Penumpang Wings Air dan Lion Air Harus Membayar Bagasi

Penumpang Wings Air dan Lion Air Harus Membayar Bagasi

Kebijakan pemberian bagasi gratis dihapuskan pihak Lion Air dan Wings Air mulai 8 Januari 2019. Sehingga penumpang yang membawa bagasi harus membayar biaya tambahan sebelum keberangkatan.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan bahwa kebijakan penghapusan free bagasi itu secara peraturan memang diperbolehkan. Hal ini karena maskapai low cost carrier (LCC) lainnya telah menerapkan kebijakan yang serupa.

“Secara peraturan memang diperbolehkan karena LCC lain sudah menaikan seperti AirAsia. Jadi kedepannya justru konsumen harus kritis untuk menghitung. Kalau membawa bagasi itu sama dengan layanan premium maka lebih baik premium saja,” jelas Wakil Ketua Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo.

Dia juga mengatakan bahwa pihak maskapai harus memberikan transparansi informasi seberapa berat bagasi yang dimiliki penumpang.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti juga sempat menjelaskan ketentuan mengenai Bagasi Tercatat diatur dalam pasal 22, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Aturan ini menyatakan bahwa setiap maskapai dalam menentukan standar pelayanan memperhatikan kelompok pelayanan yang diterapkan masing-masing maskapai. Hal ini termasuk kebijakan bagasi tercatat disesuaikan dengan kelompok pelayanan.

Dalam pasal 3, PM 185 Tahun 2015 juga disebutkan bahwa terdapat tiga kelompok pelayanan yang diterapkan oleh masing-masing Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal yakni pelayanan dengan standar maksimum (full services), pelayanan dengan standar menengah (medium services) dan pelayanan dengan standar minimum (no frills).

Dalam kasus ini Lion Air dan Wings Air masuk dalam kategori no frills. Ketentuan bagasi bagi kelompok full Service, paling banyak 20 kg tanpa dikenakan biaya, sedangkan bagi kelompok medium Service, paling banyak 15 kg tanpa dikenakan biaya; dan kelompok no frills, dapat dikenakan biaya.

“Apabila terdapat maskapai yang melakukan perubahan terhadap ketentuan pemberian bagasi cuma-cuma (FBA), maka diwajibkan untuk melaksanakan beberapa persyaratan dan tahapan” tutur Polana.

 

[Source]

Komentar