SALARY

FEATURES

Bank

Filter

Apa Itu Kartu Kredit?

Pengertian kartu kredit adalah sebuah kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh perusahaan keuangan (Contohnya bank), dimana pemilik kartu dapat membeli produk atau servis dalam bentuk kredit. Saat ini ada berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia termasuk Indonesia, meskipun sebenarnya penyelenggara kartu kredit di dunia hanya ada tiga, yakni VISA, Master Card dan American Express.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit di Indonesia?

Sama halnya dengan sistem pinjaman pribadi, ketika Anda melakukan pembayaran dengan sebuah kartu kredit, Anda secara tidak langsung meminjam uang dari perusahaan pencetak kartu kredit. Pada akhir bulannya, Anda akan diminta untuk membayar kembali jumlah yang telah Anda pinjam. Jika Anda gagal membayar di tanggal tersebut maka Anda akan dikenakan bunga dari jumlah yang belum Anda bayar.

Percaya atau tidak, sistem kerja setiap penggunaan kartu kredit merupakan salah satu proses yang cukup rumit. Setelah Anda menggesek kartu kredit di toko tempat Anda berbelanja, mesin pembaca kartu kredit akan mengirimkan informasi transaksi Anda ke bank milik toko untuk mengecek validitas informasi Anda dan transaksi. Kemudian bank toko tersebut akan mengirimkan informasi transaksi ke sang penyelenggara kartu seperti visa atau MasterCard. Setelah itu perusahaan pennyelenggara kartu akan menghubungi bank Anda dan mengecek validitas kartu Anda, kemudian barulah penyelenggara kartu kredit melanjutkan informasi ke bank toko dan menyetujui transaksi Anda.

Apakah Perbedaan Kartu Kredit dan Debit?

Walaupun kartu kredit dan kartu debit memiliki tujuan yang sama sebagai alat pembayaran, tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua kartu ini. Sistem pelunasan tagihan adalah faktor utama perbedaan antara kedua kartu ini, untuk kartu debit jumlah tagihan akan dibayar secara lunas. Sehingga pembayaran akan terbatas pada besarnya saldo tabungan yang Anda miliki atau limit kartu debit tersebut. Sedangkan kartu kredit bersifat pinjaman ataupun kredit, sehingga nilai tagihan tidak terbatas oleh saldo tabungan Anda karena Anda dapat membayarnya di kemudian hari.

Apa Saja Jenis Dan Kategori Kartu Kredit di Indonesia?

Ada beberapa tipe kartu kredit yang tersedia untuk kebutuhan pengguna kartu kredit. Setiap kartu kredit memiliki keuntungan dan kegunaan yang berbeda. Di Indonesia inilah beberapa kartu kredit yang dapat Anda konsider untuk aplikasi:

  • Kartu kredit reward: kartu kredit ini memberikan Anda keuntungan reward point setiap pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Reward point tersebut dapat ditukarkan ke berbagai hadiah, voucher ataupun barang menarik yang ditawarkan oleh bank/pencetak kartu kredit.
  • Kartu kredit cash back: kartu kredit ini memberikan Anda potongan dari setiap transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit. Setiap kartu kredit ini memiliki jumlah potongan yang berbeda di penggunaan transaksi tertentu.
  • Travel credit cards: kartu kredit ini memberikan Anda kemudahan dalam mendapatkan Mileage point. Dimana Mileage point dapat ditukarkan menjadi keuntungan menarik dalam travel seperti tiket pesawat gratis atau upgrade class di penerbangan.
  • Kartu kredit petrol (bensin): kartu kredit ini menawarkan keuntungan yang berhubungan dengan BBM / Bensin / di SPBU tertentu. Beberapa contoh keuntungannya seperti kartu kredit cash back bensin atau reward untuk penggunaan di bahan bakar minyak (BBM) atau di SPBU.
  • Kartu kredit dining: mengajukan kartu kredit ini akan memberikan Anda keuntungan diskon eksklusif dan promosi dari berbagai restoran, setiap kali Anda berdining atau bersantap di restoran.
  • Kartu kredit shopping: jika Anda menyukai shopping, mengajukan kartu kredit shopping akan memberikan Anda penawaran eksklusif dan berbagai diskon menarik dari toko ternama.
  • Kartu kredit premium: kartu kredit premium menawarkan promosi dan keistimewaan pada produk dan service yang eksklusif seperti golf, fine-dining dan club eksklusif.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik dan Aplikasi Online Kartu Kredit?

AturDuit membantu Anda mempermudah dalam pencarian kartu kredit terbaik melalui tabel perbandingan keuntungan kartu kredit dan nilai peringkat untuk masing-masing kartu kredit berdasarkan kategori fitur yang ditawarkan. Selain itu dalam pencarian kartu kredit terbaik AturDuit juga menyediakan SmartSearch untuk mempermudah pencarian kartu kredit murah dan terbaik. Setelah Anda menemukan kartu kredit murah pilihan Anda, Ajukan aplikasi kartu kredit online hanya dengan menekan tombol "Apply".

