Sudahkah Anda Mendengar Istilah No Claim Bonus?

no claim bonus

Semakin kecil risiko Anda sebagai pengemudi, semakin besar bonus yang bisa Anda dapatkan.

Harga mobil di pasaran saat ini sudah cukup mahal tanpa ditambah biaya asuransi. Namun belakangan makin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan program “No Claim Bonus”. Jika Anda sudah membaca tentang Serba-Serbi Asuransi Mobil dan paham akan arti klaim asuransi mobil, kami akan menjelaskan mengenai “No Claim Bonus” dalam artikel ini.

Pengertian “No Claim Bonus

No Claim Bonus adalah bonus yang diberikan kepada konsumen atau nasabah asuransi yang tidak mengajukan klaim sama sekali dalam jangka waktu tertentu. Klaim ini dapat berupa klaim kecelakaan diri, klaim kerusakan mobil, ataupun klaim pencurian. Dengan kata lain, perusahaan asuransi memberi reward atas kehati-hatian dan kewaspadaan Anda dalam mengemudi dan mengamankan kendaraan.

Cara Kerja “No Claim Bonus

Kata bonus tentunya terdengar menggiurkan, namun tahukah Anda bagaimana cara kerja bonus tanpa klaim ini? Simak penjelasan di bawah ini!

1.    Waktu

Umumnya bonus ini diberikan di tahun sesudah masa tanpa klaim Anda. Jika Anda tidak mengajukan klaim sama sekali di tahun 2013, Anda akan dapat menikmati bonus ini di tahun 2014.

2.    Bentuk

Bentuk bonus yang diberikan oleh perusahaan asuransi ini berbeda-beda, tetapi umumnya tidak berupa cashback (uang kembali) atas premi yang sudah Anda bayarkan. Contohnya, Asuransi Garda Oto memberikan potongan biaya premi bagi nasabahnya, sedangkan Asuransi Simas memberlakukan sistem poin reward yang dikumpulkan hingga akhir tahun untuk dapat ditukar dengan uang dalam jangka waktu tertentu.

3.    Jumlah

Pertanyaan berikutnya adalah berapa jumlah yang bisa Anda dapatkan sebagai bonus. Sekali lagi, jawabannya bervariasi sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sebagai gambaran, rata-rata bonus yang diberikan oleh perusahaan asuransi di tahun pertama adalah sebesar 25-30%. Jumlah ini umumnya meningkat di tahun-tahun berikutnya secara akumulatif. Di tahun kelima, beberapa perusahaan menetapkan kebijakan pemberian bonus hingga sebesar 65-70%. Jika Anda dapat mempertahankan status tanpa klaim Anda hingga tahun ke-8, perusahaan asuransi tertentu dapat memberi potongan harga sebesar 100 persen dan membebaskan Anda dari pembayaran premi bulanan.

4.    Persyaratan

Untuk mendapatkan bonus ini, syarat pertama tentu saja adalah dengan tidak mengajukan klaim sama sekali selama jangka waktu minimum yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi Anda. Selain itu, diperlukan dokumen pembaruan premi setiap tahun serta bukti berupa dokumen yang menunjukkan bahwa Anda tidak pernah mengajukan klaim apa pun selama waktu tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam “No Claim Bonus

  • Begitu Anda melakukan klaim untuk masalah yang timbul pada kendaraan Anda, “no claim bonus” ini otomatis tidak berlaku lagi. Periode untuk perhitungan bonus dapat dilakukan kembali mulai tahun berikutnya.
  • Syarat dan ketentuan tiap perusahaan asuransi berbeda-beda. Klaim untuk masalah kecil seperti goresan di kaca depan mungkin tidak akan mempengaruhi bonus tanpa klaim di satu perusahaan, namun perusahaan lain dapat memiliki kebijakan lain yang menyatakan bahwa klaim sekecil apa pun dapat membatalkan perjanjian “no claim bonus” yang telah disepakati. Untuk kasus seperti ini, disarankan bagi Anda untuk menangani kerusakan kecil menggunakan dana pribadi, karena keuntungan tanpa klaim jangka panjang dapat menutupi kerugian Anda karena masalah tersebut saat ini.
  • Jika Anda mengasuransikan lebih dari satu kendaraan di perusahaan yang sama, bonus yang Anda peroleh biasanya dapat digunakan untuk membayar premi kendaraan Anda lainnya. Namun seperti poin di atas, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu kebijakan perusahaan untuk memastikan ketentuan yang berlaku.

Pada prinsipnya, semakin Anda berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan, risiko Anda sebagai nasabah semakin kecil. Sejalan dengan hal ini, semakin kecil risiko Anda, semakin besar bonus yang bisa Anda dapatkan.

Dapatkan aplikasi online serta informasi tentang Asuransi termurah dan terpercaya di Indonesia dengan harga premi asuransi mobil yang rendah, silahkan periksa di website aplikasi online asuransi mobil AturDuit.

Komentar