Mau Nikah? Tentukan Apakah Anda Membutuhkan WO atau Tidak

Mau Nikah? Tentukan Apakah Anda Membutuhkan WO atau Tidak

Prosesi pernikahan di Indonesia ada beberapa tahap sehingga dana dan tenaga yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Memperhatikan hal ini, pastinya banyak pasangan yang membutuhkan bantuan tambahan, terutama untuk mengurus semua prosesinya.

Faktor inilah yang menjadikan banyak bermunculan wedding organizer (WO). WO ini menyediakan jasa untuk penyelenggaraan pernikahan. Mulai dari mencarikan gedung, mencetak undangan, catering, hingga menyiapkan keperluan pengantin lainnya seperti baju dan hotel.

Jika dilihat dari pekerjaan yang mereka lakukan, menjadi WO bukanlah pekerjaan yang ringan. Jadi jangan heran kalau harga untuk jasa mereka pun tidak murah.

Nah, kalau Anda ingin pernikahan yang sederhana dan hemat, maka menggunakan WO bukanlah keputusan yang tepat. Tapi semua ini pastinya kembali lagi ke kebutuhan Anda, prosesi pernikahan seperti apa yang diinginkan.

Sebagai pertimbangan, kami sajikan beberapa poin untuk membandingkan kelebihan serta kekurangan antara penggunaan jasa WO dan panitia bentukan keluarga sendiri.

pengantin bali

Prosesi pra resepsi

Dalam tradisi pernikahan di Indonesia, proses pernikahan dimulai bahkan beberapa minggu sebelum resepsi.

Ada beberapa WO yang bersedia mengurus semua prosesi pernikahan dari awal sampai akhir. Tentunya biaya jasa mereka juga berbeda dengan WO yang hanya mengurus hari pesta pernikahan saja.

Biasanya jasa untuk penyelenggaraan pernikahan lengkap ini berkisar antara Rp 11 juta sampai Rp 12 juta. Sedangkan WO yang hanya mengurus penyelenggaraan pesta pernikahan saja biaya jasanya antara Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Kisaran harga ini tergantung pada kerumitan prosesi yang diinginkan.

Untuk WO yang melayani pernikahan adat, mereka bersedia mengurus prosesi pernikahan dari awal sampai akhir.

Jika Anda ingin berhemat dan tidak mau menggunakan jasa WO untuk tahap pra resepsi atau pesta pernikahan ini, Anda bisa mengikuti beberapa tips ini.

  • Mencari vendor yang melayani beberapa kebutuhan sekaligus

Jangan membeli kostum jika hanya untuk dipakai sekali, seperti pemotretan pre wedding. Lebih baik carilah jasa penyewaan kostum, sehingga Anda bisa lebih berhemat. Saat ini ada beberapa vendor penyewaan baju untuk foto pre wedding yang juga sekaligus menyediakan jasa pemotretan dan make up.

Selain bisa menghemat waktu, menggunakan jasa vendor ini juga bisa menghemat biaya. Terutama biaya untuk kostrum, transport, dan komunikasi.

  • Meminta bantuan teman

Cara yang paling murah adalah menggunakan jasa teman. Jika Anda memiliki konsep foto pre wedding yang casual, Anda bisa menggunakan kostum milik pribadi. Kemudian daripada menyewa penata rias, Anda bisa melakukan make up sendiri.

  • Bekerjasama dengan keluarga

Salah satu tahap yang agak merepotkan sebelum acara pernikahan adalah lamaran dan pengaturan serah-serahan.

Dimana pada acara lamaran ini, keluarga pihak laki-laki akan datang ke rumah keluarga perempuan. Biasanya di acara lamaran ini, yang diundang tidak hanya pihak keluarga, melainkan juga teman-teman dekat. Oleh karenanya, prosesi lamaran ini mirip dengan syukuran dimana Anda memerlukan catering bahkan pakaian adat atau kostum khusus sebagai calon pengantin.

Sebenarnya Anda bisa menghemat budget dengan meminta bantuan keluarga untuk prosesi lamaran. Salah satu caranya adalah dengan membentuk panitia khusus untuk lamaran. Sehingga Anda tidak perlu membayar WO lebih mahal.

  • Bersama pasangan membeli keperluan seserahan

Cara ini merupakan langkah yang paling efektif. Pada dasarnya, memang pihak keluarga laki-laki yang membeli perlengkapan serah-serahan atau seserahan untuk mempelai wanita. Namun, lebih efektif jika calon pengantin wanita sendiri yang membeli apa yang dibutuhkannya.

Alasan lain yang membuat cara ini efektif adalah, kedua belah pihak paham berapa besar budget calon pengantin laki-laki untuk menyiapkan perlengkapan seserahan.

Memang ada pihak WO yang bersedia menyiapkan keperluan serah-serahan termasuk menghias keranjangnya. Namun dengan sedikit kreatifitas, sebenarnya tahap ini bisa dilakukan oleh Anda dan keluarga.

Biaya yang dibutuhkan

Berikut adalah perbandingan antara menggunakan jasa WO atau menyelenggarakan sendiri dengan bantuan keluarga jika dilihat dari segi biaya.

