Tips Ampuh Belanja Hemat dan Menguntungkan dengan Promo Akhir Tahun

Tips Ampuh Belanja Hemat dan Menguntungkan dengan Promo Akhir Tahun

 

Bagi para pemburu promo dan diskon, akhir tahun adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Hal ini karena ada banyak potongan harga dan promo spesial akhir tahun yang ditawarkan di berbagai mall dan merek ternama. Kini, tidak hanya di pusat perbelanjaan, beragam e-commerce marketplace di tanah air juga memberikan penawaran-penawaran spesial akhir tahun. Dengan pilihan yang begitu beragam, rasanya kamu bisa membeli produk impian dengan harga miring, bukan? 

Meski begitu, jika kamu kurang berhati-hati, bukannya hemat, kamu malah bisa gelap mata dan mengeluarkan banyak uang lewat diskon-diskon akhir tahun. Nah, agar kamu bisa menjadi smart buyer dan belanja menguntungkan di akhir tahun, ikuti beberapa tips di bawah ini, ya.

Siapkan list belanjaan

menulis

Sumber : Pexels.com

Daripada buang-buang waktu melihat-lihat di mall atau scrolling di situs belanja online, sebaiknya siapkan dulu daftar belanjamu. Buatlah skala prioritas. Urutkan dari benda-benda yang paling kamu butuhkan hingga benda-benda yang sekadar ingin beli saja. Hal ini berguna agar kamu tidak salah fokus dan dapat membeli benda-benda yang kamu butuhkan terlebih dahulu.

Siapkan budget

Sumber : Pexels.com

Selain daftar belanjaan, kamu juga perlu menyiapkan budget yang akan kamu keluarkan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan benda-benda yang ingin kamu beli dengan budget-mu. Jika kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli semua produk yang ada dalam wishlist, jangan memaksakan diri. Prioritaskan benda-benda yang memang kamu butuhkan, ya.

Ketahui jenis-jenis promo yang ada

sales

Sumber : Pexels.com

Mulai dari diskon besar, buy one get one, flash sale, gratis ongkir hingga ekstra cashback, semua bisa kamu temukan di promo akhir tahun. Sesuaikan juga dengan barang yang mau dibeli, cari promo yang paling menguntungkan untuk transaksi belanjamu. Pelajari juga terms and conditions dari promo-promo tersebut agar kamu bisa memanfaatkan aneka promo yang ada semaksimal mungkin.

Cari tahu harga barang normal

menggunakan gadget

Sumber : Pexels.com

Tips yang satu ini perlu kamu lakukan karena biasanya, banyak penjual yang menaikan harga asli barang sebelum diskon. Artinya, bisa jadi harga barang sesudah diskon sebenarnya adalah harga asli barang tersebut. Trik ini dilakukan oleh para penjual untuk memanfaatkan kondisi psikologis pembeli saat melihat sale atau diskon besar, misalnya 90%. Dengan menerapkan langkah ini, kamu dapat bijak berbelanja dan menjadi smart buyer.

Lihat juga diskon di tempat belanja online

Belanja online dengan smartphone

Sumber : Pexels.com

Akhir tahun identik dengan midnight sale dan midnight sale identik dengan mall yang penuh sesak oleh pengunjung. Daripada kamu berdesak-desakan dan rebutan dengan pembeli lain, kamu dapat berbelanja di situs online marketplace! Situs belanja online pun kini juga menawarkan aneka promo menguntungkan untuk merayakan akhir tahun. Misalnya, kamu dapat berbelanja dengan efisien dan murah di Shopee karena Shopee kini tengah mengadakan promo Shopee 12.12 Birthday Sale! Dengan promo 12.12 Shopee, kamu bisa membeli aneka produk dari merek ternama dengan harga yang lebih ekonomis.

Itu dia beberapa tips agar kamu dapat berbelanja dengan hemat dan menguntungkan di akhir tahun. Dengan mengikuti tips ini, tentunya kamu dapat menjadi pembeli yang lebih bijak ketika berbelanja, bukan? Nah, selamat berbelanja!

 

Komentar