10 Universitas Terbaik Di Indonesia Di Tahun 2017 Dan Biayanya

10 Universitas Terbaik Di Indonesia Di Tahun 2017 Dan Biayanya

Indonesia memiliki beberapa universitas yang dinobatkan sebagai universitas terbaik oleh media dan masyarakat. Peringkat terbaik ini bisa jadi berbeda di tiap platform. Salah satu platform pengukuran yang kami gunakan daam artikel ini adalah UniRank. Dimana platform ini mengukur peringkat universitas di Indonesia berdasarkan kepopuleran situsnya di Internet.

Pertimbangan lain yang diambil adalah reputasi dan kredibilitas dari masing-masing universitas berdasarkan berbagai sumber di internet. Salah satu referensinya adalah topuniversities.com yang memuat rekomendasi universitas terbaik di seluruh dunia.

Universitas Gajah Mada (UGM)

Sumber: http://fapet.ugm.ac.id

Status: Negeri

Lokasi: Yogyakarta

Dalam website UniRank, UGM menduduki peringkat pertama dalam 2017 Indonesian Universities Ranking. Universitas ini menyediakan lebih dari 251 program studi. Di sini juga ada lebih dari 56.000 mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka merupakan mahasiswa dari jenjang studi Diploma, Sarjana, dan Pasca Sarjana.

Visi UGM sendiri yaitu menjadi universitas peneliti kelas dunia. Hal ini diwujudkan dengan dibukanya pusat pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam berbagai program penelitian yang diadakan pihak akademis kampus. Kelebihan dalam penelitian di berbagai studi ini juga yang menjadikan UGM bertahan sebagai universitas yang populer sebagai pilihan calon mahasiswa.

Sistem pembayaran uang kuliah di UGM menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT), yaitu biaya per semester yang disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Adapun biaya per semester berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 14.000.000 tergantung dari jurusan dan golongan penghasilan orang tua.

Universitas Indonesia (UI)

Sumber : https://id.wikipedia.org/w/index.php?curid=901694

Status: Negeri

Lokasi: Depok dan Salemba

Universitas Indonesia (UI) berhasil mempertahankan reputasinya sebagai sekolah ilmu kesehatan dan sekolah dokter yang menjadi rujukan untuk mencari calon dokter terbaik. Selain itu, UI membangun kampus di area Depok untuk menampung fakultas dan program studi lainnya. Para lulusa UI, dari fakultas manapun, selalu menjadi pertimbangan bagi perusahaan atau kantor pemerintah yang mencari tenaga terampil dan ahli.

Selain seleksi masuknya sulit, biaya kuliah di UI juga tidak murah. Sama seperti UGM, UI juga memberlakukan UKT untuk tarif per semesternya. Kisaran uang semester untuk Program Sarjana adalah Rp 2.000.000 sampai Rp 15.000.000 tergantung program studi atau jurusan yang diambil.

Universitas Sebelas Maret

Sumber: uns.ac.id

Status: Negeri

Lokasi: Solo

Selain UGM dan UI, UNS pun memiliki popularitas sebagai universitas yang banyak dicari di internet. Hal ini juga menjadikannya salah satu universitas teratas di Indonesia.

Dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, UNS mengembangkan program penelitian di berbagai bidang studi. Dimana hasil penelitian ini nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat. Dedikasi pihak UNS dalam pengembangan penelitian yang bermanfaat ini pula yang menjadikan universitas ini salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal ini juga yang mendukung UNS untuk menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

UNS menerapkan sistem UKT untuk uang per semesternya. Tentunya besaran UKT per semester ini berbeda tiap jurusannya. Kisaran uang semester di UNS mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 30 juta. Tentunya besaran uang semester ini disesuaikan dengan penghasilan orang tua dan jurusan yang dipilih. Namun mahasiswa yang mengikuti program bantuan dana pendidikan dari pemerintah akan diberi bantuan maksimal Rp 24 juta.

Universitas Brwaijaya (Unibraw)

Sumber: ub.ac.id

Status: Negeri

Lokasi: Malang

Universitas Brawijaya, atau yang umum disebut  Unibraw, berada di Malang, Jawa Timur, dan didirikan pada tahun 1963.

Untuk peningkatan mutu pendidikan dan lulusannya, Unibraw mengdakan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, termasuk pihak luar negeri. Kerjasama global yang dilakukan Unibraw diantaranya adalah kerjasama dengan lembaga pendidikan dan sumber daya di ASEAN, Australia, Amerika, dan Afrika.

Dalam metode pembayaran uang kuliah, Unibraw memberlakukan dua sistem pembayaran. Yaitu sistem pembayaran per semester dan sistem sekali bayar. Adapun uang per semester yang berlaku ada di kisaran Rp 2.625.000 sampai Rp 10 juta tergantung golongan pendapatan orang tua dan jurusannya. Sedangkan nominal biaya untuk sistem sekali bayar mulai dari angka Rp 15 juta hingga sekitar Rp 165 juta.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sumber: ditsti.itb.ac.id/download-logo-itb/

Status: Negeri

Lokasi: Bandung

ITB selalu memastikan bahwa alumninya memiliki daya saing tinggi di dunia kerja. Hal inilah yang menjadikan ITB sebagai salah satu tujuan favorit para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang setara.

