Tips Aman Menukar Mata Uang Saat Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri memang seringkali menjadi petualangan yang tidak terlupakan. Alangkah baiknya bila petualangan tersebut tidak menyisakan kenangan buruk. Salah satunya jika Anda tidak tahu bagaimana mendapat nilai tukar yang menguntungkan dari mata uang setempat. Pelajari cara menukar mata uang yang baik untuk Anda.

Tentunya Anda akan membutuhkan mata uang negara yang Anda tuju saat bepergian ke luar negeri. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara yang aman untuk menukarkan mata uang. Kali ini punya tips menarik agar Anda dapat mengganti mata uang dengan mudah, aman, dan menguntungkan.

Tukar di Indonesia

menukar mata uang

Agar Anda tidak repot ketika tiba di tempat tujuan, ada baiknya Anda menukar mata uang di Indonesia. Menukarkan mata uang di Indonesia tentunya lebih mudah. Alasannya, jika Anda diminta untuk menunjukan dokumen tertentu, proses ini akan lebih mudah dilakukan jika Anda masih di tanah air. Usahakan untuk menukarkan mata uang minimal seminggu sebelum keberangkatan agar Anda mendapatkan nilai tukar yang terbaik.

Jika Anda berencana untuk menukarkan mata uang di negara tujuan, sebaiknya Anda menukarkan rupiah Anda ke dolar AS sebelum berangkat. Keuntungannya, hampir semua negara di dunia menerima penukaran dolar AS, sehingga Anda pasti bisa menukarkan mata uang dengan lebih mudah saat Anda tiba di negara tujuan. Untuk penukaran dolar AS, usahakan untuk menukarkannya pada hari Senin atau Selasa saat pasar baru dibuka. Tentu saja hal ini dimaksudkan agar Anda mendapat nilai tukar yang menguntungkan.

Jika Anda ingin menukarkan mata uang di bank, periksa dulu nilai tukar mata uang di bank tersebut. hari-ini.net/ adalah salah satu dari sekian situs yang menyediakan informasi mengenai nilai tukar mata uang asing terkini di beberapa bank di Indonesia.

Menggunakan Kartu Kredit

guna kartu kredit

Penggunaan kartu kredit di negara lain tentunya harus menggunakan kartu kredit yang dilengkapi chip dan PIN agar lebih aman. Gunakanlah kartu kredit dengan jaringan luas, atau yang dapat digunakan di banyak negara. Jika Anda ingin menukarkan rupiah ke mata uang setempat, maka periksalah dulu nilai tukarnya. Jangan sampai Anda mendapatkan nilai tukar yang tidak menguntungkan dari bank penerbit kartu kredit. Sebaiknya, jika Anda termasuk orang yang suka berlibur ke luar negeri, maka carilah rekomendasi kartu kredit yang baik untuk kebutuhan perjalanan Anda.

Umumnya bank akan mengenakan biaya sebesar tiga persen untuk penggunaan kartu kredit di luar negeri. Oleh karena itu, akan lebih menguntungkan jika Anda memiliki uang tunai dengan mata uang setempat. Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiliki persediaan mata uang dolar AS agar mendapat nilai tukar yang menguntungkan.

Di Mana Tempat Menukarkan Mata Uang?

Money CHangerTentu saja Anda perlu ke tempat-tempat penukaran mata uang (valuta asing) jika ingin menukarkan rupiah atau dolar AS Anda ke mata uang setempat. Namun, Anda harus memilih tempat penukaran mata uang yang legal. Jika Anda hendak menukarkan rupiah Anda setelah tiba di negara tujuan, maka Anda perlu membandingkan nilai tukar mata uang yang ditawarkan masing-masing valuta asing. Bawalah buku catatan kecil untuk mencatat penawaran-penawaran tersebut, sehingga Anda dapat membandingkan keuntungannya dengan lebih mudah.

Anda mungkin akan menemukan tempat penukaran mata uang yang tersebar di bandara maupun hotel. Namun penukaran di tempat-tempat ini sebaiknya dihindari, karena hotel dan bandara akan mengenakan biaya yang lebih besar yang berakibat nilai tukar mata uang yang rendah. Sebaiknya Anda menukarkan mata uang di sekitar tempat wisata, atau di luar lingkungan hotel dan bandara. Satu hal yang harus Anda ingat, jangan lupa untuk membawa paspor saat hendak menukarkan mata uang. Biasanya, Anda akan diminta untuk menunjukan dokumen tertentu atau bukti identitas.

Anda juga bisa menukarkan mata uang di bank. Pastikan Anda adalah nasabah dari bank tersebut, atau pastikan bank tersebut merupakan jaringan dari bank tempat Anda menabung. Sebagaimana di tempat penukaran mata uang lainnya, jangan lupa untuk menyiapkan bukti identitas untuk melancarkan proses penukaran mata uang.

Jangan Tukarkan Semua

Sisihkan sekitar 20 persen dari alokasi perjalanan Anda untuk ditukar ke mata uang dolar AS. Ini adalah tindakan antisipasi, kalau-kalau Anda membutuhkan dana darurat saat berlibur. Memang benar, Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan darurat Anda, tetapi hal ini dilakukan untuk menghindari biaya tambahan pada tagihan kartu kredit Anda di kemudian hari.

Menyisihkan sebagian dana perjalanan untuk ditukar ke dalam dolar AS juga akan memkasa Anda untuk tidak menggunakan semua alokasi dana, dan tentunya Anda dapat menukar kembali uang dolar tersebut ke rupiah saat Anda pulang. Tidak ada salahnya berhemat saat liburan, bukan? Semoga perjalanan Anda sukses dan menyenangkan!

Ingin mengetahui cara ke Brasil untuk nonton world cup? Bacalah di artikel wujudkan impian piala dunia 2014!

Komentar