Tips Menghemat Anggaran Makan

Tips menghemat anggaran makan

Siapa yang tidak suka makan? Pasti semua orang suka dan butuh makan. Hakikatnya makan menjadi kebutuhan pokok semua orang. Sifatnya yang berupa kebutuhan primer inilah yang membuat Anda menguras hampir 50 persen dari penghasilan dan mengalirkannya kepada kebutuhan makan. Belum lagi ditambah kebiasaan jajan di luar yang susah dikontrol. Untuk itu agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan pangan sembari berhemat, kami akan membocorkan tips menghemat anggaran makan.

1.Membuat bekal makan siang

Menyiapkan bekal untuk makan siang jadi salah satu cara ampuh untuk menghemat anggaran makan. Dengan membuat makan siang Anda sendiri, maka Anda bisa menghemat pengeluaran untuk makan sampai 20 persen. Bila Anda malas menyiapkan dan memasak di pagi hari, Anda bisa memasak dalam jumlah extra pada malam hari. Sehingga pagi harinya, tinggal memanaskan kembali. Ada cara mudah lainnya untuk menyiapkan bekal yang praktis. Anda bisa melihat blog mengenai kuliner yang memberikan tips penyajian bekal makan siang secara cepat dan mengenyangkan. Seandainya Anda bosan, Anda bisa membawa bekal seminggu dua atau tiga kali.

2.Simpan stock bahan baku

Untuk menghemat anggaran makan bukan saja mencakup pengeluaran makan siang, namun biaya belanja bahan baku makanan seperti sayur, daging dan telur. Ketika Anda belanja bahan baku ini cobalah untuk membeli dalam jumlah banyak. Apalagi jika ada penawaran diskon atau beli satu gratis satu. Dengan menyimpan stock bahan baku pengeluaran Anda dalam kebutuhan makan juga akan berkurang. Sering-sering melihat promo dari supermarket yang memberikan potongan harga terhadap bahan baku makanan. Ini tentu akan sangat menguntungkan Anda dalam menghemat pengeluaran anggaran makan.

3.Membatasi jajan di luar terlalu sering

Jajan di luar terlalu sering dan sudah menjadi kebiasaan sepertinya harus dibatasi. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan dan juga dompet Anda. Anda tidak tahu kandungan gizi makanan yang dijual di restoran maupun di kafe. Meski tampilan luarnya terlihat bersih tapi campuran serta bumbu untuk mengolah makanan tidak tahu kadar kebersihannya. Anda juga sebaiknya mengurangi porsi minum kopi di kedai kopi. Sekali berkunjung sudah pasti keluar biaya minimal Rp 50.000 per gelas. Dalam seminggu Anda bisa menguras kocek Rp 350.000. Dan dalam sebulan sudah mengeluarkan Rp 1.400.000. Jika Anda mengurangi kebiasaan jajan kopi di luar maka sudah bisa dilihat berapa jumlah uang yang dihemat. Anda tetap bisa menikmati kopi di kedai minimal seminggu sekali. Sisanya, bisa membeli kopi dan menyeduh di rumah.

4.Berburu voucher makan

Anda bisa menyiasati kebosanan membawa bekal makan siang setiap hari dengan cara praktis lainnya. Anda bisa berburu voucher-voucher makan yang ditawarkan oleh sejumlah situs promo. Saat ini sudah banyak situs yang menawarkan voucher makan dengan potongan mencapai 50 persen. Apabila beruntung, Anda bisa menikmati makan dengan puas di restoran favorit dengan harga yang terjangkau. Selain itu, beberapa aplikasi chatting yang dapat Anda unduh di ponsel juga kerap menawarkan promo-promo di restoran. Anda bisa memanfaatkan promo dan voucher tersebut untuk menghemat anggaran makan Anda.

5.Jangan lupa sarapan

Sebelum Anda berangkat beraktivitas upayakan untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan bukan hanya membuat kondisi tubuh lebih prima tetapi menghindari Anda dari kelaparan berlebih di saat makan siang. Dengan mengonsumsi sarapan di pagi hari, Anda juga terhindar dari jajan berlebihan. Usahakan sarapan Anda yang mengandung kadar gizi tinggi dan cukup mengenyangkan, seperti roti dan susu atau nasi goreng dipadu teh manis.

6.Buat menu makan dalam seminggu

Cara menghemat anggaran makan yang mudah dipraktikkan ialah membuat menu makan dalam seminggu. Langkah ini bisa dilakukan dengan menulis menu makan yang hendak dimasak dalam seminggu. Anda bisa membawa daftar menu makan selama seminggu ketika hendak belanja ke supermarket. Catat semua bahan-bahan yang diperlukan agar tidak ada yang terlewat. Coba untuk bersikap disiplin dengan membeli bahan-bahan sesuai kebutuhan. Ini adalah salah satu komitmen yang dapat Anda lakukan untuk berhemat.

7.Pesan makan dan berbagi dengan teman kantor

Sudah bosan membawa bekal? Anda bisa tetap jajan tanpa menghabiskan biaya terlalu banyak. Caranya, Anda dapat memesan makanan yang bisa di share dengan teman-teman kantor. Misalnya, memesan pizza untuk beramai-ramai. Tidak perlu keluar kantor untuk membeli makan, tinggal telepon dan tunggu pesanan datang. Dengan membeli pizza, Anda bisa berbagi dengan satu kantor. Untuk pembayaran juga dilakukan dengan sistem sharing. Jadi, hemat dan praktis bukan? Manfaatkan juga promo beli satu gratis satu dari perusahaan pizza yang ada. Nah, cara ini semakin menghemat anggaran makan Anda bukan?

Selain menghemat anggaran makan, Anda juga bisa mempraktikkan Tips Berhemat Saat Belanja Bulanan.

Komentar