Walaupun seleksi masuk ke ITB bukan hal mudah, namun sekolah ini tidak pernah sepi peminat. Rasanya ITB mampu mempertahankan reputasinya walaupun banyak universitas swasta berskala internasional dengan fasilitas mewah yang bermunculan. Reputasi ITB ini juga terbukti dengan peringkat kepopuleran ITB di internet masih ada dalam angka 10 besar.

Biaya UKT untuk program studi non Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) adalah Rp 10 juta. Sedangkan untuk SBM adalah Rp 20 juta.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Sumber: http://english.uny.ac.id/

Status: Negeri

Lokasi: Yogyakarta

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta memiliki beberapa institusi pendidikan yang berkualitas tinggi, dan salah satunya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Reputasi UNY dibuktikan dengan hasil survey dari Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) di tahun 2007 yang menunjukkan bahwa dari 20 universitas yang disurvey, UNY adalah satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang layak masuk ke kategori kelas dunia (the most promoting university).

Kisaran UKT untuk UNY adalah Rp 500.000 sampai Rp 6.350.000 tergantung pada program studi dan golongan penghasilan orang tua.

Universitas Padjajaran (Unpad)

Sumber: unpad.ac.id

Status: Negeri

Lokasi: Bandung

Unpad berdiri pada tanggal 11 Septmber 1957 di Bandung. Saat ini, Unpad berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru pada bulan Juni 2017, ada 98.697 orang yang menjadi peserta seleksi. Dari jumlah tersebut, Unpad hanya menerima 4.020 orang calon mahasiswa baru. Angka peminat yang besar ini menunjukkan bahwa Unpad mampu mempertahankan kualitas dan reputasinya untuk menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Adapun biaya UKT yang dikenakan pada mahasiswa disesuaikan dengan program studi dan penghasilan orang tuanya. Kisaran UKT di Unpad adalah antara Rp 500.000 sampai Rp 10 juta.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Sumber : http://galerilogo.blogspot.sg

Status: Negeri

Lokasi: Bandung

Pada tahun 1999, Presiden membuat keputusan agar tempat pendidikan para guru ini menjadi universitas. Dengan ketetapan ini, UPI memiliki cakupan bidang keilmuan yang lebih luas atau tidak hanya sekedar di bidang keguruan saja.

Dengan letak kampus yang berada di area sejuk kota Bandung, UPI menjadi kampus yang nyaman bagi para mahasiswa dan tenaga pengajarnya. Ditambah dengan kualitas dari sistem pendidikannya, UPI berhasil mencetak tenaga pengajar yang berkualitas dan banyak menjadi referensi bagi banyak sekolah.

Selain itu, UPI juga merupakan universitas yang populer pada pencarian internet sesuai dengan hasil pengukuran dari 4icu.org/id/.

UKT untuk mahasiswa UPI besarnya antara Rp 500.000 sampai Rp 9 juta sesuai golongan penghasilan orang tua dan program studinya.

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Sumber: www.its.ac.id

Status: Negeri

Lokasi: Surabaya

ITS memiliki konsep Smart Eco-Campus yang diterapkan untuk lingkungan kampusnya. Lingkungan kampus ITS yang hijau dengan kolam dan lapangan rumput menjadikan para mahasiswanya bisa belajar di lingkungan segar yang asri. Di kampus ini juga disediakan sepeda kampus. Konsep natural yang diterapkan oleh sekolah tinggi di bidang teknologi, menunjukkan bahwa ITS menanamkan kepedulian lingkungan di tengah berkembangnya teknologi.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, ITS menunjukkan prestasinya di berbagai kompetisi. Salah satunya saat wakil ITS, M Syaifudin Zuhri, meraih juara pertama pada ajang Mahasiswa Breprestasi Program Diploma Tingkat Nasional di Surabaya.

Kisaran biaya UKT di ITS adalah antara Rp 500.000 sampai Rp 7.500.000. Sebagaimana universitas lainnya yang memberlakukan UKT, besaran biaya per semester disesuaikan dengan penghasilan orang tua.

Universitas Diponergoro (Undip)

Sumber: logospike.com

Status: Negeri

Lokasi: Semarang

Secara resmi, Universitas Diponergoro (Undip) berdiri pada tahun 1957 dengan nama Universitas Semarang.

Pada tahun 2013, Undip memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Undip juga meraih penghargaan bahkan medali emas untuk ajang kompetisi nasional dan internasional. Salah satu prestasi dari perwakilan mahasiswa Undip yang gemilang adalah saat mereka mendapatkan medali emas dalam International Indonesia Medical Olimpiade Cabang Kardiorespirasi tahun 2015 di Makassar.

UKT di Undip ada dimulai dari angka Rp 500.000 dan yang termahal adalah biaya UKT Fakultas Kedokteran golongan 7 yaitu Rp 19 juta.

Pastinya masih banyak lagi prestasi dan kontribusi universitas-universitas di atas pada masyarakat baik secara lokal maupun nasional. Universitas-universitas ini juga terlihat, dari tahun ke tahun, berusaha menjaga kredibilitasnya dengan mutu sistem pendidikan dan semua kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan melalui organisasi kemahasiswaan, maupun praktek di lapangan.

Selain universitas terbaik, ada juga fakultas dan jurusan yang termahal namun tetap menjadi pilihan para calon mahasiswa.

Komentar