Tips Berhemat Saat Belanja Bulanan

tips berhemat saat belanja bulananSetiap bulan Anda mengeluh pengeluaran bulanan lebih besar daripada penghasilan. Sehingga Anda kerap tertatih-tatih menjalani kehidupan setelah melakukan belanja bulanan. Momok besar pasak daripada tiang rasanya sudah melekat pada pribadi Anda. Kendati telah dibekali dengan daftar belanja yang telah dipersiapkan dari rumah, namun godaan untuk membeli barang-barang lainnya tetap saja muncul. Lalu bagaimana cara efektif dan berhemat saat berbelanja. Ikuti artikel berikut tentang tips berhemat saat belanja bulanan.

1.Buat Daftar Belanja

Sebelum Anda berangkat menuju supermarket atau pusat perbelanjaan ada baiknya membuat daftar belanja terlebih dahulu. Catat semua kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam satu bulan. Baik kebutuhan dapur, alat mandi, pembersih ruangan, sampai kebutuhan anak. Mencatat perincian terhadap barang-barang yang akan dibeli bermanfaat untuk berhemat saat belanja bulanan. Belanja tanpa membawa daftar belanja atau catatan sering kali berujung pada pembelian barang-barang yang tidak penting.

2.Belanja Seminggu Sekali

Setelah Anda selesai mencatat kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan maka pembelanjaan akan lebih terkontrol. Anda bisa memilih untuk meluangkan waktu sehari dalam seminggu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar atau supermarket. Kemudian untuk mengeceknya kembali supaya tidak terjadi pembelanjaan berlebih maka Anda bisa menempelkan catatan di kulkas yang berisi barang-barang yang sudah dibeli. Cara seperti ini sangat efektif untuk mengetahui barang apa saja yang telah dibeli dan yang akan habis dalam minggu berikutnya.

3.Gunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit saat belanja bulanan memang bukan cara utama untuk mengurangi pengeluaran. Namun, ada untungnya juga melakukan pembayaran dengan kartu kredit apalagi jika ada promo menarik. Ada beberapa supermarket atau toko yang melakukan kerja sama dengan kartu kredit dalam memberi potongan harga. Manfaatkan kesempatan itu. Dua keuntungan akan Anda raih yakni, uang tunai tetap utuh dan kebutuhan sebulan telah terpenuhi. Percaya atau tidak menggunakan kartu kredit saat belanja bulanan bisa melindungi finansial Anda.

4.Simpan Bon Belanja

Untuk mengontrol pembelanjaan setiap bulannya, Anda bisa menyimpan bon belanja setiap selesai melakukan transaksi. Lalu, perhatikan apakah pengeluaran selalu stabil atau malah cenderung meningkat setiap bulan. Dengan menyimpan bon-bon belanja ini, Anda juga dapat melihat barang apa saja yang perlu dibeli dan tidak. Selain itu, bon belanja berguna sebagai perbandingan harga produk bulan ini dan bulan sebelumnya.

5.Manfaatkan Promosi

Supermarket atau toko biasanya sering menggelar promosi sebulan sekali. Mereka juga kerap berpromosi melalui media cetak dan elektronik. Nah, jika menemukan ada promosi menarik seperti potongan harga sampai 50 persen atau beli satu produk gratis satu maka jangan ragu untuk segera melangkahkan kaki ke supermarket penebar promo. Hitung-hitung bisa berhemat saat belanja bulanan dan menyiapkan produk promosi itu untuk persediaan bulan berikutnya.

6.Rajin Cek Harga

Apabila Anda punya banyak waktu sebaiknya rajin mengecek harga dari satu supermarket ke supermarket lainnya. Tujuannya sebagai perbandingan harga. Setiap supermarket memberi harga yang berbeda-beda untuk satu jenis produk. Nah, kalau sudah begitu tinggal Anda catat dan lihat supermarket mana yang menawarkan produk dengan harga terjangkau. Manfaatkan juga kartu anggota dari supermarket yang biasanya memberikan promosi bagi pemegang kartu, baik berupa barang maupun diskon belanja.

7.Substitusi Produk Mahal

Tips berhemat belanja bulanan selanjutnya ialah melakukan substitusi atau mengganti produk-produk mahal dengan yang harganya lebih terjangkau. Misalnya, mengganti daging dengan makanan protein lainnya seperti telur, tahu dan tempe. Paling tidak dalam sebulan Anda berhemat dengan mengurangi menu makan yang mewah. Bukan cuma pola hidup Anda yang sehat tapi kantong Anda juga ikut sehat.

8.Catat Pembelanjaan Tiap Bulan

Setelah rampung membelanjakan kebutuhan dalam sebulan lakukan pendataan. Barang-barang apa saja yang dibeli dan lihat kuantitasnya. Barang apa saja yang dominan, apakah kudapan, kebutuhan mandi, atau perlengkapan dapur. Setelah diseleksi, Anda dapat mengetahui mana yang sesuai kebutuhan dan mana yang termasuk dalam keinginan. Seleksi kembali agar bulan depan tidak terjadi kesalahan yang membuat dompet Anda membengkak.

9.Hindari Belanja Satu Produk

Ketika Anda memasuki supermarket dan toko, bukan cuma biaya belanja saja yang dikeluarkan. Melainkan ada biaya-biaya lain yang menjadi tanggungan, misalnya biaya parkir dan bensin. Kalau hanya mau membeli satu atau dua produk saja sebaiknya tidak usah repot-repot ke supermarket karena biayanya tidak sepadan. Cara seperti ini malah menambah biaya bukannya berhemat saat belanja bulanan. Jika ada kebutuhan mendesak karena persediaan di rumah sudah habis bisa membelinya di mini supermarket atau warung dekat rumah.

10.Beli Barang Produksi Supermarket

Sudah banyak supermarket yang mengeluarkan barang-barang produksi sendiri. Jika ada mau menekankan prinsip berhemat saat belanja bulanan tak ada salahnya membeli barang dengan merek si supermarket tersebut. Selain harganya lebih murah, kualitasnya juga tidak berbeda jauh. Sedikit saran, ada baiknya membeli produk buatan supermarket yang non konsumsi seperti tisu, sabun cuci tangan, sabun lantai dan lain sebagainya.

Itulah sedikit tips berhemat saat belanja bulanan. Jika Anda mau menekan bujet pengeluaran setiap bulan maka coba terapkan cara-cara di atas.

Mau benar-benar menerapkan pola berhemat, rasanya Anda perlu juga membaca 5 Cara Belanja Sesuai Anggaran Anda.

 

Komentar