5 YouTuber Indonesia Dengan Penghasilan Terbanyak Di Sepanjang Tahun

5 YouTuber Indonesia Dengan Penghasilan Terbanyak Di Sepanjang Tahun

Menjadi seorang artis atau publik figur makin banyak cara dan salurannya saat ini. Anda tidak perlu menunggu tawaran dari rumah produksi untuk punya acara sendiri. Anda juga tidak perlu menunggu label rekaman supaya lagu dan karya Anda bisa didengar.

Salah satu saluran yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan karya-karya Anda ke publik adalah lewat YouTube. Perusahaan yang sekarang dimiliki oleh Google ini menjadi media bagi siapa saja untuk berbagi video, bahkan menjadi terkenal dan memperoleh penghasilan dari karya yang diunggah.

Di Indonesia pun YouTube benar-benar dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menyiarkan karya-karyanya. Para pegiat YouTube yang umum dipanggil YouTuber ini juga berhasil memperoleh keuntungan finansial yang tidak sedikit setiap bulannya.

Berikut adalah lima YouTuber dengan penghasilan bulanan terbanyak di Indonesia.

Edho Pratama

Biodatapedia.com

https://www.YouTube.com/user/2ell

Penghasilan Rp 44.317.000 per bulan

Pelawak dan aktor dengan nama lengkap Edho Zell Pratama ini dikenal dengan ragam kontennya yang lucu. Dia membuat parodi film, sketch comedy dan video diary yang seringkali juga melibatkan YouTuber lainnya.

Edho yang memiliki 1,6 juta subscriber ini memulai karirnya sebagai YouTuber karena melihat video lip sync Keong Racun milik Sinta Jojo yang sempat viral di Indonesia beberapa tahun lalu. Edho kemudian mulai membuat video untuk salurannya di YouTube. Awalnya, dia hanya mendapatkan tanggapan yang biasa-biasa saja. Namun seiring waktu, Edho membuat video-video lucu yang makin disukai banyak orang.

Edho memperoleh kemampuannya dalam seni peran dan sebagai pembawa acara secara otodidak. Ia mulai belajar acting pada komunitas gay yang tinggal di sekitar lingkungannya. Edho tidak sengaja bertemu mereka saat menjajakan parfum dari rumah ke rumah.

Dari sinilah dia belajar memainkan berbagai karakter bahkan karakter perempuan atau transgender. Dia pun mulai belajar menjadi presenter dan kemampuan membawakan cerita komedinya. Tidak disangka, dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang didapatkannya secara cuma-cuma ini yang mengantarkannya menjadi salah satu bintang YouTube terkaya di Indonesia.

Dalam sebuah video, Edho menceritakan kisah hidupnya dan dia mengaku bahwa per hari jumlah pengunjung videonya adalah 300 ribu sampai 600 ribu. Dengan jumlah pengunjung yang banyak ini, Edho pun mampu memiliki tim sendiri untuk keperluan pembuatan video-videonya.

Walaupun banyak yang menawarkannya peran di layar kaca, Edho bertekad untuk tetap berkarir lewat YouTube. Dia bahkan mengatakan bahwa meskipun nantinya YouTube tidak menjadi tren lagi, dirinya akan mempelajari teknologi baru lainnya untuk tetap berkarya tanpa harus masuk ke industri televisi atau film.

Raditya Dika

YouTube

https://www.youtube.com/user/radityadika

Penghasilan Rp 37.700.000 per bulan

Bagi anak muda Indonesia, buku-buku karya Raditya Dika sudah tidak asing lagi. Dia lalu merambah dunia layar kaca lewat pertunjukan stand up comedy dan film. Dika juga bermain dalam sebuah serial di Kompas TV bertajuk “Sturday Night Miko”. Selain sukses sebagai bintang televisi, Raditya Dika juga sukses sebagai bintang YouTube.

Hingga saat ini, jumlah subscriber di akun YouTube miliknya berjumlah 2,8 juta. Dengan ratusan ribu penonton setiap harinya, pelawak yang akrab dipanggil Dika ini berhasil meraup puluhan juta setiap bulannya dari YouTube.

Dengan kesuksesannya di dunia hiburan, terutama komedi, nama Dika rasanya tidak akan surut dalam waktu dekat. Konten dalam karya-karyanya baik di YouTube, televisi, maupun buku, mampu menyentuh anak muda yang beranjak dewasa. Dia mampu menyajikan fenomena baik yang dialami secara fisik maupun mental yang biasa dialami oleh anak muda pada akhir masa remaja.