Bagaimana Cara Kerja dan Perhitungan Suku Bunga Kartu Kredit?

Suku bunga kartu kredit dikenakan kepada Anda, ketika Anda tidak melunasi semua pinjaman transaksi Anda dari bank pada jatuh tempo, dan tingkat suku bunga kartu kredit berkisar antara 33% sampai 36% per tahun. Bisa dikatakan hampir semua kartu kredit memiliki suku bunga yang sama, tidak tersedia 1 kartu kredit yang tidak memiliki bunga. Sehingga, jika Anda inign menentukan kartu kredit terekonomis atau murah, tidaklah dapat dilakukan berdasarkan dari jumlah suku bunga yang dikenakan, melainkan dihitung dari iuran tahunan yang dikenakan dari masing-masing kartu kredit. Tersedia berbagai macam kartu kredit yang memiliki iuran tahunan rendah hingga tinggi. Oleh sebab itu gunakanlah tabel perbandingan kami dan Anda dapat mengecek kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan iuran yang terjangkau.

Perhitungan suku bunga akan dihitung dari jarak tanggal lembar penagihan dicetak ke tanggal pembukuan, kemudian dikalikan dengan suku bunga dan nilai tunggakan transaksi.

Masa Tenggang dan Minimum Pembayaran Kartu Kredit

Ini merupakan jumlah hari dimana bank memperbolehkan Anda meminjam uang tanpa dikenakan bunga. Masa tenggang bisa bervariasi hingga 25 hari tergantung bank penerbitnya. Masa tenggang biasanya berlaku untuk transaksi-transaksi baru, namun hanya ada jika tidak ada sisa tagihan dari bulan sebelumnya.

Minimum pembayaran yang harus Anda bayarkan merupakan jumlah tertentu yang ditentukan bank untuk pemegang kartu dalam pembayaran tagihannya. Pada umumnya jumlah yang harus dibayarkan senilai 10% dari total tagihan atau minimal Rp. 50.000,-. Anda dapat memilih antara membayar tagihan kartu kredit secara penuh sehingga Anda tidak dikenai bunga, atau secara cicilan dimana Anda akan dikenai bunga pada umumnya.

Berapakah Kredit Limit Kartu Kredit di Indonesia?

Untuk menggunakan kartu kredit, pemegang kartu harus mendapatkan persetujuan dari pihak bank tentang kredit limit. Penentuan kredit limit dari pihak bank berdasarkan analisis keuangan Anda dan tipe kartu kredit yang Anda inginkan. Kredit limit merupakan maksimum jumlah dana yang bank setujui untuk pinjaman transaksi Anda. Jumlah kredit limit dapat ditingkatkan setelah beberapa periode waktu penggunaan kartu kredit.

Tanggal Jatuh Tempo dan Tanggal Cetak

Untuk penentuan tanggal cetak dan jatuh tempo, setiap bank memiliki tanggal yang berbeda-beda dan Anda harus mengecek langsung kepada Bank Anda. Akan tetapi, biasanya setiap bank menentukan tanggal jatuh tempo 15 hari setelah tanggal cetak transaksi.

Bank Yang Menyediakan Kartu Kredit di Indonesia Tersedia di AturDuit

ANZ

Anda dapat menikmati 5% cash back untuk semua transaksi online dengan kartu kredit ANZ. Selain itu, kartu kredit ANZ juga memberikan keuntungan di point reward yang tinggi dan penukaran Mileage ke berbagai maskapai pilihan. Dapatkan juga fasilitas cicilan pembayaran untuk pembelanjaan dimana saja dan double voucher penukaran poin reward dengan voucher belanja.

BCA

Bank BCA memberikan Anda rupiah reward di setiap penggunaan kartu kredit BCA untuk bahan bakar (BBM) atau bensin, hypermarket dan tagihan. Rupiah reward yang diberikan berkisar dari 0,2% hingga 15% untuk di setiap transaksi. Juga, nikmati Kris Flyer Bonus Cicilan 0% selama 6 bulan untuk pembelian tiket Singapore Airlines dan cashback hingga 5% pada bahan bakar dan hipermarket tertentu.

BII

Dapatkan 2x Mileage di setiap transaksi sejumlah Rp. 12.500 dengan kartu kredit BII. Dan Anda dapat menikmati juga BII Reward point untuk penukaran ke hadiah menarik. Kartu kredit BII juga memberikan perlindungan Asuransi Perjalanan untuk segala jenis tiket perjalanan pribadi yang dibeli, memperoleh perlindungan asuransi kecelakaan hingga Rp 1.000.000.000,-.