Menggunakan WO

Sebagaimana yang disinggung di atas, jasa penyelenggaraan pernikahan lengkap adalah sekitar Rp 10 juta sampai Rp 12 juta. Sedangkan untuk penyelenggaraan resepsinya saja, biaya jasanya adalah Rp 8 juta sampai Rp 10 juta. Tarif jasa WO juga disesuaikan dengan seberapa rumit prosesi pernikahan yang diinginkan.

Pastinya angka ini hanyalah biaya jasa dari WO saja. Anda masih harus membayar keperluan lainnya seperti catering, gedung atau venue untuk resepsi, tata rias, baju pengantin, bahkan akomodasi untuk pengantin dan keluarga. Anda pun harus menyediakan uang lebih jika sewaktu-waktu ada keperluan darurat.

Dari sini saja sudah bisa dilihat bahwa biaya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pernikahan dengan menggunakan jasa WO lebih mahal daripada jika Anda menggunakan bantuan keluarga. Keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan bisa antara Rp 80 juta sampai Rp 100 juta, tergantung konsep pesta pernikahan dan jumlah tamu.

Dengan bantuan keluarga

Berbeda dengan menggunakan WO menggunakan bantuan keluarga dengan membentuk panitia pernikahan bisa jadi lebih murah. Hal ini karena Anda tidak perlu membayar jasa mereka. Kalaupun Anda memberikan uang sebagai tanda terima kasih, jumlahnya tidaklah terikat.

Biasanya beberapa bulan sebelum semua prosesi pernikahan dilakukan, pihak keluarga dari kedua pengantin akan mengadakan rapat untuk membicarakan semua persiapan. Dalam rapat ini, akan ditunjuk panitia untuk mengurus semua keperluan pernikahan. Mulai dari lamaran hingga nanti prosesi setelah menikah seperti selamatan atau, jika dalam adat Jawa, Unduh Mantu.

Tantangannya jika menyelenggarakan pernikahan tanpa WO adalah Anda tidak bisa bebas menentukan konsep yang diinginkan. Hal ini mengingat dalam rapat keluarga pasti pendapat para tetua yang akan didengarkan.

Namun jika konsep pernikahan Anda tidak rumit, maka memanfaatkan partisipasi keluarga merupakan keputusan yang tepat. Apalagi jika jumlah tamu yang diundang tidaklah banyak, maka Anda dan keluarga sudah cukup untuk mengurus pernikahan mulai dari prosesi pra nikah hingga pasca menikah. Walaupun pastinya Anda juga harus turun tangan untuk membantu terlaksananya acara pernikahan.

Profesionalitas

Tentu saja Anda tidak bisa mengharapkan penyelenggaraan pernikahan yang profesional jika mengandalkan panitia bentukan keluarga. Jangankan profesional, untuk mengutarakan keluhan pun terasa lebih sulit, karena canggung atau sungkan.

Selain itu, membagi waktu antara mengurus pernikahan dan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Seringkali karena kesibukan ini juga bisa menyebabkan Anda melewatkan detail persiapan pernikahan. Belum lagi Anda harus mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan buku nikah. Oleh karena itu, kehadiran WO bisa membantu pasangan calon pengantin yang sibuk.

Tapi sekali lagi, semua itu tergantung konsep dan kebutuhan pernikahan Anda.

WO Vs menyelenggarakan sendiri

Jika kita mau meringkas seluruh ulasan di atas, maka perbedaan dalam menggunakan WO atau tidak dapat dilihat dalam tabel berikut.

Wedding Organizer (WO)Menyelenggarakan Sendiri
- Lebih mahal

Tarif jasa WO berbeda dengan biaya keperluan pernikahan lainnya dan tarif vendor.
- Lebih murah

Selain mereka ikut membantu, pemberian uang pun tidak dipatok harga.
- Lebih praktis

Calon pengantin cukup memantau progres persiapan dan penyelenggaraannya saja, tanpa harus turun tangan sendiri.
- Harus ikut mengurus persiapan

Walaupun sudah dibantu oleh keluarga, mau tidak mau Anda juga harus turun tangan untuk menyiapkan persiapan pernikahan. Pastinya faktor ini merepotkan jika Anda dan pasangan sibuk.
- Tidak perlu mencari vendor sendiri

WO memiliki rekanan vendor yang dibutuhkan untuk prosesi pernikahan. Jadi Anda cukup memberitahukan budget, dan mereka akan mengatur semuanya.
- Harus mencari vendor sendiri

Anda harus rajin browsing dan mencari referensi vendor yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.
- Pra resepsi pernikahan

Ada yang mengurus prosesi pra nikah dan ada yang tidak.
- Pra resepsi pernikahan

Pengurusan pra nikah dan resepsi dilakukan sendiri.
- Lebih profesional

Semua permintaan dan keluhan akan ditangani secara profesional, bahkan Anda bisa mendapatkan konsultasi saat mempersiapkan konsep pernikahan.
- Tidak bisa dituntut profesional

Konflik atau argumen yang terjadi bisa memperngaruhi hubungan dalam keluarga. Hal ini membuat Anda tidak bisa leluasa mengutarakan ketidaksetujuan.

Sekarang semuanya tinggal keputusan Anda. Kami ingatkan lagi, pertimbangkan berapa budget Anda, dana apa konsep pernikahan yang diinginkan sebelum memutuskan untuk menggunakan WO.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan dana pernikahan, menabung atau investasi emas bisa menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan modal nikah.

 

Komentar