Langkah Finansial Saat Penghasilan Berkurang atau Menjadi Pengangguran

Langkah Finansial Saat Penghasilan Berkurang atau Menjadi Pengangguran

Banyak orang yang masih merasakan resesi. Mulai dari kurangnya penghasilan, hingga kehilangan pekerjaan.

Kondisi ini memang membuat siapapun akan panik dan cemas, apalagi bagi mereka yang tiba-tiba jadi pengangguran. Oleh karenanya, kami ingin menyajikan tips keuangan yang diolah dari berbagai sumber untuk Anda. Terutama, jika Anda merasakan dampak resesi seperti berkurangnya penghasilan hingga kehilangan pekerjaan.

Perhitungkan situasinya

Langkah pertama ketika mendengar kabar tentang kehilangan pekerjaan atau penghasilan adalah berhitung.

Anda boleh kaget dan bingung untuk beberapa saat, namun setelah itu Anda harus mulai berhitung. Tidak hanya memperhitungkan uang yang bisa digunakan sampai mendapat pekerjaan baru, melainkan juga memperhitungkan situasinya.

Jika Anda bisa mendapat pekerjaan baru dalam dua minggu atau satu bulan, maka kondisi keuangan bisa terselamatkan. Jadi, segera perbarui resume Anda, dan mulailah mencari pekerjaan. Jangan mengharapkan gaji yang lebih tinggi, jika ada yang tawaran dengan gaji yang sama, maka tidak ada salahnya untuk diterima.

Tidak hanya pekerjaan tetap, pekerjaan paruh waktu juga bisa menjadi pilihan untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda.

Selain mencari pekerjaan baru, langkah yang tidak kalah pentingnya adalah menghitung situasi keuangan Anda. Pastikan Anda mencatat beberapa poin di bawah ini.

Pesangon

Ingat, jika Anda kehilangan pekerjaan karena dipecat maka pesangon adalah hak Anda sebagai seorang karyawan. Adapun perhitungan mengenai pesangon yang berlaku, bisa dilihat dalam informasi kami lainnya.

Berapapun yang Anda terima dari kompensasi pesangon ini, harus ada sisa 10% sebagai simpanan.

THR

Jika Anda tidak dipecat, dan hanya mendapatkan unpaid leave atau pemotongan gaji, maka Tunjangan Hari Raya (THR) harus dibayarkan perusahaan pada Anda. Baik itu sesuai angka gaji normal, maupun angka pro prata gaji.

Gaji terakhir

Anda pasti akan menerima gaji terakhir juga. Hal ini karena pesangon dan THR adalah kewajiban dari perusahaan yang sudah diatur dalam undang-undang.

Tabungan

Ini juga penting, saldo tabungan Anda dari bulan sebelumnya harus masuk perhitungan juga. Memang sebisanya Anda tidak menggunakan tabungan ini untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, pada beberapa situasi memang tidak bisa dihindari untuk menggunakan sebagian dari tabungan demi memenuhi kebutuhan utama.

Beri batasan, berapa persen dari tabungan yang boleh digunakan. Karena bagaimanapun Anda harus memiliki pegangan uang untuk kebutuhan di bulan berikutnya.

Manfaat asuransi

Jika Anda memiliki asuransi, maka beban finansial akan lebih ringan. Hal ini karena Anda tidak usah cemas jika sewaktu-waktu Anda atau keluarga membutuhkan layanan medis.

Pengeluaran

Sama seperti perhitungan situasi keuangan Anda, pengelolaan pengeluaran pun tidak kalah pentingnya. Berikut adalah tips untuk mengatur pengeluaran setelah Anda mengetahui pemasukan Anda.

Pengeluaran utama

Ingat, pengeluaran utama adalah sebagai berikut:

1. perumahan atau sewa

2. tagihan rutin (air, listrik, telepon, asuransi, cicilan utang)

3. makan

Di luar dari hal ini, maka bisa dimasukkan dalam pengeluaran tambahan. Penting untuk memahami apa saja pengeluaran utama, agar Anda bisa menentukan pengeluaran mana yang bisa dikurangi atau dihilangkan.

Batalkan langganan yang tidak perlu

Jika Anda berlangganan layanan hiburan atau klub kebugaran, maka inilah saatnya untuk berhenti berlangganan.

Carilah alternatif hiburan atau olahraga yang bisa dilakukan secara gratis. Misalnya, dengan menggunakan layanan video gratis seperti YouTube dan IGTV.

Agar lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti tabel berikut ini. Sesuaikan poin dalam tabel dengan kebutuhan. Kali ini contoh yang kami sajikan untuk contoh situasi kehilangan pekerjaan.

PenghasilanPengeluaran utamaPengeluaran tambahan
Jumlah:Jumlah:Jumlah:
PesangonSewa atau kebutuhan tempat tinggalLangganan Netflix
Gaji terakhirTagihan air, telepon, listrik, asuransi, utangCemilan atau makanan selain bahan makanan utama
TabunganMakananTransportasi

Misalnya, jika jumlah pengeluaran utama Anda bulan ini adalah Rp 2.000.000. Maka Anda harus bisa menyisihkan uang untuk, setidaknya, bisa menutupi kebutuhan rutin sebesar Rp 2.000.000.

Oleh karenanya, tentukan dan tulis jenis pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan. Akan lebih mudah untuk menghitung dan disiplin jika Anda mencatat rencana keuangan.

Usahakan penghasilan sampingan

Gunakan semua sumber daya Anda untuk menghasilkan uang. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan sebagai freelance, atau membuat usaha kecil-kecilan. Cara lain yang bisa digunakan adalah menjual barang-barang yang masih bagus dan tidak terlalu sering digunakan secara online.

Jika Anda memperoleh penghasilan atau uang dari usaha sampingan ini, maka jangan langsung digunakan. Simpanlah untuk memenuhi kebutuhan bulan depan hingga Anda mendapatkan pekerjaan baru, atau hingga penghasilan berangsur membaik lagi.

Sangat penting untuk mengisi masa pengangguran dengan kegiatan produktif agar Anda tetap mendapat penghasilan, walaupun sedikit.

Diskusikan dengan keluarga termasuk anak

Bagi para orang tua, jangan simpan sendiri kesulitan finansial yang sedang dihadapi. Diskusikan dengan anak-anak mengenai kondisi penghasilan Anda saat ini.

Dengan demikian, mereka akan lebih memahami jika ada pemotongan pengeluaran seperti jatah pulsa mereka, atau jatah uang jajan. Selain itu, pengalaman ini akan menjadi pembelajaran finansial mereka yang pasti berguna di masa mendatang.

Di sisi lain, jika Anda memiliki tanggungan keluarga, maka diskusikan pula hal ini pada mereka. Apalagi jika mau tidak mau Anda harus memotong kiriman uang bulanan ke keluarga di kampung halaman.

Bagi Anda yang kehilangan pekerjaan, jangan malu dengan stigma pengangguran. Hal ini karena keluarga, baik orang tua maupun anak, pasti akan memahami jika Anda mengajak mereka berdiskusi.

Pasti banyak orang yang saat ini sedang mengalami kesulitan finansial. Oleh karenanya, kami akan terus menyajikan tips dan informasi keuangan yang dapat membantu Anda dalam menghadapi masa sulit ini.

Komentar