Reza Arap Oktovian

https://www.duniaku.net

https://www.youtube.com/user/rapwestwood

Penghasilan Rp 37.700.000 per bulan

Reza, seorang seniman dengan subscriber lebih dari 1,6 juta ini mampu menjadi salah satu YouTuber terkaya di Indonesia. Dia dikenal sebagai seorang komedian, penyanyi rap, dan juga gamer.

Pada awalnya, Reza mengunggah video-videonya bermain game di YouTube. Namun karena video-videonya makin dikenal di kalangan netizen, Reza pun membuat video yang lebih bervariatif dengan memberikan unsur cerita komedi.

Dia pun mengenal YouTube saat sering berkunjung ke warung internet (warnet). Saat itu, dia juga bertemu dengan Edho Zell yang berprofesi sebagai pembawa acara, selanjutnya Edho Zell juga menjadi YouTuber terkaya di Indonesia.

Edho memintanya untuk mengunggah video ke channel YouTube pertamanya dengan tema Happy Holiday. Hingga saat ini, Reza dan Edho masih sering berkolaborasi untuk membuat video lucu di channel mereka.

Prestasi lain dari Reza adalah tropi Most Popular Channel 2016 yang diraihnya pada ajang Night Award TV Asia. Reza juga dikenal dekat dengan para penggemarnya dan sering memberikan kunjungan ke rumah penggemar yang beruntung.

Samuel Alexander Pieter (Young Lex)

https://dagelan.co

https://www.youtube.com/user/unclesamindo

Penghasilan Rp 32.500.000 per bulan

Penyanyi rap Indonesia yang sukses dengan channel YouTubenya ini tidak jarang menuai kritikan karena gaya dan liriknya yang kontroversial. Namun demikian, dunia musik Indonesia memang harus mengakui bahwa Young Lex punya banyak penggemar yang masih setia menyaksikan video-videonya.

Dia mulai menyukai Hip Hop sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Demi mengumpulkan modal rekaman, Young Lex sempat bekerja sebagai staff gudang dan office boy.

Saat ini jumlah subscriber pada channel YouTube milik Young Lex adalah 610 ribu. Dengan banyaknya jumlah pengunjung setiap hari, Young Lex pun berhasil mengumpulkan puluhan juta setiap bulannya. Dia mampu membuat musik video profesional dengan mengajak artis lainnya untuk membuat lagu dan video bersama.

Tidak hanya di dunia maya, konser Young Lex pun selalu ramai pengunjung. Dia sudah mengunjungi banyak kota di Indonesia untuk membawakan lagu-lagu miliknya. Salah satu video kontroversialnya yang sempat viral di Indonesia adalah video musik untuk lagu “BAD” yang dibawakan bersama Awkarin. Adapun lagunya yang berjudul “Ini Gaya Gue” diangkat menjadi soundtrack untuk film King of Rock City karya sutradara Herman Panca.

LASTDAY Production

YouTube

https://www.youtube.com/user/LastDayProd

Penghasilan Rp 31.200.000 per bulan

LASTDAY Production adalah sebuah channel yang merupakan hasil kerjasama dari Guntur sebagai produser dan Pao Pao sebagai Sutradara.

Sebagaimana keempat bintang YouTube di atas, Guntur dan Pao Pao juga menyajikan video-video bertemakan komedi. Cerita dari video mereka pun diangkat dari kejadian sehari-hari yang dekat dengan masyarakat.

LASTDAY Production hingga saat ini berhasil memiliki 1 juta subscriber dan meraup puluhan juta setiap bulannya. Dengan keuntungan ini pula, mereka mampu memiliki crew dan cast yang lebih banyak.

Konten dalam channel LASTDAY Production juga beragam. Mereka mneghadirkan vlog, parodi, dan cerita-cerita pendek. Jika Anda rajin mengunjungi instagramnya, terkadang mereka mengadakan audisi bagi aktor dan sktris yang ingin berkolaborasi di video YouTubenya.

Dengan adanya kemudahan teknologi, akses berkarya bagi artis independen tidaklah terbatas. Kondisi ini juga mendukung majunya industri kreatif di Indonesia.

Memiliki karya di dunia maya bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan pasif. Sama halnya dengan investasi.

Komentar