Tokopedia Mendapatkan Suntikan Dana Dari Alibaba

Tokopedia Mendapatkan Suntikan Dana Dari Alibaba

Marketplace terbesar di Indonesia, PT Tokopedia, mengumumkan perolehan investasi senilai USD 1,1 miliar atau sekit Rp 14,7 triliun.

Investasi ini akan dipimpin oleh Alibaba Group dengan partisipasi dari para pemegang saham Tokopedia yang sekarang.

“Hari ini kami menyambut baik Alibaba sebagai salah satu pemegang saham di Tokopedia, dan kami percaya bahwa kemitraan ini akan mempercepat terwujudnya misi kami dalam menggerakkan pemerataan ekonomi secara digital,” kata CEO dan Co-Founder dari Tokopedia, William Tanuwijaya saat peryaan ulang tahun Tokopedia yang ke-delapan pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Kemitraan dengan Alibaba ini juga diyakini bisa meningkatkan skala dan kualitas pelayanan Tokopedia untuk para penggunanya, juga akan mempermudah para penjual dan mitra Tokopedia dalam mengembangkan usaha ke seluruh Indonesia.

“Alibaba Group dan Tokopedia memiliki kesamaan visi dalam membantu UMKM dalam kesuksesan usahanya dan kami senang dapat bekerja sama bersama Tokopedia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia,” kata Daniel Zhang, CEO Alibaba Group.

Tokopedia berdiri sejak 2009 dan telah menjadi marketplace platform yang terbesar di Indonesia. Dengan adanya Tokopedia, jutaan UMKM dan pemegang merek lokal yang tersebar di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengembangkan usahanya secara online. Mereka juga berkesempatan memiliki pasar yang luas hingga seluruh Indonesia dengan menggunakan platform Tokopedia.

Menurut data di AppAnnie, Tokopedia merupakan aplikasi jual beli yang terbesar di Indonesia. Selain itu berdasarkan data dari SimilarWeb, situs web mereka juga paling sering dikunjungi.

Sejak berdirinya, Tokopedia juga sudah berhasil meraup miliaran rupiah dari berbagai investor. Pihak yang pernah memberikan pendanaan pada Toko pedia diantarnya Indonusa Dwitama dan East Venture. Dimana East Venture adalah sebuah perusahaan yang fokus memberikan pendanaan awal untuk perusahaan teknologi rintisan atau startup.

Untuk mendapatkan pendanaan dari Alibaba ini, Tokopedia harus bersaing dengan marketplace lain yaitu Tencent dan JD. Alibaba juga melebarkan sayapnya di wilayah Asia Tenggara untuk menekan laju pesaingnya asal Amerika Serikat, Amazon.

Dengan adanya kerjasama antara Alibaba dan Tokopedia ini, tentunya para pengguna Tokopedia tidak sabar untuk melihat pengembangan dan inovasi apa yang akan dilakukan oleh marketplace ini.

 

[Source]

Sumber image : InboundID

Komentar