anda yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berita buruknya, pemerintah belum menaikan kembali gaji untuk PNS. Terakhir kali kenaikan gaji PNS terjadi adalah pada tahun 2015 lalu, yaitu sebesar 6%.

Mengenai hal ini, Direktur Kompensasi Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aswin Eka Adhi mengatakan bahwa penyusunan skema gaji PNS 2018 sudah sesuai dengan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018.

Namun kabar baiknya, nilai Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi lebih besar pada tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, menjelaskan bahwa THR PNS pada tahun ini dipastikan akan lebih besar dari sebelumnya. Pasalnya, nominal THR merupakan jumlah dari gaji pokok ditambah dengan tunjangan kinerja.

“Bedanya tahun ini kita berikan THR untuk pensiunan, tahun lalu tidak. Kemudian kita memberikan tunjungan hari raya. Tambah lagi, dulu kan berdasarkan gaji pokok, sekarang termasuk juga kinerjanya. Jadi, gaji pokok ditambah tunjangan kinerjanya,” ungkapnya saat ditemui di Gedung Bank Indonesia.

Pihaknya memastikan bahwa pembayaran THR akan dilakukan sebelum Lebaran, 15-16 Juni 2018. Sedangkan gaji ke 13 juga akan dibayarkan pada bulan Juni.

“Tahun lalu kan tunjangan hari raya sebelum Lebaran. Kalau gaji ke-13 itu biasanya bulan Juni kalau tidak salah. Tanggal tepatnya tidak hapal. Dalam hal waktu tidak ada perubahan, dalam hal jumlah ada perubahan,” kata Asman.

Hingga saat ini, Kementerian PANRB dan Kementerian Keuangan terus berkoordinasi dengan harapan pembayaran THR dan gaji ke 13 bisa dilakukan tepat waktu.

“Ya, jadi sudah kita koordinasikan dengan Menkeu (Sri Mulyani),” jelasnya.

 

[Source]

Sumber Image http://www.republika.co.id

Komentar