BTN

Kartu kredit BTN memberikan Anda keuntungan berupa 1 prima point setiap transaksi Rp. 2.500 dan dapatkan juga penukaran 2000 Prima point ke Rp 50.000,- voucher Carefour. Kartu kredit BTN memiliki fitur Prima Cicilan, dimana Anda dapat menikmati fasilitas cicilan 0% atau cicilan ringan dengan jangka waktu hingga 24 bulan, untuk pembelanjaan di merchant/toko berkerja sama dengan Prima Cicilan.

CIMB Niaga

Nikmati CIMB point reward di setiap transaksi dan tukarkan ke Mileage pilihan Anda. Juga dapatkan tiket pesawat dengan minimum pembelanjaan 15 juta di luar negeri dengan kartu kredit CIMB Niaga. Kartu Kredit CIMB juga menawarkan regional golf privileges, Bonus X-tra point, paket promo sign up kartu kredit dan kenikmatan bebas iuran tahunan seumur hidup.

Citibank

Dengan kartu kredit Citibank, Anda dapat meraih cash back hingga 5% di transaksi apapun, dimana pun dan kapan pun. Selain itu Anda juga dapat mendapatkan reward hingga 3x Citi reward untuk dining, shopping dan international spending. Anda juga dapat menikmati berbagai bonus Premier Mile dengan kartu kredit Citibank.

Danamon

Dapatkan 5% cash back untuk penggunaan kartu kredit Danamon di transaksi bahan bakar / bensin di berbagai SPBU dan cash back di transaksi tagihan bulanan. Anda dapat juga menikmati point reward yang tinggi untuk penggunaan di transaksi lainnya hingga 3,75x point reward. Kartu kredit Danamon juga memiliki fitur penukaran 12 Reward Point menjadi 1 Kris Flyer Miles dan paket cicilan ringan atau 0% cicilan.

HSBC

Nikmati Gratis voucher Blibli dengan kartu kredit HSBC ketika kartu kredit Anda disetujui dan dapatkan 4x reward point untuk setiap transaksi travel dan dining. Serta 3x reward point untuk transaksi shopping. Kartu kredit HSBC juga memiliki fitur seperti paket asuransi dan paket cicilan ringan, yang memberikan Anda keringanan dalam berbelanja.

Mandiri

Kartu kredit Mandiri memberikan 10% cash back untuk pembelanjaan di hypermart dan foodmart. Juga kartu kredit dari Bank Mandiri memberikan 2x Mandiri Power point di setiap transaksinya. Untuk setiap 7.500 Power Point dapat ditukarkan menjadi 500 Garuda Frequent Flyer / Kris Flyer/ BiG Mileage.

Panin

Nikmati berbagai penukaran GFF / KFF/ BIG / Asia Miles dari reward Panin Bank dengan kartu kredit bank Panin dengan transaksi sejumlah Rp. 25.000 untuk setiap mileagenya. Anda dapat juga menikmati paket asuransi, yang memberikan asuransi perjalanan, ketidaknyamanan perjalanan, dan perlindungan pembelanjaan untuk kenyamanan selama perjalanan, serta Panin Credit Life perlindungan tambahan bagi Anda dan ahli waris.

Standard Chartered

Salah satu kartu kredit dari bank yang memberikan keuntungan menarik untuk bagi Anda yang suka bepergian keluar negeri untuk bisnis. Kartu kredit Standard Chartered memberikan travel cash back sebesar 10%, selain itu terdapat juga cash back hingga 2,5% untuk berbagai macam transaksi. Kartu kredit Standard Chartered juga memberikan 2x lebih tinggi reward point untuk setiap kali Anda melakukan transaksi.

UOB

Kartu kredit UOB memberikan Anda keuntungan berupa cash back hingga 3% untuk semua jenis transaksi apapun, serta 5 point reward di setiap transaksi senilai Rp. 2.500. Nikmati juga keuntungan lebih untuk diskon dan promo di berbagai toko fashion, beauty & kids, food & beverage. Transaksi minimal Rp. 10.000.000 perbulan dalam 3 bulan berturut-turut dengan UOB Lady's Card, dan nikmati Lady's Card Gift Voucher senilai Rp. 750.000 dari Timezone atau Skin Food.

Apakah Pendapat Pelanggan Tentang AturDuit?

Aturduit dinilai 4.8/5 berdasarkan dari 330 review di 12 bulan terakhir.

menilai Aturduit 5.0 dari 5 di 10 Januari 2017

"Fitur pencarian kartu kredit terbaik dari website ini sangat membantu mencari kartu yang sesuai kebutuhan saya. Terima kasih atas layanan aplikasi onlinenya juga, AturDuit!"

Tanya Kami Tentang Kartu Kredit

Memiliki pertanyaan tentang kartu kredit? Tanyakan di bagian komentar dibawah.